Pengertian Interrogative Adjective, List Dan Contoh Kalimat

Dalam struktur kata bahasa Inggris yang mengenal adanya pengkelasan kata, dikenal suatu istilah bernama interrogative adjective. Seperti juga demonstrative adjective dan beberapa jenis adjective lain, yang memiliki bentuk sama dengan demonstrative pronoun, interrogative adjective memiliki bentuk yang sama dengan interrogative pronoun. Perbedaannya, dalam interrogative pronoun berdiri sendiri sebagai kata ganti benda.

Sama dengan perbedaan jenis adjective lain, interrogative adjective juga memodifikasi kata benda dan kata ganti benda. Pada dasarnya, pengertian interrogative adjective merupakan suatu kata sifat spesial yang digunakan untuk mengajukan sebuah pertanyaan yang berhubungan dengan kata benda maupun frase benda. Peletakannya dalam kalimat adalah selalu di depan kata benda yang dijelaskannya. Jenis list kata yang termasuk dalam intterogative adjective ada tiga, antara lain :

a. What (apa)
Digunakan untuk menerangkan benda atau sesuatu yang bukan manusia. Dalam sebuah     kalimat, what menanyakan secara spesifik tentang benda yang akan ditanyakan.
Contoh : What class are you in? (menerangkan kelas apa)
What colour do you like most? (menerangkan warna)
What shoes will you wear at your birthday party? (menerangkan sepatu)

b. Which (yang mana)
Digunakan untuk menanyakan pilihan dari benda yang ada. Bedanya dengan what yang menanyakan secara spesifik terkait benda yang ditanyakan, which menanyakan pilihan (yang mana) terhadap benda yang ditanyakan.
Contoh : Which cake do you prefer? (menerangkan roti yang disukai dari banyak kue)
Which country is your next destination? (menerangkan Negara selanjutnya yang  dipilih)
Which dress will you wear at your wedding ceremony? (menerangkan baju yang akan dipakai)

c. Whose (siapa)
Digunakan untuk menanyakan kepemilikan terkait manusia. Singkatnya, whose dalam sebuah kalimat ditujukan untuk menanyakan kepemilikan akan benda yang diterangkan selanjutnya.
Contoh : Whose dress will you borrow? (menanyakan baju milik siapa yang akan dipinjam)
Whose address will be choosed? (menanyakan alamat siapa yang dipilih)
Whose bag is this? (menanyakan yang memiliki tas)

Ketiganya adalah kalimat pertanyaan. Kata tersebut berfungsi untuk mengajukan pertanyaan berkaitan dengan kata benda atau kata ganti benda yang diterangkannya. Ciri lain yang menunjukkan penggunaan pola kalimat ini adalah, pertanyaan yang dihasilkan bersifat interrogative sehingga tidak membutuhkan penjelasan lebih dimana hanya satu kata saja sudah cukup menjawab pertanyaan dari interrogative adjective.

Seperti yang dibahas sebelumnya, dimana interrogative adjective dapat digunakan untuk menerangkan kata benda ataupun noun phrase. Seperti dijelaskan dalam contoh sebagai berikut:

What pizza are you eating? (pizza apa yang kamu makan?)

Which bike do you like most? (sepeda yang mana yang paling kamu suka?)

What type of pizza are you eating? (jenis pizza apa yang kamu makan?)

Which one of bikes do you like most? (jenis sepeda yang mana yang paling kamu suka?)

Sekilas keempat contoh di atas masing-masing terlihat sama, tapi sebenarnya dua kalimat pertama merupakan interrogative adjective yang diikuti oleh kata benda (noun), sedangkan dua terakhir merupakan frase benda (noun phrase). Adapun penggunaan untuk keduanya, interrogative adjective tetap diletakkan di depan noun dan noun phrase karena sifatnya adalah untuk menanyakan keduanya.

Demikian penjelasan mengenai interrogative adjective berikut penggunaannya dalam contoh kalimat. Beberapa contoh yang diberikan diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih mendalam tentang aplikasi penggunaan adverb of time dalam tata Bahasa Inggris sehari-hari. Secara langsung maupun tidak langsung, dalam Bahasa Inggris, akan banyak ditemukan interrogative adjective.

About Imam Khanafi