Pengertian Demonstrative Adjective, List, Dan Contoh Kalimat

Artikel kali ini akan membahas salah satu materi bahasa inggris yang bisa membantu Anda dalam masalah grammar. Grammar merupakan salah satu bentuk kalimat yang memang bentuknya di sesuaikan dengan kondisi. Untuk bisa berbahasa inggris yang benar memang membutuhkan grammar yang benar. Salah satu materi yang akan di bahas adalah Demonstrative adjective. Ini merupakan salah satu grammar yang masih seputar dengan adjective atau kata sifat.

Pengertian demonstrative adjective

Demonstrative adjective merupakan sebuah kata sifat dan digunakan untuk menunjukkan spesifik noun atau noun phase (berupa hewan, orang, tempat, sesuatu, dan lain sebagainya). Kata-kata yang sering digunakan adalah this dan that untuk singular serta these dan those untuk plural (jamak). Untuk bisa memahaminya, Anda bisa melihat tabel di bawah ini:

NumberDemonstrative adjectiveDistance (jarak)
SingularThisDekat
(Tunggal)ThatJauh
PluralTheseDekat
(Jamak)ThoseJauh

Berikut merupakan beberapa contoh kata dan penggunaan dalam kalimat :

Contoh kata :

This    
– This food, maka penggunaannya dalam kalimat menjadi “This food is too much” artinya Makanan ini terlalu banyak.
– This bag, maka penggunaannya dalam kalimat menjadi “I found this bag in the classroom” artinya Saya menemukan tas ini di ruang kelas.

That
– That boy, maka penggunaannya dalam kalimat menjadi “Look, that boy is your classmate” artinya Lihat, Anak itu adalah teman sekelasmu.
– That cat, maka penggunaannya dalam kalimat menjadi “I like that cat” artinya Saya menyukai kucing.

These
– These books, maka penggunaannya dalam kalimat menjadi “ These books are our references” artinya Buku-buku ini adalah referensi kita.
– These flowers, maka penggunaannya dalam kalimat menjadi “These flowers smell nice” artinya Bunga-bunga ini berbau harum.

Those
– Those flowers, maka penggunaannya dalam kalimat menjadi “Those flowers are beautiful” artinya Bunga-bunga itu sangat indah.
– Those cakes, maka penggunaannya dalam kalimat menjadi “Those cakes taste delicious” artinya Kue-kue itu sangat enak.

Perbedaan Demonstrative adjective dan Demonstrative pronoun

Demonstrative adjective memang hampir sama dengan demonstrative pronoun dalam penggunaan kata this, that, these, dan those. Hanya saja yang membedakan keduanya adalah penggunaan kata noun. Demonstrative adjective diikuti dengan kata noun atau noun phase, sedangkan demonstrative pronoun tidak disertai dengan noun atau bahkan noun phase. Karena demonstrative pronoun merupakan kalimat yang digunakan sebagai kata ganti benda. Untuk memahami perbedaannya secara jelas, Anda bisa melihat tabel di bawah ini:

Demonstrative AdjectiveDemonstrative Pronoun
This is my penThis pen is mine
These are your pensThese Pens are yours
That is my bookThat book is mine
Those are your booksThose books are yours

Itulah penjelasan dan pembahasan tentang demonstrative adjective lengkap dengan contoh kalimat yang bisa Anda pahami dan bahkan dilengkapi dengan perbedaannya dengan demonstrative pronoun, perlu diingat, karena keduanya sama menggunakan kata that, this, these, dan those maka Anda lihat kembali bentuk kalimatnya. Apakah bentuknya mengandung kata noun atau noun phase di depannya atau kata this, that, these, dan those ditempatkan sebagai pengganti dari noun. Dengan begitu Anda bisa membuatnya tanpa takut salah.

Sudah paham dengan materi di atas? Cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Termasuk kalimat demonstrative adjective atau demonstrative pronoun, kalimat di bawah ini:
a. This plate is very beautiful
b. I found that ball in my house
c. Can  you see that?
d. These smell bad
e. Don’t approach those cat

2. Buatlah kalimat demonstrative adjective dengan kata this, that, these, dan those yang menunjukkan benda tunggal dan jamak!

 

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*