Pengertian Articles, Jenis dan Contoh Kalimat

Article dalam tata Bahasa Inggris merupakan sebuah kata yang digunakan untuk memodifikasi sebuah kata benda seperti orang, tempat, objek atau ide. Pada dasarnya, article bisa dikatakan sebagai sebuah adjective atau kata sifat karena fungsinya yang sama yaitu untuk memodifikasi noun atau kata benda. Berbeda dari adjective yang memodifikasi noun melalui deskripsi, article digunakan sebagai elemen untuk menunjuk atau merujuk pada noun itu sendiri.

Jenis-Jenis Articles dalam Bahasa Inggris

Dalam Bahasa Inggris, ada dua jenis articles yang digunakan secara tulis maupun lisan yaitu definite dan indefinite articles. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat tabel berikut ini:

 Definite ArticleIndefinite Article
PengertianDefinite article dalam Bahasa Inggris adalah kata “the”Indefinite article dalam Bahasa Inggris adalah kata “a” atau “an”
Sifatspecificnon-specific
Formulathe + specific noun being referred (kata benda spesifik yang ditunjuk)a/an + non-specific noun

Dalam penggunaannya, definite article “the” bisa berada di depan kata benda apa pun selama kata benda yang ditunjuk tersebut sudah spesifik. Akan tetapi ada perbedaan yang perlu kita pahami saat akan menggunakan indefinite article “a” dan “an”. Kedua indefinite article tersebut sebenarnya sama dalam hal sifat dan formulanya. Namun, ada saat dimana “a” lebih tepat digunakan daripada “an” dan sebaliknya.

Singkatnya, jika sebuah noun diawali dengan vowel sound atau bunyi vocal seperti ‘a’, ‘i’, ‘u’, ‘e’ dan ‘o’, indefinite article yang digunakan adalah “an”. Sedangkan untuk noun yang diawali dengan bunyi konsonan lebih tepat dimodifikasi dengan indefinite article “a”.

  • An advertisement
  • An hour
  • A uniform
  • A book

Dari contoh di atas, kata advertisement yang diawali dengan vowel ‘e’ dan kata hour yang diawali dengan vowel ‘a’ menggunakan indefinite article “an”. Sedangkan kata uniform yang diawali dengan konsonan ‘y’ dan kata book yang diawali dengan konsonan ‘b’ menggunakan indefinite article “a”. Yang perlu diperlu diperhatikan adalah bukan huruf awal dari kata tersebut yang menentukan penggunaan indefinite articlenya, melainkan bunyi awal dari kata tersebut.

Contoh Penggunaan Articles a, an dan the dalam Kalimat

a

  • I need a phone (Saya membutuhkan sebuah ponsel)
  • Do you have a pen? (Apakah anda memiliki sebuah pulpen?”

an

  • I think I see an apple on the table this morning (Saya pikir saya melihat sebuah apel di meja tadi pagi)
  • It is just an event in history (Itu hanyalah sebuah kejadian dalam sejarah)

the

  • The moon shines bright in the sky (Bulan itu bersinar terang di langit)
  • I do not like the freckles on my face (Aku tidak suka dengan bintik hitam di wajahku)

About Imam Khanafi