Pengertian Apostrophe, Fungsi dan Contoh Kalimat

Apostrophe adalah sebuah tanda baca (‘) yang penggunaannya untuk mengidentifikasi sebuah kata benda dalam pembuatan kalimat posesif atau bisa juga untuk menunjukkan penghapusan dari satu atau lebih huruf dari kata yang ada di dalam sebuah kalimat. Seperti yang di ulas dalam sejarah yang mengulas tentang apostrophe, bahwa apostrophe berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti “turning away atau berpaling”. Adapun untuk mengucapkan sebuah kata dengan bunyi apostrophe juga membutuhkan sebuah trik yaitu dengan cara mengucapkan ah-pos-tro-fee. Selain itu kata apostrophe juga di kenal dengan sebutan lain yaitu aversio, aversion atau turne tale.

Fungsi Dari Apostrophe Dan Beberapa Contoh Kalimatnya

Adapun mengenai fungsi dari penggunaan apostrophe dalam sebuah kalimat sangat sering di ajarkan baik di kelas bahasa Inggris ataupun kursus bimbingan belajar bahas Inggris. Beberapa fungsi tersebut di antaranya adalah :

a. Menyatakan kepemilikan

Sebuah apostrophe akan menyatakan kepemilikan jika “S” di gabungkan dengan sebuah nama atau oengganti orang dalam sebuah kalimat di mana setelah kata apostrophe tersebut akan di ikuti dengan sebuah noun.

b. Singkatan dari has

Bahwa sebuah apostrophe memiliki singkatan dari has (present perfect tense) jika “S” dalam kalimat tersebut diikuti dengan verb past participle atau verb dengan bentuk yang ke III dengan ketentuan bahwa hal itu ada dalam sebuah kalimat aktif.

c. Singkatan dari is

Dengan ketentuan bahwa jika “S” yang ada di ikuti dengan verb past participle atau verb bentuk yang ke III yang ada dalam kalimat pasif.

Meskipun beberapa fungsi telah di jabarkan tentang penggunaan apostrophe dalam sebuah kalimat, namun banyak juga yang masih belum mengetahui tentang bagaimana bisa menggunakan “S” tanpa di ikuti dengan penggunaan noun. Penggunaan “S” dalam hal tersebut bisa di gunakan dalam sebuah kalimat yang menunjukkan keterangan suatu tempat. Apostrophe atau tanda baca yang di gunakan dalam struktur sebuah kalimat dengan tujuan untuk membuat kalimat tersebut menjadi lebih mudah dan enak di baca. Namun sayangnya karena kurangnya pengetahuan tentang penggunaan apostrophe dengan baik dan benar sehingga banyak sekali terjadi kesalahan penempatan apostrophe khususnya dalam kalimat bahasa Inggris.

Dari beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam penggunaan apostrophe terdapat satu catatan penting yang perlu untuk di garis bawahi. Yaitu bahwa tanda apostrophe hanya di gunakan untuk kata benda yang memiliki jiwa atau nyawa sedangkan untuk kata benda yang mati atau tak memiliki nyawa maka bisa menggunakan kata “of” yang berfungsi untuk menunjukkan kepunyaan atau kepemilikan dari keterangan yang ada di dalam kalimat yang terkait. Dalam beberapa kasus juga di temukan bahwa apostrophe juga di gunakan untuk menunjukkan contraction atau penghilangan huruf atau angka serta menunjukkan bentuk plural atau menjamakkan.

Cara membentuk kalimat possesive form dengan menggunakan apostrophe adalah dengan cara meletakkan apostrophe setelah noun dengan tujuan untuk menunjukkan bahwa kata benda tersebut memiliki sesuatu. Kemudian noun owner tersebut kemudian akan segera di ikuti dengan noun yang sudah di milikinya dalam kalimat tersebut. Dan ada juga beberapa aturan yang harus di perhatikan saat membuat possesive form dengan menempatkan apostrophe dengan tepat di antaranya adalah dengan memperhatikan bentuk singular dan plural dari noun owner, “s” di tambahkan setelah compound noun dan dengan menggunakan indefinite pronoun.

Beberapa contoh penggunaan apostrophe pada noun :

1. Pada noun owner bentuk singular

Contohnya adalah :

  • The manager’s computer
  • Tamas’ notebook (sama sekali tak masalah jika ada noun yang memiliki akhiran “s”)

2. Pada noun owner bentuk plural

Dengan ketentuan jika noun owner memiliki akhiran “s” maka tambahkan (‘) setelahnya, tapi jika tidak berakhiran “s”maka hanya tambahkan “s” saja tanpa apostrophe di dalamnya.

Contohnya adalah :

  • The birds’ cages
  • His mother-in-law’s house

Dalam kasus indefinite pronouns, personal pronoun yang di gunakan di bentuk dari possesive form nya dengan menggunakan apostrophe. Maka dalam hal ini kata “it’s” adalah kontraksi dari “it is” atau “it has”.

Berikut ini beberapa contoh penggunaan apostrophe dalam sebuah kalimat.

NoContoh KalimatTerjemah
1The school’s rulesPeraturan sekolah
2The flower’s are in the vaseBunga itu berada di dalam vas bunga
3The book’s are on the tableBuku ini berada di atas meja
4It’s so hot todayHari ini begitu panas
5I haven’t done my homeworkSaya belum menyelesaikan pekerjaan rumah saya

Penggunaan apostrophe  dalam bentuk plural yang sudah tampak jelas maka apostrophe  tidak di perlukan lagi hanya cukup dengan akhiran “s” saja. Sedangkan untuk membuat kalimat yang menunjukkan tahun dan singkatan tidak perlu menggunakan apostrophe di dalamnya. Itulah sedikit materi tentang pengertian dari apostrophe, fungsi dan cara menggunakan apostrophe dalam sebuah kalimat bahasa Inggris beserta contoh kalimatnya. Semoga bisa membantu dan memberikan manfaat ilmu untuk anda semua.

About Imam Khanafi