Pengertian Antecedent, Contoh Kata dan Kalimat

Dalam pelajaran Bahasa Inggris kita akan mengenal sebuah kata pronouns and antecedents. Antecedents adalah sebuah kata benda atau noun yang di wakili oleh kata ganti pronoun, di mana kata tersebut dapat berupa sebuah kata, frase atau klausa. Biasanya antecedent memiliki posisi penempatan kata di dalam sebuah kalimat berada sebelum kata ganti. Satu hal yang harus di perhatikan dalam penyusunan kalimat yang mengandung antecedent ialah bahwa pronoun haruslah setara dengan antecedent-nya. Artinya bahwa jika antecedent memiliki bentuk singular maka pronoun juga harus singular, demikian juga sebaliknya.

Contoh Kata dan Kalimat Yang Mengandung Antecedent

Kalimat yang mengandung antecedent memang memiliki tujuan di mana antecedent memang merupakan sebuah kata atau phrase yang biasanya kata ganti yang ada dalam sebuah kalimat akan mengarah kepada kata tersebut. Dalam tata bahasa Inggris terdapat penggunaan intensive pronoun di mana fungsinya adalah untuk menekankan keberadaan sebuah antecedent, bentuk intensive pronoun ini biasanya akan memiliki –self atau –selves. Dari hal tersebut kita tahu bahwa dalam sebuah kalimat satu sama lain memiliki unsur pendukung kedudukan kata yang ada.

Kita juga mempelajari tentang pronoun antecedent agreement yang merupakan sebuah penyesuaian antara pronoun dengan antecedent dalam aspek number, person, dan gender antecedent. Di mana di dalam kalimat ini antecedent bisa berupa sebuah kata, frasa, atau klausa yang keberadaannya di gantikan oleh pronoun. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pembuatan kalimat yang mengandung antecedent yaitu :

1. Tidak semua kalimat memiliki antecedent

Contohnya dalam pembuatan kalimat “Everyone here earns over a thousand dollars a year yang artinya (setiap orang di sini mendapatkan lebih dari seribu dollar sehari)”. Dalam kalimat ini, pronoun “everyone” tidak menggunakan antecedent.

2. Posisi antecedent

Dalam sebuah kalimat, penempatan posisi antecedent biasanya akan berada dengan ketentuan bahwa antecedent akan muncul terlebih dahulu dari kata yang mengarah kepadanya. Tak ada antecedent yang berada di dalam kalimat dengan penempatan setelah kata yang mengarah kepadanya.

3. Sesuaikan

Dalam pembuatan kalimat harus selalu ada penyesuaian antara pronoun dengan antecedent terutama dalam 3 hal yaitu number, person dan gender agar supaya mendapatkan kalimat dengan tata bahasa yang baik.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan antecedent di dalamnya.

NoAntecedentContoh KalimatTerjemah
1This song, ItI don’t like this song,it is so badAku tidak suka lagu ini, sangat buruk
2A man, My ex boyfriendA man who follow my account is my ex boyfriendSeorang lelaki yang mengikuti akun ku adalah mantan pacarku
3A new book, ItI buy a new book and bring it to the campusAku membawa sebuah buku baru dan membawanya ke kampus

Demikian beberapa informasi tentang pengertian antecedent beserta contoh kalimat yang ada di dalam bahasa Inggris. Semoga ulasan singkat yang kami susun bisa membantu anda dalam mempelajari bahasa Inggris dengan baik.

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*