Pengertian Alternative Question, Rumus dan Contoh Kalimat

Kali ini kita akan mempelajari tentang struktur yang ada di dalam kalimat tanya dalam tata bahasa Inggris. Kalimat tanya di dalam bahasa Inggris umumnya menggunakan kalimat tanya seperti What, Who, When, Why and How. Namun ada bentuk kalimat tanya yang memiliki perbedaan dalam jawaban yang di berikan yaitu yes /  no question di mana merupakan jenis pertanyaan yang hanya memiliki 2 jawaban saja yaitu ya atau tidak tanpa membutuhkan reaksi atau jawaban lebih setelahnya. Sedangkan bentuk yang ke dua adalah bentuk kalimat tanya alternative question di mana kalimat tanya tersebut hanya membutuhkan dua pilihan jawaban atau lebih jika memungkinkan.

Pengertian dan Rumus Yang Di Gunakan Dalam Alternative Question

Pengertian dari kalimat tanya alternative question adalah sebuah kalimat tanya yang memberikan 2 atau lebih jawaban alternatif di dalamnya, artinya untuk menjawab pertanyaan tersebut kita di beri atau di sediakan adanya 2 pilihan jawaban yang bisa kita pilih. Alternative question biasanya menggunakan auxiliary verb atau yang kita kenal dengan modal, dan jenis intonasi yang di gunakan saat menggunakan kalimat tanya jenis ini adalah jenis falling intonation. Biasanya jenis kalimat tanya ini akan menggunakan coordinate conjunction “or” yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antar pilihan jawaban yang ada.

Cara membentuk alternative question bisa dengan beberapa cara yang biasanya di awali dengan auxiliary verb, primary yaitu be, do dan have atau modal yang terdiri dari will, would, should dan lain sebagainya. Akan tetapi berbeda kasusnya jika main verb yang di gunakan sudah berupa verb “be” maka keberadaan auxiliary sudah tidak di butuhkan lagi. Selain di buka dengan auxiliary verb, alternative question juga bisa di buka dengan menggunakan kata wh-whord di mana memiliki tipikal “which” baik sebagai berdiri sendiri atau interrogative pronoun atau di ikuti oleh noun yaitu interrogative adjective.

Di bawah ini adalah beberapa rumus yang bisa di gunakan dalam menyusun Alternative Question.

1. Dengan menggunakan Auxiliary Verb

Rumus yang bisa di gunakan untuk menyusun kalimat tanya bentuk alternative question adalah dengan rumus : auxiliary verb + Subjek + Main Verb + Or. Di sini anda bisa menggunakan auxiliary verb yang terdiri dari are, did atau would sesuai dengan kebutuhan kalimat tanya yang anda buat.

2. Dengan menggunakan verb to be

Sedangkan untuk susunan kalimat tanya alternative question lainnya anda bisa menggunakan rumus verb to be dengan menggunakan rumus : be (main verb) + Subjek + Or. Gunakan verb to be “is” di dalamnya untuk menunjukkan kepemilikan.

3. Dengan menggunakan which

Dan rumus yang di gunakan dengan menggunakan kata “which” bisa anda susun dengan rumus sebagai berikut : Which (atau which + noun ) + auxiliary verb + Subjek + main verb + or. Gunakan kata ini untuk menyusun kalimat yang memiliki jawaban yang lebih dari dua.

Nah itulah beberapa rumus yang bisa anda gunakan saat anda akan membuat alternative question yang sesuai dengan kebutuhan anda, dan pastikan anda menggunakan rumus yang tepat. Berikut ini adalah beberapa contoh dari alternative question yang bisa kami susun dan sampaikan untuk anda.

NoContoh Kalimat TanyaTerjemah
1Are you working or studying at the moment?Kamu sedang bekerja atau belajar saat ini?
2Is that your car or your friend’s car?Itu mobilmu atau mobil temanmu?
3Which do you want to eat, grapes, strawberries or longans?Yang mana yang ingin kamu makan, anggur, stroberi atau kelengkeng?

Demikian deskripsi singkat tentang beberapa hal yang harus anda ketahui tentang alternative question, cara menyusunnya dengan menggunakan rumus yang ada sekaligus beberapa contoh yang semoga bisa membantu anda untuk mempelajarinya dengan mudah.

About Imam Khanafi