Pengertian All (of), Fungsi dan Contoh Kalimat

Semakin banyak orang yang memerlukan keahlian dalam berbahasa Inggris baik secara aktif maupun pasif. Tak heran jika tempat kursus atau belajar bahasa internasional yang satu ini semakin menjamur saja. Dari beberapa macam materi yang di ajarkan oleh tempat kursus, ada satu materi yang mungkin sering anda temukan penggunaannya dalam kalimat sehari-hari namun anda tak mengetahui bahwa struktur kalimat tersebut termasuk dalam kategori yang mana, bagaimana ketentuannya serta contoh penerapannya dalam sebuah kalimat yang lengkap. Dari hal ini kita mengetahui bahwa ternyata belajar bahasa Inggris bukanlah suatu hal yang mudah.

Bagaimana Contoh Kalimat Dimana Terdapat Unsur “All” Di Dalamnya?

Sebelum kita mempelajari tentang bagaimana cara menerapkan kata “all” di dalam sebuah kalimat lengkap berbahasa Inggris. Mari kita pelajari terlebih dahulu mengenai apa pengertian dari kata “all” yang ada di dalam kalimat bahasa Inggris tersebut. Di dalam pelajaran bahasa Inggris kata “all” biasa di kenal sebagai quantifier yang mana memiliki banyak fungsi di antaranya adalah sebagai pronoun atau determiner serta sebagai adverb. All dengan fungsi sebagai pronoun atau determiner biasanya memiliki makna “the whole”, yang berfungsi sebagai pronoun dan merujuk pada situasi secara umum. Sedang all sebagai adverb atau modifier memiliki fungsi untuk memberikan penekanan pada adjective serta adverb tertentu, conjunction dan preposition. Dalam kasus ini “all” memiliki arti “completely”.

Berikut beberapa hal yang harus anda ketahui tentang kalimat dengan kata “all” di dalamnya.

1. Di ikuti dengan singular verb

Mayoritas penggunaan kata “all” dalam sebuah kalimat umumnya memang di ikuti dengan plural verb, namun hanya pada kasus tertentu anda akan menemukan kata “all” di ikuti dengan singular verb yaitu pada saat kata “all” berfungsi sebagai pronoun serta merujuk pada situasi di mana “all” memiliki pendamping kata berupa clause yang bermakna “the only thing” contohnya : “All that matters”.

2. Di ikuti uncountable noun

Jika sebuah kalimat dengan kata “all” di dalamnya bisa di ikuti dengan uncountable noun atau plural noun. Dengan rincian sebagai berikut, bahwa jika di ikuti oleh uncountable noun maka kata “all” menggunakan singular verbs, sedangkan untuk kata “all” yang di ikuti oleh plural noun maka sudah jelas kata “all” dalam kalimat tersebut menggunakan plural verbs.

3. Di ikuti preposition

Kata “all” juga di gunakan bersama preposition “of” yang kemudian akan di ikuti oleh personal pronoun seperti them, his,us ataupun dengan article “the”, demonstrative yaitu “those dan these” serta possesive yang terdiri dari “our, his, dan its”.

Pada umumnya sebuah quantifier atau determiner memiliki posisi yang berada di depan noun yang di batasinya. Meskipun ada juga sebuah kalimat yang memiliki quantifier atau determiner dengan menempati posisi lain setelahnya dengan ketentuan baik secara langsung maupun memiliki sebuah kata pemisah di dalamnya. Kita biasa mengenalnya dengan sebutan floating quantifier, dan kata “all” menjadi salah satu di dalamnya.

Berikut ini beberapa contoh dari kalimat yang menggunakan “all” (of) di dalamnya.

FungsiContoh KalimatTerjemah
PronounAll of those stars are in the milky waySemua bintang itu ada di bimasakti
DeterminerDid she take off all her jewellery at the airport?Apakah dia melepas semua perhiasannya di bandara?
AdverbI made the chiffon cake all by myselfSaya membuat roti kapas sendirian

Demikian sedikit informasi yang bisa kami sampaikan tentang pengertian “all” (of), fungsi serta penerapannya dalam sebuah kalimat. Semoga semua informasi yang kami berikan bisa membantu anda untuk bisa mempelajari bahasa Inggris dengan mudah.

About Imam Khanafi