Pengertian Affect Dan Effect, Perbedaan Dan Contoh Kalimat

Saking banyaknya kata dalam bahasa Inggris terkadang membuat bingung orang yang mempelajarinya. Banyak sekali kata yang berbeda-beda, namun memiliki makna ataupun arti yang sama. Namun jika diperhatikan adapula kata yang memiliki ejaan yang sama namun maknanya tetap berbeda. Seperti jika dalam bahasa Indonesia “apel” yang memiliki arti buah segar dan “apel” yang memiliki arti upacara pagi atau dalam bahasa sehari-hari remaja adalah berkunjung ke rumah kekasih. Jika dalam bahasa Innggris kata inilah yang disebut sebagai “affect” dan “effect”. Mengenai kalimat yang menggunakan kata affect dan effect dalam bahasa Inggris memang memiliki pengertian dan bentuk pengucapan yang hampir sama. Keduanyapun memiliki arti yang hampir sama yaitu mempengaruhi dan dipengaruhi. Namun tidak semua kata benda atau kata kerja memiliki arti yang dimaksud. Coba perhatikan pengertian yang bisa dijadikan pembeda antara affect dan effect beserta contohnya.

1. Affect

Affect merupakan bentuk dari kata kerja atau verb yang memiliki arti “pengaruh”, “dipengaruhi” atau “mempengaruhi”. Maksudnya ketika seseorang melakukan sesuatu hal yang menghasilkan sebuah perubahan ataupun akibat dari perbuatan tersebut pada suatu situasi tertentu maka seseorang itu memberikan pengaruh atau mempengaruhi sesuatu. Sebagai contoh :

a. Weather thinking negatively affect your daily attitude?
(apakah dengan berpikiran negatif mempengaruhi sikap sehari-hari Anda?)

b. Don’t ever think that failure affects your dreams to resign
(jangan pernah berfikir bahwa kegagalan mampu mempengaruhi impianmu untuk  mundur)

c. Data shows that by providing appropiate education to children can affect their growth well
(data menunjukan bahwa dengan memberikan edukasi yang tepat untuk anak dapat mempengaruhi tumbuh kembang si anak tersebut)

d. My parents advice affected my preception on life
(saran orang tua saya merubah pAndangan saya tentang hidup)

2. Effect

Effect merupakan bentuk dari kata benda (noun) dan kata kerja (verb) yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Ketika effect digunakan dalam bentuk kata benda maka berarti mempengaruhi yang memiliki makna hasil/akibat/pegaruh. Sedangkan untuk kata kerja effect berarti “bring about the result” maksudnya membawa imbas terhadap sesuatu. Untuk membedakannya Anda bisa memperhatikan awalan dari kata effect itu sendiri. Awalan “an, the, for, atau into” menjadi ciri bahwa effect yang dimaksud dalah kata benda atau dengan menggunakan kata sifat juga bisa sebagai kata benda. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini :

a. What she gets is the effect of what she did
(apa yang dia hasilkan merupakan hasil dari apa yang dia lakukan)

b. The medicine has a good effect for my illness
(obatnya memilki pengaruh yang baik untuk penyakit saya)

c. Junk food has bad effect for our health
(makanan cepat saji memiliki pengaruh yang buruk bagi kesehatan kita)

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*