Pengertian Adverbial Prepositional Phrase, Posisi, dan Contoh Kalimat

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa adverbial phrase adalah kelompok kata yang terdiri dari adverb dengan penambahan too, very, so, enough, etc atau disebut qualifier. Tetapi ada juga kelompok kata seperti prepositional phrase atau infinitive phrase. Materi yang akan dibahas kali ini adalah adverbial prepositional phrase. Adverb phrase sendiri mempunyai jenis keterangan yang bermacam – macam, tetapi ada beberapa yang paling penting yaitu ada lima diantaranya adalah : adverbs of time (waktu), manner (cara), place (tempat), frequency (frekuensi), dan purpose  (tujuan). Prepositional phrase ini dapat digunakan untuk menggantikan lima macam kata keterangan yang penting tersebut.

Posisi dan contoh kalimat dari adverbial prepositional phrase
Prepositional phrase sendiri merupakan gabungan dari kata depan dengan objeknya yang dapat berupa noun, pronoun, gerund. Dalam prepositional phrase sendiri bisa berfungsi sebagai adjective yang akan menerangkan noun, atau pronoun dan lebih dikenal dengan adjective prepositional phrase dan adapula yang berfungsi sebagai adverb yang akan menerangkan verb (kata kerja) dan biasa dikenal dengan adverbial prepositional phrase dalam suatu kalimat. Yang akan diulas di sini adalah prepositional yang berfungsi sebagai adverb. Dimana nantinya kalimat ini bisa menggantikan posisi lima keterangan penting yang berada pada adverb phrase.  Contoh dari prepositional phrase sebagai adverb ini adalah :

  • He is still sittng in the waiting room (artinya : dia laki – laki masih duduk di ruang tunggu)
    Penjelasan : bahwa prepositional phrase dari kalimat yang menerangkan verb adalah pada kata “is sitting” dan sekaligus bisa menjawab sebuah perntanyaan dari “where is he sitting?”

Dengan melihat contoh di atas, bisa anda mengetahui bahwa keberadaan dari prepositional phrase ini memang menerangkan sebuah verb. Berikut akan diulas mengenai prepositional phrase bisa menggantikan posisi lima keterangan yang penting dalam adverb phrase, yang akan dijelaskan pada tabel berikut ini :

AdverbAdverbial PhraseContoh Kalimat
TimeSince yesterday, during, before noon.They couldn’t go to school during the storm (mereka tidak dapat pergi kesekolah selama badai)
MannerWith her debit card, by busThe customer always pays the bill with her debit card (pelanggan tersebut selalu membayar tagihan dengan kartu debitnya)
PlaceAt home, at school, to schoolI go to school (saya pergi ke sekolah)
FrequencyEvery year, every monthMy sister need to see a docter every month (adik saya perlu mengunjungi dokter setiap bulan
PurposeFor you, for meHe bought this cake for me (dia membeli kue ini untukku)

Itulah materi dari adverbial prepositional phrase yang bisa anda pelajari. Seperti biasa ketika anda sudah mempelajari materinya, pasti anda membutuhkan sebuah latihan soal untuk membantu anda lebih paham tentang ulasan materi ini. Berikut contoh soal yang bisa anda kerjakan :

Berilah garis bawah pada kalimat dibawah ini yang menunjukan adverbial prepositional phrase!

  1. I am study at the school.
  2. She will work in the hospital as a doctor.

About Imam Khanafi