Pengertian Adverbial Infinitive, Posisi dan Contoh Kalimat

Materi kali ini akan membahas tentang adverbial infinitive. Infinitive sendiri merupakan suatu kata yang terdiri dari particle to dan bentuk simpel dari verb dimana nantinya  berfungsi sebagai noun, adjective, ataupun adverb. Sedangkan adverbial infinitive merupakan kalimat yang digunakan untuk menjelaskan verb (kata kerja), dimana kata tersebut bisa terletak di awal kalimat dan bisa juga di akhir kalimat serta tidak harus berada dekat dengan verb yang akan dijelaskan. Atau bisa dikatakan bahwa kalimat ini digunakan untuk memodifikasi kata kerja. Mereka sebelumnya sudah tahu sebabnya, memodifikasi kata sifat predikat, dan juga majemuk.

Posisi, menguji, dan contoh adverbial infinitive
Adverbial infinitive
sendiri mempunyai struktur khas yaitu :

To + Verb

Misalnya to run, to work, to be, to talk, to see. Posisi dari kata tersebut bisa diletakan pada awal kalimat ataupun pada akhir kalimat. Sehingga fungsinya akan memodifikasi kata kerja (verb) dalam sebuah kalimat. Contoh dari peletakan kata di depan kalimat adalah :

PosisiContoh KalimatMaksud
Awal kalimatTo watch the movie, you must buy a ticket ( artinya: untuk menonton sebuah film, kamu harus membeli sebuah tiket)dari kalimat tersebut bisa kita ketahui bahwa ada sebuah sebab yang harus dilakukan, sebab tersebut adalah “mengapa kamu harus membeli tiket” karena dengan membeli tiket kamu bisa menonton film. Dan berikut ini adalah contoh kalimat yang bisa anda.
Akhir kalimatYou must have much money to buy it (artinya : kamu harus mempunyai uang banyak untuk membeli itu)Dari kata tersebut dijelaskan bahwa “kenapa harus mempunyai banyak uang” karena anda baru bisa membeli itu harus memiliki uang yang banyak.

Kalimat infinitive ini memiliki dua macam, yaitu adverbial infinitive seperti yang dijelaskan di atas dan satu lagi adalah adjective infinitive yaitu kata yang digunakan untuk menjelaskan sebuah noun yang mana posisinya selalu mengikuti noun yang dijelaskan. Sehingga adverbial dan adjective merupakan hal yang beda ya. Pada adverbial yang diikuti oleh infinitive pun mempunyai kondisi yang berbeda-beda. Kondisi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Tanpa tambahan agent
Contohnya : they begin to love each other (artinya : mereka mulai mencintai satu sama lain). Begin merupakan verb yang bisa digunakan.
2. Perlu agen
Contoh : The professor advised him to study harder (artinya : profesor tersebut menasehatinya untuk belajar lebih keras).
3. Optional
Contoh : She said me to call you (artinya : dia berkata untuk menghubungimu).

Setelah anda mengetahui adverbial yang ditambahkan infinitive pada materi kali ini saatnya anda perlu mengetahui tentang bagaimana cara menguji sebuah kalimat apakah dia termasuk dalam adverbial atau adjective infinitive. Berikut contohnya :

  • The new soldiers were ready to listen and obey
    Penjelasan : To listen merupakan modifikasi dari adjective predikat yaitu ready
  • The tailor finally went to work
    Penjelasan : to work merupakan modifikasi dari adverbial yaitu went

Dari materi adverbial infinitive ini bisa disimpulkan bahwa suatu bentuk kata yang memodifikasi sebuah kata kerja (verb) dan kata tersebut identik dengan penambahan kata “to” sebelum verb. Setelah memperlajari materi ini, saat anda untuk melakukan sebuah latihan soal yang bisa anda kerjakan di bawah ini :

 

Tunjukan apakah kalimat di bawah ini termasuk adverbial atau bukan!

  1. The police came to check the dam for leaks.
  2. Are you enough to drive?

Jawaban

  1. adverbial karena to check the dam for leaks merupakan modifikasi verb came
  2. adjective karena to drive merupakan modifikasi predikat kata sifat old.

 

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*