Pengertian Adverb Of Focusing, Posisi Dan Contoh Kalimat

Belajar Bahasa Inggris memang akan sangat menyenangkan jika kalian benar-benar enjoy. Lagi pula bukankah itu hal yang seru untuk bisa mempelajari bahasa asing. Terlebih belajar bahasa Inggris sangatlah dianjurkan untuk sekarang ini. Ingat ini jaman globalisasi sehingga Link yang ada akan terbuka sangat luas untuk orang dari belahan dunia mana pun. Dari sekian banyak negara tentu saja mereka akan berbeda-beda namun akan disatukan dengan adanya bahasa yaitu dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional pertama di dunia. Baiklah, kali ini kita akan belajar mengenai adverb of focusing. Apakah kalian tahu apa itu adverb? Adverb merupakan kata keterangan. Adverb memiliki berbagai macam jenis dan focusing menjadi salah satu adverb yang ada dari sekian banyak jenis adverb.

Pengertian

Tentu kalian penasaran bukan dengan adverb yang satu ini. Mungkin Anda akan jarang mendengar, tapi pada faktanya adverb ini sering digunakan. Biasanya ada pada bahasa sehari-hari (informal), maupun bahasa tulisan. Lalu apa itu? Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian dari adverb of focusing. Adverb ini merupakan adverb yang menerangkan bahwa apa yang dibahas terbatas pada bagian yang difokuskan. Dengan adanya adverb ini maka setiap kalimat akan diberi batasan atau limit di dekatnya sebagai contoh yaitu only, just, mainly. Selain itu ada pula focusing adverb yang berfungsi sebagai penambah misalnya, as well, too, also, even, in addition.

Penempatan dan Contoh

Untuk penempatan focusing adverb dapat diletakkan dimana saja, baik itu di awal kalimat, di akhir, kalimat, atau di tengah-tengah kalimat. Namun kebanyakan akan diletakkan di tengah-tengah kalimat. Posisi di tengah tersebut biasanya di antara auxiliary verb dan main verb, focusing adverb dapat diletakkan sebelum main verb, focusing adverb juga dapat diletakkan setelah linking verb, dan yang terakhir focusing adverb dapat diletakkan sesudah atau sebelum pada sebuah kalimat.. Agar lebih jelas, berikut adalah contoh dari adverb of focusing yang perlu dipahami.

ALSOJUSTONLY
She also will come with us. (dia juga akan datang dengan kami)We are just friend. (kita hanya teman)I only know about him not you. (saya hanya tahu mengenai dia bukan kamu)
We also visit Jakarta this year. (kami akan mengunjungi Jakarta tahun ini)He just make me jealous. (dia hanya membuatku cemburu)I only drink milk for my breakfast. (saya hanya minum susu untuk sarapanku)
They also eat seafood. (mereka juga makan makanan laut)I just want to tell them about us. (saya hanya ingin memberitahu kepada mereka tentang kita)She only want this one. (dia hanya ingin yang satu ini)
He also give me present. (dia juga memberiku kado)She just call him when she need him. (dia hanya memanggilnya ketika dia membutuhkannya)He only know her as my partner. (dia hanya mengetahuinya sebagai teman)
Rian also will come to the party. (Rian juga akan datang kek pesta)You just need to be patient . (kamu hanya butuh bersabar)Sinta only want to meet him. (Sinta habya ingin bertemu dia)

Di atas adalah beberapa contoh untuk focusing adverb. Untuk contoh beberapa focusing adverb yang lain, berdasarkan posisi yaitu sebagai berikut.

PosisiContoh Kalimat
Sebelum main verbWe also come to grandma’s house this holiday
Ai antara auxiliary verb dan main verbYou are only a poor girl
Setelah lingking verbI haven’t even talked to her yet
Di awal kalimatOnly Gita come late
Di akhir kalimatShe is not only pretty but she is smart too

Apakah kalian sudah jelas mengenai adverb of focusing ini? Dengan contoh yang ada semoga kalian semakin memahami apa itu focusing adverb. Untuk lebih mengerti, maka yang harus dilakukan adalah terus membaca, dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tentu akan semakin mudah untuk belajar bahasa Inggris apabila menggunakan metode yang menyenangkan.

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*