Pengertian Adjective Derivation, Jenis Dan Contoh Antar Parts Of Speech

Belajar bahasa Inggris akan sangat mengasyikkan jika kalian menikmatinya. Maka jika kalian merasa kesulitan dalam belajar bahasa Inggris, hal yang harus kalian temukan adalah rasa bahagia dalam mempelajari bahasa Inggris. Belajar bahasa asing yang menjadi bahasa Internasional pertama di dunia ini tidak hanya harus bergelut dengan banyak buku, kalian dapat mempelajarinya lewat lagu, film, dan masih banyak lagi. Yang dipelajari juga tidak hanya teori harus melakukan banyak praktik juga dalam waktu yang bersamaan. Ada beberapa hal yang dipelajari dalam bahasa Inggris, salah satunya adalah grammar atau tata  bahasa. Memang kebanyakan akan mengaku belajar grammar itu sulit tapi jika sering latihan maka akan sangat mudah dipahami.

Pengertian

Kali ini akan dibahas mengenai adjective derivation. Sebelum mengetahui lebih lanjut, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu derivation. Derivation dalam bahasa Indonesia adalah turunan. Derivation merupakan proses pembentukan kata dasar dengan cara menambahkan imbuhan (affix), berupa awalan (prefix), dan akhiran (suffix). Setelah diberi kata imbuhan makan kata tersebut akan memiliki arti yang berbeda dari sebelumnya. Salah satu jenis derivation adalah adjective derivation, yakni proses pembentukan kata turunan yang akan mengakibatkan arti dari suatu kata sifat berbeda dari arti sebelumnya. Kata sifat tersebut diberi imbuhan berupa awalan atau akhiran. Agar lebih paham mengenai adjective derivation, berikut akan diberikan beberapa contoh.

Contoh Kalimat

KataContoh Kalimat
Charming à Charm (verb) + Ing (suffix)He is so charming (Dia sangat menawan)
Childish à Child (noun) + ish (suffix)Marry is still childish (Marry masih kekanakan)
Useless à Use (verb) + less (suffix)This closet is useless (lemari ini tak berguna)
Talkative à Talk (verb) + ative (suffix)A teacher should be talkative (Seorang guru harus banyak bicara)
Ladylike à Lady (noun) + like (suffix)Mia is so ladylike (Mia sangat sopan)
Adventourous à Adventure (noun) +ous (suffix)Jacob is so adventurous (Jacob suka berpetualang)
Changable à Change (verb) +able (suffix)Can you make this format changable? ( bisakah kau mengubah format ini agar bisa diubah?)
Different à Differ (verb) + ent (suffix)I know I am different (Aku tahu aku berbeda)
Melted à Melt (verb) + ed(suffix)The ice cream is melted because of the high temperature in teh air (Es krimnya meleleh karena suhu yang tingi di udara)

Tabel di atas adalah beberapa contoh untuk adjective derivation. Pada intinya kata-kata yang ada sebelumnya diberi imbuhan, kemudian akan berubah artinya dan untuk kategorinya adjective derivation, akan menempati kategori part of speech sebagai kata sifat atau adjective. Sekian materi mengenai adjective derivation, semoga kalian paham ya.

 

About Imam Khanafi