Pengertian Adjectival Infinitive dan Contoh Kalimat

Apabila anda mempelajari verb bahasa Inggris, nantinya anda akan temukan istilah yang disebut dengan adjectival infinitives. Pengertian adjectival infinitive ialah kata kerja yang berfungsi sebagai adjective atau kata sifat. Jadi, fungsi verb dalam kalimat tertentu memang bukan sebagai verb melainkan sebagai adj. Sebelum membahas lebih jauh mengenai adjectival infinitive, ada baiknya anda pahami terlebih dahulu penjelasan mengenai Infinitive itu sendiri.

Infinitive

Dalam tata bahasa Inggris, bukan sesuatu yang baru apabila ada berbagai macam peraturan yang wajib anda pahami. Salah satunya ialah soal Infinitive. Sebuah verb atau kata kerja yang berfungsi bukan sebagai verb melainkan part of speech lain disebut dengan Infinitive. Jadi, dalam hal ini verb tersebut bisa berfungsi sebagai adj, adverb atau noun. Biasanya, Infinitive dapat terbentuk dengan menempatkan “to” di depan bentuk simple present dari verb tertentu.

Contoh:

to swim, to read, to think, to climb, to be, to turn, to cut dan masih banyak lagi lainnya.

Dalam Infinitive, ada beberapa jenis yang harus anda ketauhi yaitu adjectival infinitive, adverbial infinitive dan nominal infinitive. Salah satu jenis Infinitive yang sering digunakan ialah adjectival infinitive. Penjelasan lengkapnya ialah sebagai berikut.

Adjectival Infinitive

Bicara mengenai pengertian adjectival infinitive, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya apabila bentuk infinitive yang satu ini memiliki fungsi seperti adj. Dengan kata lain ialah sebuah adjectival infinitive berfungsi sebagai sebuah frasa yang mendekripsikan sebuah noun atau kata benda. Mengenai penempatan dari adj tersebut ialah dengan selalu mengikuti noun atau kata benda yang akan dideskripsikan. Sehingga tidak ada adjectival verb yang mendahului noun.

Beberapa contoh kalimat yang menggunakan adjectival verb ialah sebagai berikut.
1. It is the best time to start. (inilah waktu terbaik untuk memulai)
Adjectival verb yang ada pada kalimat di atas ialah to start dengan time sebagai noun.
2. There is always the best reason to swim. (selalu ada alasan terbaik untuk berenang)
Dari kalimat di atas, to swim merupakan adjectival verb sedangkan reason ialah noun yang dideskripsikan.

Kemudian, sama seperti gerunds ataupun participles, infinitive pun dapat ditambahkan kata lain pada frasanya. Sehingga bukan hanya kata to + verb 1 saja, akan tetapi bisa menjadi lebih panjang. Inilah contoh kalimat yang menggunakan adjectival verb yang telah ditambah kata lain.
1. The first attempt to build the bridge ended in failure. (usaha pertama untuk membangun jembatan itu berakhir gagal)
2. It is the best time to read some novels. (Inilah waktu terbaik untuk membaca novel)
3. There is no need to be an insecure person. (tidak ada yang dibutuhkan untuk menjadi orang yang tidak percaya diri).

Dari contoh kalimat di atas, kata yang digaris bawah merupakan adjectival verb. Bisa dilihat jika penggunannya dapat dimodifikasi menjadi lebih panjang. Setelah paham mengenai adjectival verb, kini saatnya anda mempelajari infinitive lainnya.

About Imam Khanafi