Pengertian Absolute Adj, List Kata, Contoh Kalimat

Dalam bahasa Inggris, ada yang disebut sebagai part of speech yang salah satunya terdiri dari adjective atau yang biasa disingkat menjadi adj. Bicara mengenai adjective sendiri, ada beberapa pengelompokan adj, misalnya ialah absolute adjectives. Pengertian absolute adjective ialah beberapa adjective (kata sifat) yang tidak dapat digradasi atau disebut juga dengan non-gradable adj. Untuk memudahkan anda dalam memahami kata sifat absolute ini, ada baiknya anda pahami tentang gradable adj terlebih dahulu.

Gradable Adjectives

Anda mungkin pernah mendengar bentuk comparative dan superlative, bukan? Beberapa kata seperti big, beautiful dan tall termasuk dalam kata gradable adj sebab kata tersebut dapat diubah menjadi bentuk comparative maupun superlative.

Kata big disini dapat diubah menjadi bigger sebagai comparative dan biggest sebagai superlative. Begitu pula pada kata tall yang nantinya akan berubah menjadi taller dan tallest sebagai bentuk comparative dan superlative. Sedangkan kata beautiful sendiri, karena memiliki lebih dari 2 sylables, maka bentuk comparative akan menjadi more beautiful dan the most beautiful untuk bentuk superlative. Berikut ulasan yang lebih jelas.

Gradable adjComparativeSuperlative
Bigbiggerbiggest
Talltallertallest
Beautifulmore beautifulmost beautiful

Non-Gradable Adjectives

Seperti pada pengertian absolute adjective di atas, kata sifat ini juga dikenal dengan non-gradable adj. Berbeda dengan gradable adj, kata sifat ini tidak dapat diubah menjadi bentuk comparative maupun superlative. Beberapa contoh kata yang masuk dalam kategori ini ialah sebagai berikut:

Imposisible, adequate, absolute, principal, sufficient, inevitable, unanimous, complete, main, minor, fatal, entire, unavoidable, final, unique, ideal, whole, universal, dead, preferable dan sebagainya.

Dari list kata absolute adj di atas, dapat kita ambil beberapa contoh untuk dijabarkan. Misalnya saja ialah pada kata unique dan fatal. Karena keduanya merupakan kata sifat yang masuk dalam kategori non-gradable adj, maka tidak ada bentuk comparative dan superlative untuk kata tersebut. Jadi kata unique tidak bisa menjadi more unique atau most unique. Begitu pula pada kata fatal yang tidak dapat menjadi more fatal dan most fatal.

Akan tetapi, ada beberapa absolute adj yang umum dibentuk menjadi comparative dan superlative. Contohnya adalah pada kata complete dan perfect. Keduanya merupakan kata sifat absolute, namun penggunaan more complete atau more perfect masih bisa diterima meskipun jika dilihat dari tata bahasa salah.

Contoh kalimat yang menggunakan absolute adj ialah sebagai berikut:
1. The cat was dead. (kucing itu sudah mati)
2. Many paintings in the museum are unique. (banyak lukisan di musium itu unik)
3. The final decision is in your arm. (keputusan terakhir ada di tanganmu)

Untuk lebih paham mengenai non-gradable adj, anda bisa membuat kalimat sendiri menggunakan list kata absolute adj yang telah disebutkan di atas.

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*