Langkah Meningkatkan Skor TOEFL 500 lebih (PBT)

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

Dalam TOEFL test, umumnya ada dua format yang dipakai yaitu PBT ( paper based test ) serta iBT ( Internet Based Test ). Saat ini, format yang paling sering digunakan adalah format iBT. Sedangkan, format PBT lebih banyak digunakan dalam TOEFL ITP ( Institutional Testing Program). Sebenarnya, perbedaan utama antara iBT dan PBT ada pada format lembar jawab, yaitu pada PBT menggunakan lembar jawab tertulis, sedangkan iBT menggunakan komputer yang terhubung jaringan internet. Dari segi materi, PBT tidak memiliki speaking test. Jadi, secara umum, persiapan yang bisa dilakukan pun sama, tetapi tetap perlu suatu langkah-langkah untuk meningkatkan skor toefl 500 lebih.

Yang pertama tentu adalah mencari informasi tentang test tersebut. Dengan informasi yang didapatkan, setidaknya anda sudah memiliki konsep dasar tentang tes tersebut serta materi-materi yang sekiranya diujikan. Informasi itu akan sangat berguna, karena anda pun bisa lebih terarah dan efektif dalam belajar. Selain itu, perencanaan juga bisa dibuat lebih matang. Setelah mendapatkan informasi, anda bisa pula melengkapi diri anda dengan buku-buku panduan belajar TOEFL, sehingga ada referensi tambahan saat belajar.

meningkatkan skor toefl 500 Selanjutnya, persiapan bisa dilakukan satu persatu berdasarkan pembagian materi testnya. Untuk bagian tes writing, yang harus anda kuasai adalah masalah tata bahasa, struktur kalimat, organisasi kalimat dan paragraf, penggunaan tanda baca serta kosa kata. Sebenarnya ada cara lebih mudah untuk mempelajarinya, yaitu dengan cara menganalisis bacaan. Anda bisa berlatih dengan menganalisis suatu karya ilmiah atau jurnal Bahasa Inggris. Dengan anda menganalisis tulisan tersebut, anda sekaligus akan mempraktekkan teori-teori yang sudah anda pelajari. Penggunaan tanda baca juga perlu mendapat perhatian karena kesalahan penggunaan tanda baca pun bisa menyebabkan pengurangan skor. Selain itu, anda juga bisa berlatih menulis cepat dan jelas, karena nantinya anda tentu akan diminta untuk menulis suatu karangan.

Pada listening section, anda akan diminta mendengarkan suatu percakapan atau kuliah tentang suatu tema tertentu. Sebagai latihan, barangkali latihan listening section adalah latihan yang paling menyenangkan. Anda bisa berlatih dengan mendengarkan lagu atau menonton film. Dari film dan lagu tersebut, anda bisa mempelajari pengucapan seorang native speaker. Hal ini akan melatih kepekaan anda dalam mendengarkan dan memahami perkataan seorang native speaker. Selain mengamati pengucapan, anda juga bisa mulai berlatih mulai membuat suatu catatan-catatan kecil. Hal ini akan menjadi hal yang penting sebagai reminder serta rangkuman poin-poin penting yang disampaikan.

Pada reading section, anda akan dihadapkan pada soal-soal bacaan yang cukup banyak. Di sini, anda dituntut untuk bisa memahami soal dengan baik dan menemukan gagasan pokoknya. Sebagai latihan dan persiapan, banyak membaca bacaan berbahasa Inggris itu sangat penting, agar anda terbiasa untuk membaca. Setelah itu, anda bisa berlatih untuk mencoba menemukan gagasan pokoknya. Jangan lupa untuk berlatih menggunakan metode scanning, karena seringkali metode ini sangat berguna untuk mencari jawaban yang terdapat dalam bacaan atau paragraf tertentu.

Ketika tes, hal terpenting adalah ketenangan. Setelah itu, anda perlu mempersiapkan peralatan anda, usahakan membawa lebih dari satu pensil 2B, agar anda memiliki cadangan bila pensil anda bermasalah. Lalu, usahakan untuk tidak terpaku pada satu soal. Dalam menjawab dan memilih jawaban di lembar jawaban, sebaiknya hati-hati agar tidak terjadi kesalahan. Walau bisa dihapus, itu seringkali akan merusak lembar jawabannya. Anda juga harus bisa terbiasa menulis cepat dan jelas. Dan yang terakhir, selalu cek ulang jawaban anda. Dan yang tidak boleh lupa senantiasa berdoa semoga hasil ujian memperoleh skor TOEFL 500 lebih.

About Imam Khanafi