Kenapa Butuh TOEFL Vocabs yang kuat untuk Dapat Skor TOEFL yang Baik ?

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

Apakah kosakata ( vocabulary) itu penting dalam TOEFL? Barangkali anda masih mempertanyakan hal ini, padahal sebenarnya sudah jelas betapa pentingnya TOEFL Vocabs. TOEFL mengujikan empat kemampuan dasar dalam berbahasa Inggris, yaitu writing, reading, listening dan speaking. Kosakata memang tidak dimasukkan di sana, tapi bukan berarti tidak penting. Peranan kosakata di sini sama seperti halnya struktur atau tata bahasa. Tata bahasa dan kosakata justru sudah diandaikan sebagai kemampuan dasar yang memang sudah harus dikuasai, oleh karena itu kemampuan kosakata dan tata bahasa secara umum sudah terserap dalam empat kemampuan yang diujikan tersebut. Berikut ini adalah penjelasan betapa pentingnya kosakata dalam masing-masing tes yang dilakukan.

Dalam listening section, penekanan yang diberikan adalah pada kemampuan anda memahami suatu pembicaraan atau lecture yang diberikan, sesuai simulasi pembelajaran di perkuliahan. Dalam hal ini, tentu yang anda butuhkan adalah lebih dari sekedar kemampuan mendengarkan, tapi juga memahami materi yang disampaikan. Untuk memahami materi tersebut, anda mau tidak mau harus memiliki kosakata yang memadai. Apabila anda tidak memiliki kosakata yang cukup, bisa dipastikan anda tidak akan bisa memahami materi yang disampaikan sehingga kemudian anda tidak akan bisa mengerjakan soal yang diberikan. Selain itu, kosakata yang digunakan pun tentu memiliki tingkat kesulitan tersendiri karena pemaknaannya berdasarkan konteks, belum lagi masalah cara pengucapannya. Oleh karena itu, pada listening section ini, kosakata memegang peranan yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan sama sekali.

toefl vocabsSelanjutnya adalah kegunaan kosakata dalam speaking section. Dalam speaking section, yang diujikan adalah mengenai kemampuan anda dalam memaparkan gagasan anda secara lisan. Tentu saja, pemaparan gagasan itu harus jelas dan mudah dipahami. Lalu, bisakah anda membayangkan apabila ketika anda sedang berbicara, tiba-tiba anda kehabisan kata untuk mengungkapkan gagasan anda? Tentu ini akan menjadi hal yang sangat tidak menyenangkan, terlebih lagi dalam TOEFL test anda juga memiliki waktu yang terbatas. Oleh karena itu, dalam tes ini pun kosakata tetap memegang peranan penting karena seseorang tak akan bisa berbicara kalau dia tidak memiliki kosakata. Selain itu, kosakata anda perlu luas karena tiap kosakata memiliki artinya yang berbeda-beda, apalagi ketika dipadukan dengan konteks pembicaraan yang ada. Oleh karena itu, anda perlu meningkatkan kosakata anda agar dalam speaking section, anda bisa memaparkan gagasan anda secara tepat dan bisa dipahami.

Dalam reading comprehension, kosakata pun memegang peranan penting karena dalam tes ini, anda dituntut untuk bisa memahami bacaan. Apalagi, dalam tes ini anda juga akan menemui soal yang menanyakan maksud dari kata tertentu terkait konteks yang ada. Kosakata itu pun menjadi hal dasar, karena tanpa memiliki kosakata yang lengkap, anda tidak akan bisa memahami bacaan dengan mudah.

Kata-kata yang anda temui pun barangkali bukan kata-kata yang umum anda temui dalam pelajaran Bahasa Inggris, oleh karena itu anda memang harus memperkaya kosakata anda. Dalam writing section pun juga demikian karena anda akan diminta menulis suatu karangan terkait tema yang sudah ditentukan. Apabila anda tidak memiliki kosakata yang memadai, tentu akan kesulitan untuk menyampaikan gagasan anda dalam tulisan tersebut. Apalagi, dalam section ini, anda memiliki batasan kata dalam tulisan anda, sehingga anda harus bisa menggunakan kata yang tepat, sehingga tulisan anda lebih efektif.

About Imam Khanafi