Kata Ganti (Pronouns) Bahasa Inggris dan contohnya

kata ganti dalam bahasa inggris pronounskata ganti dalam bahasa inggris (Pronouns) adalah kata-kata yang digunakan untuk menggantikan kata benda (nouns), kata benda ini dapat berupa manusia, hewan, tempat dan konsep abstrak. Tujuan dari penggunaan pronoun bisa disebabkan oleh banyak hal seperti agar lebih singkat, sebuah nama tidak disebutkan berulang-ulang di dalam sebuah kalimat dan efektifitas sebuah kalimat. Di bawah ini terdapat beberapa jenis kata ganti dalam bahasa inggris (Pronouns) beserta penjelasan dan contoh pronouns.

Beberapa Jenis kata ganti dalam bahasa inggris (Pronouns)

1. Personal Pronouns

Pronouns ini adalah pronouns yang berhubungan dan digunakan untuk menggantikan orang atau benda tertentu. Personal pronoun dibagi menjadi dua, yaitu personal pronouns sebagai subyek dan obyek. Contoh sebagai subyek adalah they, we, I, you, he, she dan it, sedangkan sebagai obyek adalah them, us, me, you, him, her dan it. Penggunaan kata benda dalam bahasa inggris yang bersifat jamak dapat menggunakan they/them. Contoh: The dogs are in front of Tom’s house, they are very wild.

 

2. Demonstrative Pronouns

Kata ganti dalam bahasa inggris ini digunakan untuk menyatakan suatu kata benda yang berjumlah tunggal ataupun jamak. Demonstrative pronouns adalah “this” dan “these” yang berarti “ini” tunggal dan jamak. Dan juga “that” dan “those” yang berarti “itu” tunggal dan jamak. Contoh: These people are going to Jakarta dan This person is going to Jakarta.

 

3. Indefinite Pronouns

Penggunaan kata ganti dalam bahasa inggris untuk orang, benda atau hal-hal yang umum dan tidak spesifik bisa menggunakan jenis pronouns ini. Indefinite Pronouns dibagi menjadi tunggal, jamak atau juga kedua-duanya. Jenis Indefinite Pronouns: another, anyone/anybody, anything, each, everybody/everyone, everything, nobody/no one, one, someone/somebody, something dan the other. Jamaknya adalah each other, one another dan the others. Jamak dan tunggalnya adalah any, anywhere, none dan somewhere.

 

4. Interrogative Pronouns

Interrogative Pronouns digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang tidak kita ketahui. Berikut adalah contoh dari jenis pronouns ini.

Jenis-jenis Interrogative Pronouns

Artinya

Contoh pronouns

Whom“Siapa”, untuk menanyakan ObjekWhom do you call?I call my friend
Who“Siapa”, menanyakan SubyekWho is your friend?He is John
What“Apa”, bendaWhat is your favorite movie?
Why“Kenapa”, alasanWhy are you so glad?
When“Kapan”, waktuWhen you come here?
Which“Yang mana”, bendaWhich one is your pen?
Where“Dimana”, tempatWhere is your boy friend?
Whose“Kepunyaan siapa”, kepemilikan dan dijawab possessive pronounsWhose helmet is this?- this is mine
How“Bagaimana” menanyakan caraHow you get this?

 

5. Reflexive Pronouns

Digunakan untuk menunjukkan bahwa subyek menerima aksi dari kata kerja pada suatu kalimat. Reflexive Pronouns  menggunakan -self untuk singular sedangkan plural menggunakan –selves.

SayaMyself
KamuYourself
Dia laki-lakiHimself
Dia perempuanHerself
MerekaThemselves
Kamu banyakYourselves
KitaOurselves
Dia benda atau binatangItself

 

6. Reciprocal Pronouns

Menunjukkan bahwa dua subyek atau lebih sebagai pelaku atas kegiatan yang sama. Contohnya adalah each other dan one another.

 

7. Relative Pronouns

Memperkenalkan Adjective clause yang menerangkan noun. Empat jenis relative pronouns yaitu who (manusia), which (benda), that (manusia dan benda), whose (obyek pronoun) dan whose (kepemilikan).

 

8. Possessive pronouns

Kalimat kata ganti dalam bahasa inggris yang digunakan untuk menggantikan kepemilikan baik orang, benda maupun hewan.

Milik sayaMine
Milik kamuYours
Milik dia laki-lakiHis
Milik dia perempuanHers
Milik merekaTheirs
Milik kitaOurs
Milik hewanIts

Avatar of Imam Khanafi

About Imam Khanafi