Jenis-Jenis dan Contoh Surat Undangan dalam Bahasa Inggris

Surat adalah salah satu bentuk sarana komunikasi dalam hal penyampaian informasi tertulis dari satu pihak (satu instansi) ke pihak lain (instansi lain). Dahulu, surat adalah komunikasi paling utama yang digunakan untuk seseorang baik itu dalam keadaan jarak dekat maupun jauh. Namun, seiring berkembangnya teknologi keberadaan surat untuk saat ini biasanya digunakan dalam pemberitahuan formal saja. Pada artikel dibawah ini akan dibahas lengkap mengenai pengenalan surat, jenis-jenis surat undangan, dan contoh surat undangan dalam Bahasa Inggris.

Contents

Pengertian Surat Undangan

Surat Undangan adalah salah satu jenis surat yang didalamnya terdapat sebuah pemberitahuan yang memiliki tujuan untuk pihak lain baik itu individu atau instansi dimana pihak tersebut nantinya akan diharapkan kedatangannya pada tanggal, tempat, dan waktu yang telah ditentukan. Pengertian undangan sangat berarti karena hal tersebut merupakan suatu tanda penghormatan untuk seseorang yang diundang dalam sebuah acara tersebut.

Tujuan Surat Undangan

Setelah memahami pengertian undangan maka tujuan surat undangan juga perlu dipelajari dan diketahui. Memang benar jika tujuan umum dari surat undangan adalah memberikan informasi mengenai adanya suatu acara dimana hal tersebut seorang individu yang diundang diharapkan akan kehadirannya. Selain itu, terdapat juga tujuan-tujuan lain dari adanya surat undangan. Berikut point-point penjelasan lengkapnya

  1. Mengemukakan Informasi
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika tujuan surat undangan adalah mengemukakan sebuah informasi. Didalam surat undangan, terdapat paparan sebuah acara dimana acara tersebut sangat dianggap penting oleh pembuat surat. Tujuan pada point ini berfokus dari tujuan pembuat surat dimana penyampaian informasi acara mereka sangat penting dan harus disebarluaskan kepada orang-orang yang bersangkutan.
  1. Memperoleh Informasi
    Jika pada point pertama adalah tujuan surat undangan yang didasarkan pada pemikiran pembuat surat, point kedua ini akan membahas mengenai tujuan yang didasarkan pada penerima surat. Sebagai penerima surat undangan pastinya ketika mendapatkan sebuah undangan akan mengetahui acara apa yang akan diadakan/ diselenggarakan oleh pihak pengundang. Dari sana, penerima surat undangan dapat memperoleh informasi akan kegiatan atau acara yang seharusnya mereka diharapkan akan kehadirannya.
  1. Memperjelas Jalannya Acara
    Dengan adanya surat undangan, semua pihak tidak akan terjadi kesalah pahaman. Didalam surat undangan terdapat tanggal, waktu, tempat, dan juga acara apa yang akan diselenggarakan. Dari sini penerima surat akan mengetahui secara jelas tentang apa maksud dari pengirim surat mengirimkan surat undangan tersebut kepadanya. Untuk itu, sebagai pembuat undangan harus mengetahui bagaimana cara membuat undangan yang terstruktur dan mudah dipahami.

Fungsi Surat Undangan

Banyak orang yang berpendapat jika fungsi surat undangan adalah sebagai suatu alat komunikasi. Hal ini memang benar adanya karena fungsi utama dari sebuah surat adalah untuk berkomunikasi. Namun, ada juga fungsi dari surat undangan yang harus dipahami. Berikut adalah penjelasannya

  1. Sebagai Alat Bukti Dalam Bentuk Tulisan (Tertulis)
    Fungsi surat yang pertama adalah sebagai alat bukti yang tertulis. Hal ini dimaksudkan ketika mungkin disuatu tempat acara atau kegiatan Anda sebagai penerima surat tidak dipercaya untuk mengikuti cara tersebut, maka bentuk surat dalam bentuk undangan bisa menjadi bukti akan pentingnya Anda dalam acara atau kegiatan tersebut.
  1. Sebagai Mode Pengingat
    Banyak orang yang ketika mengadakan sebuah acara tidak membuat sebuah surat. Orang tersebut hanya memberikan informasinya melalui lisan atau percakapan keseharian. Pengucapan undangan yang dilakukan secara langsung ini memang diperbolehkan namun, ada baiknya jika terdapat sebuah acara atau kegiatan perlu dibuatkan sebuah surat untuk mode pengingat. Ketika seseorang mendapatkan sebuah surat dalam bentuk kertas, maka surat tersebut pasti di simpan dalam keadaan sangat baik sebagai tanda penghormatan.

Jenis-Jenis Undangan

Jenis-jenis undangan memang sangatlah beraneka ragam. Surat Undangan dapat dikategorikan menjadi 2 jenis. Pembagian kategori ini berdasarkan tingkat resmi atau tidaknya surat tersebut. Hal yang dimaksudkan disini adaah tentang strukur undangan. Jika diihat dari isi, maka tentu saja keduanya memiliki isi yang sama-sama bertujuan untuk mengajak seseorang hadir dalam sebuah acara. Untuk penjelasan perbedaan 2 kategori tersebut, berikut adalah penjelasannya

  1. Surat Undangan Resmi
    Didalam surat undangan resmi, semua kata menggunakan bahasa baku atau resmi. Struktur surat sangat rapi dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Terdapat kop surat, nomor surat, perihal, dan lain sebagainya. Didalam surat resmi, kata yang digunakan adalah “kami” dimana hal tersebut menandakan bahwa surat tersebut dibuat mewakili suatu organisasi atau instansi. Adapun contoh dari surat resmi antara lain surat yang berhubungan dengan rapat, perayaan, dan juga pelantikan.
  1. Surat Undangan Tidak Resmi
    Undangan tidak resmi adalah salah satu jenis surat yang didalamnya dikirim dari satu individu ke individu lain. Adapun contoh dari surat undangan tidak resmi ini adaah surat undangan ulang tahun, undangan khitanan, dan undangan pernikahan. Contoh-contoh undangan tersebut dapat dikatakan tidak resmi karena didalamnya tidak ada kop surat, nomor surat, dan lain-lain.

Cara Membuat Undangan yang Baik dan Menarik

Adapun beberapa tips atau cara membuat undangan yang menarik. Berikut adalah tips lengkapnya

  1. Memilih Gaya Undangan
    Hal pertama yang harus Anda pilih adalah gaya undangan. Hal ini bisa disebut dengan style atau desain. Untuk memilih undangan memang harus ada persetujuan dari pihak keluarga terutama dari orang tua. Hal ini dikarenakan perlu adanya kecocokan mengenai desain undangan yang akan disebarluaskan. Terdapat beberapa gaya desain undangan yang bagus seperti art deco, tradisional, dan mid century retro. Dalam memilih gaya undangan, pilihlah desain yang sesuai dengan acara tersebut. Jika untuk acara pernikahan maka pilihlah desain yang elegan dengan gambar undangan yang mencirikan akan adanya pernikahan, dan lain sebagainya.
  1. Memilih Font atau Jenis Huruf
    Setelah menentukan gaya atau desain undangan, pemilihan font huruf juga perlu dipikirkan baik-baik. Karena, pemilihan font ini akan berdampak pada jelas tidaknya informasi didalam undangan. Pilihlah font yang sekiranya bagus tetapi enak untuk dibaca. Dengan begitu, penerima surat tidak akan terjadi salah paham saat membaca dan memahami surat undangan.
  1. Memperhatikan Kertas
    Point yang ketiga adalah pemilihan kertas. Banyak orang yang menganggap jika tidak harus memperhatikan kertas baik itu jenis dan ukurannya. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah keidealan kertas yang akan digunakan. Sebagai pembuat surat, kertas juga dapat mempengaruhi kejelasan dan juga keresmian undangan. Ketika membuat surat tentu saja harus memperhatikan ukuran surat. Ukuran yang tidak teralu besar dan tidak terlalu kecil (sedang) akan membuat undangan tersebut enak untuk dibaca dan tepat untuk disebarkan.
  1. Memperhatikan Warna Huruf
    Pemerhatian akan warna huruf ini berkaitan erat dengan warna kertas yang dpilih. Cara yang tepat untuk pemilihan warna huruf adalah dengan pemilihan yang simple dan juga tetap terlihat elegan. Jangan menggunakan warna huruf yang tidak bisa terbaca seperti warna kuning, biru muda, atau sebagainya.
  1. Simple dan Enak Dibaca
    Point yang terakhir ini berkaitan dengan sistem pemilihan kata atau kalimat yang akan dicantumkan didalam surat undangan. Dalam pemilihan kata sebaikya tidak perlu dibuat panjang yang akan membuat pembaca bingung. Untuk surat undagan, tulislah kalimat yang sederhana (simple) dan enak dibaca. Hal yag harus ditekankan adalah kejelasan isi dari undangan tersebut sehingga penerima surat mudah memahami isi surat tersebut.

Contoh Surat Undangan Pernikahan dalam Bahasa Inggris

Pernikahan adalah hal yang sakral untuk kehidupan dua belah pihak dimana kehidupan baru akan dimulai dan dilaksanakan. Untuk itu, semuanya harus diperhatikan dengan baik dalam segala perlengkapan. Setidaknya, jika pernikahan tidak dilaksanakan secara mewah didalamnya harus terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah kehadiran teman atau keluarga. Untuk itu, sebagai pemilik acara seharusnya memberikan undangan untuk orang yang ingin dihadirkan dalam acara pernikahan tersebut dengan baik.  Berikut adalah contoh undangan pernikahan dalam Bahasa Inggris

Together with their parent please Join Us for a Wedding of

Kristin Amiarti & Anton Budisono

On Saturday, The 5th November Twenty Twenty at Two O’clock In The afternoon

Gadung Unggul Wedding Venue

Raya Karanglo Street, Singosari, Malang

Reception following

We invite you to join us for the Wedding Ceremony

Uniting

Whitney Waiter

&

Dalton Ginger

Sunday, July 26th

1:00 p.m.

Sundanese Park Amphitheater

674 E Highway 32

Rodney, Colorado

Reception to Follow

Contoh Surat Undangan Khitanan dalam Bahasa Inggris

INVITATION

CIRCUMCISION :

DANI SUBAGJA

Bismillahirrahmanirrahiim

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Hi friends,

I want to execute Circumcision.

As a sign of thankfulness I invite you

on the circumcision that God willing

implemented on :

Day/Date : Monday, 4 September 2017 M

( 13 Haji 1437 H )

Time   : 08.00 WIB to Finish

Place  : RT 02/01 Dusun Balengbeng

Desa Margacinta Kecamatan Cijulang

I really wish you would come.

And do not forget to pray for me, let me

get well soon and be a good child.

I’ll wait ……

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Family. Bapak Karman / Iin

INVITATION

Mr. Wagiran van Wolger and Mrs. Yunika Aristo van Wolger request your present at the circumcision of

“Alvessardje Al-Haben”

Friday, 2017 24th at 08.00 CEST

at The My house, 24C, District-37, Katwijk, South Holland

Best Regards

Mr. Ren Al-Ezhaben


Contoh Surat Undangan Rapat dalam Bahasa Inggris

contoh surat rapat

Number: 20/GRBK/5/2015

Appendix:

Things: Invitation Meeting

To The Designation:

The Entire Seo Team Grobak Members

In place of the

Greetings,

All praise and thanks be to God Almighty due to over mercy we are in in good health and always gets the protection it. In connection with the Event dilaksankannya will be Combined Kopar Bloger Se Indonesia, we as the organizers invite all members of the Grobak Seo Team to attend a meeting on:

Day/Date:

Time:

Place:

So we pass on this invitation, given the importance of this event then the presence of the father/mother.

As the employees of PT. shooting stars to attend just in time. Upon his attention, we say thank you.

Sincerely,

(The Committee)

DEPARTMENT OF PUBLIC AFFAIRS

March 23, 2016

Dear the Creativity Team,

Public Affairs is planning to hold a public party. The event needs decoration and poster design to announce the party. For those stuff, the Public Affairs needs help from the creativity team to handle it.

For further discussion, the creativity team are invited to attend a meeting with all of the committee and sponsors.

Date : March 30, 2016

Time : 10 a.m.

Location : Second floor, room 278, Public Affairs building.

If you have any question, suggestion, or concern, please contact Mr. Keenan at (019) 7920-82-082.

Very truly yours,

 

Garistha Leana

Head of Public Affair Department

SOCIETY BRIDGE ORGANIZATION

April 1, 2016

Dear Advisoty Commitee Member,

Thank you for your willingness to serve as an advisory committee member for the name of Society Bridge. Your attendance and advice will be very important to the success of our program. As a committee member, we ask you to participate in our annual meeting and offer you expertise and guidance to ensure that our program meets industry standard and expectation.
The Society Brigde Advisory meeting will be held on:

Date:
Time:
Location :

Directions enclosed.

The agenda for the meeting are presentation of the proposed outline, occupational competencies, and safety test for the course is enclosed. Please review these materials and make any change prior to attending the meeting. Bring this packet with you to the meeting. If you are unable to attend the meeting please let us know or send your representatives who can attend it.

I look forward to meeting with you. Again, thank you for your support.

Sincerely,

Ratata
Society Bridge Director

STUDENT EXECUTIVE BOARD
FACULTY OF AGRICULTURE
RASHENGAN UNIVERSITY 

Ref. Number: 89/5-4-19/SEB-M
Subject: Final Meeting of Student Executive Board 2018
Attachment:  – 

To Mr. Darmawan Siang
Dean of Faculty of Agriculture
Rashengan University 

With regards,

As the Student Executive Board of the year 2018’s period is coming to an end, we would like to invite you to the Final Students Executive Board Meeting, which will be held on: 

Date: April 15, 2019
Time: 5 pm – 8 pm
Location: Main Hall of Faculty of Agriculture, Rashengan University
Agenda:

    • Final report from Students Executive Board of the year 2018
    • Preparation of Students Executive Board of the year 2019’s inauguration
    • Dismissal of Students Executive Board of the year 2018

We look forward to your presence. Thank you for your attention.

Palu, April 9, 2019
President of Student Executive Board 2018

Sam Young

No:
Subject:
Attachment: 1 piecesThe Honorable Mr. DarmonoWe write this letter to request your presence at the internal meeting of Senyum Indonesia Foundation. The meeting will be attended by all the foundation management from all the branches in Indonesia. The meeting will be held on:

Date:
Place:
Time:

In this annual meeting we will discuss about:

1. The evaluation of the previous President of the foundation
2. Discussing and planning the election of the new President of Senyum Indonesia 2016-2018 period.
3. Discuss the problem from all the branches of Senyum Indonesia.
4. Planing for the next meeting.

This is an important meeting for Senyum Indonesia Foundation. We hope all the stakeholders will be available. Thank you for your attention.

Sincerely,

Didi
Senyum Indonesia Foundation President

PT. Antah Berantah
Jl. Batu No. 211, Sorong Papua
Phone (0321) 135644

Sorong, December 9th, 2012

No:
Subject:
Attachment:

All the Head Branches

This year will pass in some days. The Management of the PT. Antah Berantah in the head office in Sorong want to invite all the heads of the company branches to attend the annual meeting. The meeting will be at:

Date:
Place:
Time:

This meeting will focus on all the 2012 year closing. It will cover:

1.

2.

3

4.

Please bring all the report needed during the 3 days annual meeting. You can bring only 3 people with you in this event. The family gathering will be held on December 31st, 2012. We attach the agenda and the report that has to be prepared in this meeting. The accommodation will be managed by the company.

Thanks

Brandon Edward

The Chief Manager PT. Antah Berantah

Lampung,  December 5, 2015
No. .              : … / ….. / … / 2015
It                   : Meeting Invitation
Attachment : –Dear .
District Head Lampung
in
placeDear Sirs ,

Along with this we expect the presence of Mr. / Mrs. on :

Day / Date : …………………
Time : ………………………….
Place : ………………………..
Event : Youth Regular meetings as well as the inauguration of the new board Kinden Youth Villages

Our True great father / mother can attend the event above .
Thus our invitation letter for this meeting , for your attention and willingness Mr. / Ms for the present we say thank you .

Sincerely,

Chairman of Youth

( ………………………. )

Secretary

( ……………………… )

Contoh Surat Undangan Ulang Tahun dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Undangan Ulang Tahun

To:
Please, Come to my 17th Birthday Party! And don’t forget to bring your sincere gift or present.Place:
Dress code:
Time:
Day/Date:
Games: Clown & Special Performances from Acetic Band!
I’m waiting for your coming! Come before 09.00 am and wear your casual dress!My greeting

Putra

Makassar, May 20, 2018

Dear my best friend

How are you, friend? I hope you’re okay
Oh yeah, I would you to Come to the 20th anniversary of me! Bring present your sincere and do not forget to pray for the Lord.

Place:MC Donald, Jl. Hang Tuah No. 123, Makassar
Clothing;Casual Apparel
Time:8.00 – 11.00 pm
Date:May 30, 2018

I’m waiting for you! Come before 8:00 p.m. and wear your casual wear!

Thank you for your attention friend

My sincere greeting,

Andika.

Jakarta, May 20, 2018

Dear, Hilda.

Hello my best friend, I will have a party for celebrating my birthday. It will begin on Saturday, June 14th, 2014 at 7 PM. It will be held in Light Cafe, Boulevard Street No. 12 North Jakarta. I do hope that you can come to gather with the other friends. See you!

If you have any questions, call me at 08123456789

Your best friend,

Jakarta, May 20, 2018

To : Ilham

Dear, my friend, please come celebrate my sweet 17th birthday party. Let’s dance together and enjoy the beginning of our new stage of life. Life is too short without fun time. There will also be indie band performances to light up the night. I invite you to treasure the moments together.

Place:Hanoman Hotel
Attire:Semi-formal Dress
Time:07.00 – 10.00 pm
Date:May 30, 2018

I am waiting for your presence. See you.

Best Regards,

Andika

To : Mr. Marcell Eilkens

Good day, Sir. I’m sorry i have disturb your enjoying time. What purpose of these is I want to invite you come to my birthday party. the party will be helding at :

Date:May 30, 2018
Time:19.30 pm
Place:Panoramic Hotel. Jl. Permadani No. 123, Jakarta

You will be presenting at my birthday regards by me

Regards,

Anton Sanjaya.

Demikianlah penjelasan mengenai Jenis-Jenis dan Contoh Surat Undangan dalam Bahasa Inggris. Beberapa referensi dan penjelasan diatas dapat diterapkan dan dipelajari perihal pemahaman terhadap surat undangan. Beberapa struktur dalam undangan harus ditulis dengan benar dan isi undangan ditulis dengan jelas. Dengan begitu, penerima surat undangan  akan mudah memahami tanpa terjadi kesalah pahaman. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.

Leave a Comment