Pengertian Intensive Pronoun, List Kata dan Contoh Kalimat

Intensive pronoun juga mirip atau identik dengan reflexive pronoun yang berfungsi sebagai kata ganti noun (kata benda) orang, manusia, tumbuhan dan sebagainya. Namun intensive pronoun ini jauh lebih menekankan kata ganti noun (kata benda) yang mengarah kepada kata tersebut. Kata ganti dalam bahasa inggris pada intensive pronoun menggunakan akhiran self untuk bentuk tunggal dan akhiran -selves untuk bentuk jamak untuk atesendennya dengan menekan kembali pada noun (kata benda) yang lebih dahulu disebutkan sebelumnya. Dengan demikian, intesive pronoun juga bisa disebut sebagai emphatic pronoun. Meskipun intensive dan reflexive pronoun sangat identik dalam penggunaannya sangat berbeda atau jauh lebih spesifik pada intensive pronoun meski keduanya menggunakan akhiran -self dan -selves.

Contoh Kata dan Kalimat Intensive Pronoun

Intensive pronoun fungsinya tidak begitu penting, namun kata ganti benda (noun) ini digunakan untuk jauh lebih menekankan pada kata benda (noun) yang jauh lebih dahulu disebutkan. Intensive pronoun dan reflexive pronoun memiliki akhiran self dan selves sebagai object pada untuk menunjukkan suatu object tertentu dalam sebuah kalimat. Intensive pronoun sering digunakan untuk menambahkan dalam kalimat dengan tujuan memperkuat pada sebuah pernyataan. Meskipun fungsi intensive pronoun tidak begitu penting, namun bisa memberi penekanan yang kuat pada sebuah kalimat dengan adanya kata ganti noun (benda).

Jenis-jenis kata intensive pronoun

Jenis kata intensiveContoh kalimat
HimselfHe himself should have positive thinking. (dia sendiri seharusnya mempunyai pikiran yang positif)
HerselfRiana knew that she herself will bring the good news. (Riana tahu bahwa dia sendiri akan membawa berita baik)
YourselfYou yourself should know the bad effect of smoking. (kamu sendiri seharusnya tahu dampak buruk dari merokok)
ThemselvesThe student knew that they themselves were responsible for doing their best on examination. (para murid tahu bahwa mereka sendiri bertanggung jawab untuk mengerjakan yang terbaik di ujian)
We ourselves are the ones who can tell the news about Jenna to his mother. (kami sendiri adalah orang yang bisa menceritakan kabar Jenna kepada ibunya)
Ourselves
MyselfI myself will always loving my mother. (saya sendiri akan selalu mencintai ibuku)
ItselfThe cat itself licking its fur all day. (kucing itu sendiri menjilati bulunya sepanjang hari)
YourselvesYou yourselves have done a good plan. (kamu sendiri yang telah mengerjakan rencana yang bagus)

Contoh latihan soal intensive pronoun
1. I……… like playing with the cat
2. They……… should arrive earlier
3. Dinna read to………
4. The dog……… licking the fur in the garden
5. We made…….. in big trouble
6. They……….. go to the party
7. You……… should be self sufficient
8. Santi sewed her mini dress……..
9. They already standing up by……… in the hospital
10. A bird dropped……… in the back yard

Demikian penjelasan mengenai kata ganti sebagai penegasan noun (kata benda) pada sebuah kalimat. Dengan memahami perbedaan intensive noun dan reflexive noun dengan baik maka dalam penggunaan kata ganti noun (kata benda) akan jauh lebih baik. Dalam penggunaan intensive pronoun ini hampir sama dengan reflexive pronoun namun fungsinya sedikit berbeda.

About Imam Khanafi