Contoh Soal Toefl Dan Pembahasannya (Structure And Written Expression)

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

TOEFL (Test Of English As A Foreign Language) adalah tes yang dilakukan untuk mengukur sejauh mana kemampuan Anda terhadap bahasa asing yaitu bahasa Inggris. Untuk test TOEFL sendiri terdiri dari 3 macam test. Pertama PBT (paper based test) TOEFL, selanjutnya CBT (computer based test) TOEFL, dan yang terakhir IBT (internet based test) TOEFL. Dalam beberapa jenis TOEFL tersebut, Soal toefl dan pembahasannya mengenai soal toefl structure and written expression sering digunakan sebagai materi yang dijadikan pertanyaan dalam test Toefl. Test ini ditujukan agar Anda lebih bisa mengidentifikasi bahasa inggris tertulis yang biasa digunakan dalam situasi yang lebih formal. Karena ekspresi dalam bahasa inggris yang Anda pelajari lebih ditujukan kepada conversation daripada tulisan formal.

contoh soal dan pembahasannya structure and written expression

Detail Soal toefl dan pembahasannya tentang soal toefl structure and written expression

Soal toefl dan pembahasannya tentang soal toefl structure and written expression yang biasanya ada dalam test terdiri dari dua bagian. Yaitu struktur kalimat atau yang biasa disebut sebagai structure dan ekspresi bahasa Inggris tulis / written expression. Dan inilah tips untuk menjawab soal structure and written expression beserta contoh soal dan pembahasannya :

  1. Selalu perhatikan bahwa Anda memastikan kesesuaian antara kalimat yang memiliki Subject dan Verb.

    Setiap kalimat dalam bahasa Inggris pasti memiliki komposisi subjek dan juga kata kerja (Verb) yang berguna sebagai penjelas kalimat. Dan jenis pertanyaan mengenai struktur tentang subjek dan verb inilah yang sering muncul dalam test toefl. Bisa saja soal yang muncul adalah kalimat yang dikosongkan bagian subjectnya, verbnya, atau justru keduanya. Maka Anda harus bisa menganalisa dengan baik untuk menjawabnya, agar lebih mudah perhatikan contoh soal berikut ini:

    Contoh soal structure :

    ________ was backed up for miles on freeway

    (a) Yesterday
    (b) In the morning
    (c) Traffict
    (d) Cars

    Jawaban : C (Traffict)

    Pembahasan dan jawaban :

    Pada soal di atas, adalah contoh soal dari kalimat yang mengandung verb atau kata kerja namun tidak memiliki subject yang jelasnya.  Maka C merupakan jawaban yang dianggap tepat karena kata kerja yang ada sebelum subjek menunjukkan subjek tunggal maka “traffic” adalah jawaban yang paling tepat. Meskipun “cars” adalah subjek, namun itu adalah subjek dalam  bentuk jamak sehingga tidak sesuai dengan verb yang ada dalam kalimat tersebut. Sedangkan untuk jawaban (A) dan (B) sudah jelas bukan subjek.

  2. Selalu berhati-hati dengan appositive yang ada di dalam kalimat

    Biasanya para pelaku test merasa terjebak dengan soal yang mengandung kalimat appositive yang ada dalam soal toefl dan pembahasannya mengenai soal toefl structure and written expression. Mereka salah menerka antara subjek dengan noun atau kata benda. Karena pasalnya appositive merupakan kata benda yang ada sebelum dan sesudah kata benda yang lain dalam satu kalimat, namun tetap memiliki keterikatan dan memiliki status yang sama sehingga bisa membuat bingung pembacanya. Nah, untuk lebih jelasnya perhatikan contoh soal dan pembahasan berikut ini :

    Contoh :

    _______, Sarah rarely misses her basketball shots

    (a) An excellent basketball player
    (b) An excellent basketball player is
    (c) Sarah is an excellent basketball player
    (d) Her excellent basketball play

    Jawaban : A ( An excellent basketball player)

    Pembahasan dan jawaban :

    A ( An excellent basketball player) merupakan jawaban yang paling tepat karena Sarah sendiri sudah menunjukkan sebuah subjek, maka Anda harus mencari appositive yang tepat untuk Sarah. Sedangkan B dan juga C adalah jawaban yang jelas salah karena keduanya hanya berisi kata kerja saja, dan apositive tidak membutuhkan kata kerja. Dan D adalah jawaban yang kemungkinan akan dipilih karena kata benda play yang mungkin menjadi apositive tetapi play di jawaban D lebih menunjukkan status  Sarah  sebagai pemain, maka jawaban ini salah.

  3. Berhati-hatilah pada present participle

    Bentuk kalimat yang mengandung present participle memiliki kata kerja yang memiliki imbuhan –ing di belakangnya seperti moving, playing, walking , dan contoh kata kerja lainnya. Biasanya dalam contoh soal struktur kalimat, Anda akan mengalami kebingungan karena sulit membedakan antara kata kerja (verb) dengan kata sifat (adjective). Sebagai contoh :

    1. Verb : The girl is standing in the corner (Anak perempuan itu sedang berdiri dipojok) / present participle bisa menjadi verb ketika didahului dengan be/to be.
    2. Adjective : The girl standing in the corner was very beautiful (Anak yang sedang berdiri di pojokan itu sangat cantik) / present participle menjadi adjective apabila tidak diiringi  dengan be/to be.

     

    1. Contoh soal structure :
      The child ______ playing in the yard is my son(a) Now
      (b) Is
      (c) He
      (d) WasJawaban : A

      Ketika Anda berpendapat bahwa playing adalah kata kerja maka ada kemungkinan bahwa Anda akan memilih B atau D sebagai jawaban Anda.  Karena Anda berpikir bahwa kata kerja membutuhkan be/ to be sebagai penyempurnaannya. Namun sayangnya jawaban tersebut salah, karena playing bukanlah kata kerja. Dan jika Anda mengamati playing dalam kalimat atas adalah participle adjective karena kalimat di atas sudah memiliki subjek yaitu child dan juga kata kerja yaitu is. Maka jawaban yang tepat adalah A atau Now.

    1. Contoh soal written expression :
      The midnight sun is (A) a phenomenon in which the Sun visible remains (B) in the sky (C) for twenty-four hours or longer (D)

      Pembahasan :

      Jawaban yang harus dibenarkan adalah visible remains menjadi remains visible karena dilihat dari kata kuncinya yaitu the sun yang mana kata the sun tersebut membutuhkan predicate bukanlah noun phrase. Jadi untuk menyempurnakan kalimat, seharusnya setelah kata the sun Anda harus menuliskan remains visible.

Di atas beberapa contoh soal toefl dan pembahasannya tentang soal toefl structure and written expression. Biasanya dalam test toefl Anda menemukan sebanyak 40 sampai 50 butir soal pilihan ganda setiap testnya. Dan waktu yang akan disediakan sebanyak 50-55 menit untuk bisa menyelesaikan soal secara keseluruhan. Anda akan menjumpai dua jenis soal atau bagian yang akan membahasa mengenai structure Anda written expression. Bagian pertama, Anda akan menjumpai 15 sampai 20 butir soal yang memiliki perintah untuk melengkapi. Disini, Anda harus memilih jawaban yang tepat dari keempat pilihan dengan mempertimbangkan beberapa hal yang akhirnya membuat Anda menemukan jawaban yang benar, seperti yang telah dijelaskan pada contoh soal di atas.

Kemudian bagian kedua, Anda akan menemukan antara 20 sampai 30 butir soal yang mengandung kalimat degan empat buah kata ataupun frasa yang telah digaris bawahi. Dan sebagai testter, Anda harus memilih bagian manakah yang sekiranya harus dibenarkan sehingga satu kalimat tersebut menjadi sempurna. Maka dari itu soal toefl dan pembahasannya tentang soal toefl structure and written expression ini sangat penting untuk Anda.

About Imam Khanafi