Contoh Soal Toefl Dan Pembahasannya (Sesi Reading Comprehension)

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

TOEFL (Tes of English as a Foreign Language) merupakan ujian yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berbahasa inggris khususnya logat Amerika. Ujian toefl ini sangat berguna bagi Anda karena toefl ini menjadi syarat oleh beberapa instansi atau lembaga dalam menyeleksi mahasiswa atau pun karyawannya. Oleh karena itu, sebelum melakukan ujian sebaiknya Anda mengetahui contoh soal toefl dan pembahasannya terlebih dahulu agar Anda dapat memahami beberapa tipe dari jenis soal-soal yang akan Anda kerjakan pada saat ujian. Ujian kemampuan ini biasanya dilakukan pada lembaga terkait dengan variasi tipe ujiannya adalah paper based testing dan computer based testing. Kedua sistem ini pada dasarnya memiliki tipe ujian yang sama melainkan yang membedakan ujian kemampuan berbahasa inggris ini adalah medianya. Paper based testing menggunakan media kertas sedangkan computer based testing menggunakan media komputer.

Dalam melakukan tes toefl baik dengan menggunakan media kertas maupun komputer, biasanya soal ujian dari toefl ini terdiri dari beberapa bagian diantaranya listening comprehension, reading comprehension, writing dan grammar structure and written expression. Bagian-bagian tersebut merupakan satu kesatuan dari rangkaian dalam menjalani tes toefl yang akan Anda kerjakan secara baik dan cermat. Skor penilaiannya pada pengujian kemampuan berbahasa inggris ini tergantung dengan media yang digunakan. Apabila Anda menggunakan media kerta maka skor penilaian berkisar 216-677 sedangkan apabila Anda menggunakan media komputer maka skor penilaian berkisar 450-550. Akan tetapi secara umum skor penilaian tes toefl ini adalah skor minimum sebesar 310 dan skor maksimum sebesar 660 (versi PBT).

contoh soal toefl sesi reading

Kunci Sukses Melakukan Tes Toefl Sesi Reading

Banyak orang yang beranggapan bahwa tes toefl pada sesi reading ini merupakan bagian yang paling mudah dalam tes tersebut. Namun, apabila Anda tidak cermat dan teliti dalam membaca teks yang terdapat dalam soal yang disajikan maka hal tersebut akan membuat malapetaka pada diri Anda. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan secara matang sebelum melakukan tes toefl ini dan melakukan tes secara berulang-ulang untuk mengetahui perkembangan dari toefl yang Anda miliki. Kunci sukses dalam melakukan tes toefl ini sangat sederhana sekali dimana Anda hanya perlu memahami jenis-jenis soal toefl khususnya pada bagian reading yang cukup mudah untuk dikerjakan, Anda pun perlu meningkatkan kemampuan kecepatan membaca dan memahami teks paragraf sehingga Anda dapat mendapatkan topik dan isi teks tersebut dalam waktu yang singkat, mampu memprediksi tipe pertanyaan yang mungkin akan muncul dari sebuah teks, menambah kumpulan kosa kata yang Anda miliki dan yang paling utama Anda memiliki strategi dalam menjawab semua pertanyaan dari soal tes toefl yang Anda kerjakan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Tips Meningkatkan Kecepatan Membaca

Toefl reading merupakan bagian dari tes toefl yang perlu Anda kerjakan dimana pada sesi ini Anda akan mendapatkan soal dengan jenis soal yang berupa bacaan (teks) yang banyak dan panjang dalam bentuk paragraf. Anda perlu mengalokasikan waktu yang Anda miliki untuk mengerjakan soal dari toefl reading ini dengan sebaik mungkin. Salah satu yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan tes toefl pada bagian sesi reading ini sebaiknya Anda mengetahui jenis soal dan memprediksi pertanyaan yang diperoleh dari soal tersebut adalah meningkatkan kemampuan membaca Anda dalam mengerjakan soal toefl. Berikut tips yang dapat Anda gunakan dalam meningkatkan kemampuan Anda dalam membaca bacaan yang berbahasa inggris dan panjang. Tips tersebut antara lain adalah:

  1. Pastikan Anda memiliki bola mata yang sehat dan dapat melihat tulisan dengan jelas (tidak samar) untuk memulai membaca bacaan berupa paragraf pada soal.
  2. Menghindari pengulangan kata yang dapat menghambat kecepatan membaca Anda.
  3. Memperluas jangkauan membaca Anda sehingga Anda akan membaca dari frasa ke frasa.
  4. Sebaiknya Anda membaca tanpa menggunakan suara (vokal) dan Anda hanya cukup membacanya dalam hati saja agar Anda dapat mempercepat kemampuan membaca Anda.
  5. Melakukan latihan membaca berbagai paragraf dari artikel berbahasa inggris.
  6. Menghitung waktu Anda dalam membaca paragraf berbahasa inggris dan juga jumlah kata yang Anda baca
  7. Menerapkan sistem finger tracking
  8. Tingkatkan perbendaharaan dari kata, model dan tipe artikel yang Anda baca dalam setiap harinya sehingga Anda akan lebih mudah dalam menyerap kata dalam berbahasa inggris dengan cepat.

Beberapa tips dalam meningkatkan kecepatan Anda dalam membaca penggalan paragraf soal tes toefl tersebut dapat Anda terapkan dalam mempersiapkan diri dalam mengikuti tes toefl yang Anda akan Anda ikuti. Menguasai kumpulan soal toefl pun sangat diperlukan untuk Anda agar dapat memahami bentuk soal yang akan Anda peroleh pada sesi reading. Baca dan pelajari kumpulan soal toefl reading dan pembahasannya.

Kenali Jenis Pertanyaan Pada Soal Toefl Sesi Reading

Mengenali jenis soal-soal toefl sesi reading ini sangat diperlukan untuk Anda. Dengan mengenali jenis pertanyaan soal toefl khususnya sesi reading ini maka Anda akan mendapatkan tambahan skor yang dapat meningkatkan nilai kemampuan berbahasa inggris Anda. Jenis pertanyaan yang biasanya akan Anda jumpai pada saat Anda melakukan tes toefl adalah pertanyaan mengenai topik atau tema, topik utama, dan isi dari penggalan paragraf tersebut sehingga dalam membaca teks tersebut pun Anda harus memahami topik dan tema dari teks tersebut. Kumpulan soal toefl reading dan pembahasan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dan media pembelajaran dalam mengenali pertanyaan dari soal tes toefl dapat Anda peroleh secara online dan offline.

Strategi Dalam Menjawab Soal Toefl Reading Comprehension

Tes toefl gampang-gampang sulit untuk dilakukan. Ada beberapa bagian tes yang perlu Anda kerjakan dengan baik dan cermat dimana salah satu bagian tes yang akan Anda kerjakan dan dapat meningkatkan nilai skor toefl Anda adalah sesi reading. Sesi reading ini dapat dibilang sebagai sesi yang sangat mudah dan menguntungkan bagi Anda karena setiap jawaban dari pertanyaan pada soal toefl sebagian besar tertera pada teks yang tersedia di dalam soal. Oleh karena itu, pada saat sesi reading ini alangkah lebih baiknya Anda manfaatkan dengan maksimal untuk dapat menutupi skor penilaian toefl pada bagian lain seperti listening dan juga grammar. Untuk itu, maka Anda perlu memiliki strategi yang cerdas dalam menjawab soal toefl sesi reading comprehension ini. Strategi sukses menjawab soal toefl yang dapat Anda terapkan adalah sebagai berikut:

  1. Membaca dengan benar dan teliti teks yang tersedia pada soal dan sebaiknya Anda menerapkan tips untuk meningkatkan kecepatan membaca Anda agar dapat mengalokasikan waktu ujian dengan sebaik mungkin.
  2. Melakukan skimming teks sebelum Anda beralih untuk membaca soal. Skimming ini dilakukan untuk mencari ide dan pokok bahasan dari teks yang Anda baca dengan cepat dan benar.
  3. Cek dan cermati pertanyaan yang terdapat pada soal sehingga Anda mengetahui bagian paragraf teks yang mana yang perlu Anda baca dengan cermat dan teliti.
  4. Melakukan scanning teks bacaan untuk menemukan topik atau tema dari teks.
  5. Pahami arti dari kata atau frasa dari teks yang mungkin baru Anda jumpai pada soal.
  6. Cek pertanyaan kembali sebelum Anda optimis untuk membaca agar Anda dapat menjawab dengan yakin pertanyaan tersebut
  7. Pelajari kumpulan soal toefl dan pembahasannya secara lebih intensif dan kontinu.

Menyusun dan menerapkan strategi dalam meningkatkan penguasaan soal toefl dari berbagai sumber dan referensi tentunya akan memudahkan Anda dalam mendapatkan skor toefl yang tertinggi dan Anda akan memiliki kemampuan dalam berbahasa inggris yang tinggi dan berkualitas. Tes toefl yang Anda lakukan saat ini telah banyak digunakan sebagai persyaratan masuk dan lulus kuliah baik S1, S2 dan S3, sebagai syarat mekanisme dalam dunia kerja untuk rekruitmen karyawan pada perusahaan-perusahaan tertentu dan jenjang kenaikan pangkat.

Kumpulan soal toefl reading dan pembahasannya sangat membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan belajar Anda dalam mendapatkan nilai toefl yang maksimal. Dengan memperoleh nilai toefl yang maksimal maka akan memberikan manfaat yang sangat banyak terutama bagi diri sendiri. Mempelajari hingga menguasai soal-soal sesi reading dari soal toefl ini dapat mempermudah Anda dalam melakukan tes toefl. Pada sesi ini merupakan sesi yang sangat menguntungkan bagi Anda dalam mengumpulkan poin nilai yang akan Anda peroleh dari tes toefl yang Anda lakukan. Apalagi jika Anda tidak terlalu paham dengan soal struktur grammar dan listening maka poin nilai untuk sesi reading ini akan sangat mengganggu Anda dalam menutupi nilai bagian tes toefl lainnya sehingga dalam pengerjaannya diperlukan ketelitian dan kecermatan karena mengingat bagian tes ini terdapat bacaan yang panjang hingga lebih dari satu paragraf. Anda pun perlu memperdalam dan memperbanyak perbendaharaan kosa kata bahasa inggris karena tipe pertanyaan pada bagian ini biasanya berupa perintah untuk mencari kesamaan kata, lawan kata dari kata tersebut, makna dari kata tersebut dan lain sebagainya. Mengenali tipe soal dan pertanyaan sejak dini atau dalam jangka waktu yang lama sebelum Anda melakukan tes toefl maka akan memberikan hasil yang lebih positif dari pada Anda tidak melakukan persiapan apa pun.

Contoh Soal Toefl Dan Pembahasannya

Tipe soal toefl pada dasarnya sangat bervariasi dan memiliki jenis yang berbeda-beda. Soal toefl reading dan pembahasannya yang tersedia baik pada buku yang memuat kumpulan soal toefl berbagai sesi atau pun jenis pada tes toefl maupun media internet dapat dijadikan sebagai referensi Anda dalam belajar toefl secara otodidak guna mendapatkan nilai toefl yang tinggi sehingga dapat Anda jadikan sebagai beberapa persyaratan seperti masuk kuliah, lulus kuliah, melanjutkan kuliah S2, bekerja dan lain sebagainya. Di bawah ini ada beberapa contoh soal toefl beserta pembahasannya yang dapat Anda gunakan sebagai bahan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berbahasa inggris Anda sehingga mendapatkan sertifikat dari hasil tes toefl yang akan Anda ikuti dengan nilai yang tinggi. Tipe soal di bawah ini merupakan soal untuk sesi reading yang berkaitan dengan kosa kata dan perbendaharaan kata (vocabulary).

Questions 1-10 refer to the following passage

Awarded the Nobel prize for physics in 1918, German physics Max Planck is best remembered as the originator of the quantum theory. His work helped user in a new era in theoretical physics and revolutionized the scientific community’s understanding of atomic and sub-atomic processes.

Planck intriduced an idea that led to the quantum theory, which became the foundation of twentieth century physics. In December 1900, Plnck worked out an equation that described the distribution of radiation accurately over the range of low to high frequencies. He had developed a theory which depended on a model of matter that seemed very strange at the time. The model required the emission of electromagnetic radiation in small chunks or particles. These particles were later called quantums. The energy associated with each quatum is measured by multiplying the frequency of the radiation, v, by a universal constant, h. Thus, energy, or E, equals hv. The constant, h, is known as Planck’s constant. It is now recognized as one of the fundamental constant of the world.

Planck announced his finding in 1900, but it was years before teh full consequences of his revolutionary quantum theory were recognized. Throughout his life, Planck made significant contributions to optics, thermodynamics and stastistical mechanics, physical chemistry, and other fields. In 1930, He was elected president of the Kaiser Wilhelm society, which was renamed the Max II. Though deeply opposed to the fascist regime of Adolf Hitler, Planck remained in Germany throughout teh war. He died in Gottingen on October 4, 1947.

  1. In which of the following fields did Max Planck NOT make a significant contribution?
    a) Optics
    b) Thermodynamics
    c) Stastistical mechanics
    d) Biology
  2. The word “revolutionary” as used in line 13, means…
    a) Dangerous
    b) Extremist
    c) Momentous
    d) Militarist
  3. It can inferred from the passage that Planck’s work led to the development of which of the following?
    a) The rocket
    b) The atomic bomb
    c) The internal combustion engine
    d) The computer
  4. The particles of electromagnetic radiation given off by matter are known as…
    a) Quantums
    b) Atoms
    c) Electrons
    d) Valences
  5. The word “universal”, as used in line 10 most nearly means…
    a) Planetary
    b) Cosmic
    c) Worldwide
    d) Always present
  6. The implication in this passage is that…
    a) Only a German physics could discover such a theory
    b) Quantum theory, which led to the development of twentieth century physics, is basically a mathematical formula
    c) Planck’s constant was not discernible before 1900
    d) Radiation was hard to study
  7. “An idea” as used in line 4, refers to…
    a) A model of matter
    b) Emission of electromagnetic radiation
    c) Quantums
    d) The equation that described the distribution of radiation accurately over the range of low to high frequencies
  8. The word “emission” as used in line 8 means…
    a) Giving off
    b) Holding on to
    c) Throwing away
    d) Taking back
  9. Planck’s constant, expressed in a mathematical formula, is…
    a) e = v/h
    b) E = h/v
    c) e = h-v
    d) E = hv
  10. What is known as Planck’s constant?
    a) v
    b) h
    c) e
    d) E

Jawaban dan Pembahasan

  1. (d)
    Apabila Anda membaca dengan cermat beberapa paragraf di atas, maka Anda dapat menemukan jawaban nomor satu pada paragraf terakhir dimana menyatakan empat bidang yang dikontribusikan oleh Planck dan bidang biologi tidak disebut dalam paragraf tersebut sebagai kontribusi dari planck
  2. (c)
    Dapat dilihat penemuan Planck bersifat positif sehingga Anda memerlukan kata yang memiliki sifat positif dari ke empat opsi tersebut.  Oleh karena itu, “revolutionary” memiliki arti yang hampir sama dengan “momentous”.
  3. (b)
    Paragraf pertama menyatakan hasil karya Plank memberi jalan ditemukannya bom atom dan bukan merupakan ke dalam penemuan-penemuan lain yang diakibatkan oleh percobaan Plank seperti yang disebutkan dalam paragraf “revolutionized the scientific community’s understanding of atomic and sub-atomic processes.
  4. (a)
    Bacaan diatas secara langsung menyatakan bahwa partikel dari elektornagnetik radiasi  dinamakan quantums.
  5. (d)
    Dari opsi jawaban pada soal tersebut maka “always present” yang memiliki kesesuaian arti dengan “universal” sebab opsi jawaban yang lain berkaitan dengan istilah geografi atau astronomi yang membuatnya tidak sesuai apabila disamakan dengan arti “universal”.
  6. (b)
    Kalimat, “Thus energy, or E, equal hv.” Sudah cukup mewakili apabila teori kuatum merupakan ilmu matematika dasar bukan yang lainnya.
  7. (d)
    Ke empat opsi jawaban memang terdapat dalam paragraf semua akan tetapi opsi jawaban d merupakan opsi yang paling tepat karena “Idea” lebih merujuk pada “equation”
  8. (a)
    Gerakan yang digambarkan di dalam frasa adalah “Giving off”. Maka pada kalimat “required the emission of electromagnetic radiation in small chunks or particles” telah membuktikannya.
  9. (d)  “Thus energy, or E, equals hv” merupakan bentuk kata dari persamaan “E = hv” maka opsi jawaban (d) pilihan yang tepat.
  10. (b)
    “The constant, h, is known as Planck’s constant.” Merupakan bukti kalimat yang menyatakan (b) h sebagai jawaban yang benar.

Melakukan tes toefl pada dasarnya sangat mudah apabila Anda mengetahui trik dan strategi dalam mengerjakan soal toefl tersebut. Untuk menambah mempermudah Anda dalam mengerjakan soal toefl reading maka Anda perlu mempelajari contoh soal toefl reading dan pembahasannya sehingga Anda dapat memahami semua jenis soal dari sesi reading pada tes toefl dan menguasai semua jenis dari tes toefl yang akan Anda ikuti. Selain Anda memperdalam kemampuan Anda dalam mengerjakan soal toefl sesi reading ini Anda pun perlu mempelajari sesi tes toefl lainnya seperti writing, listening dan juga struktur grammar.

About Imam Khanafi

One Response to “Contoh Soal Toefl Dan Pembahasannya (Sesi Reading Comprehension)”

Read below or add a comment...

  1. aiwa sama says:

    very usefull, i like it

Leave A Comment...

*