Contoh Soal TOEFL dan Pembahasannya (Sesi Listening)

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language ialah sebuah tes yang dilakukan oleh non native speaker yang ingin mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang dengan menjawab berbagai pertanyaan yang telah disediakan. Mengenai nilainya tentu saja tergantung dari banyaknya soal yang bisa dijawab benar. Kemudian adanya soal TOEFL dan pembahasannya kini pun menjadi salah satu solusi untuk menghadapi tes yang satu ini. Dengan latihan soal-soal TOEFL, persiapan tes ini akan semakin matang dan bisa membantu banyak orang untuk dapatkan nilai TOEFL yang tinggi.

Dalam TOEFL, nantinya para peserta tes akan diuji dengan berbagai kategori pertanyaan dalam bahasa Inggris seperti Listening, Reading, Structure and Written Expression dan Writing. Mengenai Writing Comprehension, disini para peserta akan diukur kemampuannya dalam memahami cara menulis dalam bahasa Inggris. Sedangkan untuk Structure and Written Expression yaitu sangat terkait dengan grammar atau tata bahasa Inggris. Reading Comprehension akan menilai kemampuan membaca seseorang dalam memahami teks berbahasa Inggris dan Listening akan menilai seberapa paham seseorang dalam memahami teks lisan. Selain memahami teks lisan yang diperdengarkan, tidak jarang jika pertanyaan listening pun terkait dengan tata bahasa Inggris juga. Jadi, nantinya para peserta tes akan diperdengarkan dengan sebuah percakapan ataupun deskripsi yang kemudian diberi pertanyaan. Oleh sebab itulah banyak orang menilai jika Listening menjadi bagian tersulit dalam TOEFL.

Bagi yang ingin menjalani serangkaian tahapan TOEFL, salah satu hal yang wajib dilakukan ialah dengan melakukan simulasi atau latihan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar nantinya pada TOEFL asli para peserta telah terbiasa dan bisa dapatkan hasil yang lebih maksimal. Dalam latihan soal TOEFL listening dan pembahasannya ini, nantinya para peserta akan mengetahui setiap bagian dari sesi Listening dalam tes.

Pada sesi Listening Comprehension TOEFL, ada 3 bagian tes yang akan dilewati oleh semua peserta dengan jumlah total pertanyaan berjumlah 50 soal. Bagian tes tersebut ialah Part A, Part B dan Part C. Berikut penjelasan lengkap mengenai hal tersebut.

  1. Part A atau Bagian A ialah bagian yang terdiri 30 soal berupa dialogue ataupun short conversation. Jadi nantinya para peserta akan diperdengarkan dengan percakapan singkat sebelum diberi pertanyaan.
  2. Part B atau Bagian B ialah bagian yang terdiri dari 7 hingga 8 pertanyaan berupa long conversation. Para peserta nantinya akan diberi percakapan panjang untuk menjawab semua pertanyaan.
  3. Part C atau Bagian C ialah bagian yang terdiri dari 11 hingga 13 pertanyaan berupa deskripsi panjang. Nantinya sebuah pernyataan akan diperdengarkan sebelum pertanyaan diberikan.

Dalam pengerjaannya, para peserta akan diberikan waktu sekitar 35 hingga 45 menit sehingga setiap soalnya hanya diberi waktu menjawab 12 sampai 15 detik saja.
contoh soal toefl listening

I. Contoh Soal TOEFL Listening – Part A (Short Conversation atau Dialogue)

Pada Part A, Anda akan diperdengarkan dengan 30 percakapan singkat dari dua orang yang mana setiap percakapan akan diikuti dengan satu pertanyaan. Para pembicara hanya akan berbicara satu kali saja. Anda harus dengan cermat memperhatikan setiap dialog yang diutarakan oleh para pembicara untuk dapat menjawab semua pertanyaan yang akan diajukan terkait dengan percakapan tersebut. Khususnya ialah apa yang akan diutarakan oleh pembicara kedua sebab kata kunci biasanya ada pada pembicara ini. Agar bisa menjawab semua soal pada bagian ini, berikut tips dan triknya soal TOEFL dan pembahasannya untuk Anda.

Pada Part A ini, akan ada petunjuk pada lembar soal yang diberikan sehingga Anda wajib memperhatikannya secara seksama.

Inilah contoh petunjuk dalam latihan soal TOEFL Listening Part A.

Directions

In Part A, you will hear short conversation between two speakers. At the end of each conversation a third voice will ask a question about what was said. The question will be spoken just one time. After you hear a conversation and the question about it, read the four possible answers and decide which one would be the best answer to the question you have heard. Then on your answer sheet find the number of the problem and mark your answer.

Petunjuk

Pada Part A, Anda akan mendengar percakapan pendek dari dua pembicara. Setiap akhir percakapan, sebuah suara orang ketiga akan bertanya pertanyaan tentang apa yang telah diungkapkan. Pertanyaan akan diucapkan hanya satu kali. Setelah Anda mendengar percakapan dan pertanyaan, bacalah empat kemungkinan jawaban dan pilihlah jawaban terbaik dari pertanyaan yang telah Anda dengar. Kemudian, temukan angka soal pada lembar jawaban Anda dan tandai jawabannya.

Setelah petunjuk di atas, Anda akan diperdengarkan dengan sebuah percakapan singkat berikut ini.

(Man)      : I am trying to find a book by author Sterling Watson. Do you know where I should look?

(Woman) : He’s a fiction writer, isn’t he? Log on to this computer. Click on fiction, and then search by author name. See? Oh, he has written quite a few books, although I’ve never heard of him.

(Man)    : His books were never in the top ten, but I like his style. I took a class from him at the University of Florida.

Narrator :  What does the man say about Sterling Watson?

Pilihan jawaban pada buku test Anda:

A. He is required to read one of his books but does not like his writing.

B. He has never read any of his works previously.

C. He appreciates his writing style.

D. He learned about his books from a computer.

Jawaban :  (C) He appreciates his writing style.

Keyword : I like his style

Pembahasan : Pernyataan yang dikatakan oleh laki-laki yaitu “His books were never in the top ten, but I like his style” ialah kuncinya. Dalam pernyataan tersebut telah sangat jelas terlihat jika buku si pengarang memang tidaklah begitu terkenal tapi si laki-laki suka dengan gaya penulisannya. Artinya ialah dia sangat menghargai semua tulisan dari si pengarang.

II. Contoh Soal TOEFL Listening – Part B (Long Conversation)

Pada Part B, Anda akan diperdengarkan percakapan panjang dari dua orang yang setelahnya akan ada beberapa pertanyaan mengenai percakapan tersebut.

Teks lisan pada setiap percakapan terdiri dari 140 hingga 290 kata dengan waktu 40 hingga 80 detik. Topiknya mengenai ilmu pengetahuan, sejarah atau organisasi universitas. Terkadang Anda pun harus memperhatikan berbagai informasi terkait dengan angka. Anda hanya memiliki waktu menjawab sekitar 12 detik untuk setiap pertanyaan.

Jika percakapan panjang telah selesai, beberapa pertanyaan akan diucapkan satu kali. Untuk itu, Anda baca tips dan triknya dalam latihan soal Listening Part B.

Berikut ialah contoh petunjuk dan soalnya.

Directions

In Part B, you will hear longer conversations. After each conversation, you will be asked some questions. The conversations and questions will be spoken just one time. They will not be written out for you, so you will have to listen carefully in order to understand and remember what the speaker says.

When you hear a question, read the four possible answers in your test book and decide which one would be the best answer to the question you have heard. Then, on your answer sheet, find the number of the problem and fill in the space that corresponds to the letter of the answer you have chosen.

 

Petunjuk

Pada Part B, Anda akan diperdengarkan dengan percakapan yang lebih panjang. Setelah percakapan, Anda akan diberikan beberapa pertanyaan. Percakapan dan pertanyaan hanya diucapkan satu kali. Percakapan tersebut tidak akan tertulis dalam lembar soal Anda sehingga Anda harus mendengarkannya secara cermat agar memahami dan mengingat apa yang dibicarakan oleh para pembicara.

Saat Anda mendengar satu pertanyaan, baca empat kemungkinan jawabannya pada buku soal dan tentukan salah satunya sebagai jawaban terbaik dari pertanyaan tersebut. Kemudian, Anda cari nomor soalnya dan tandai huruf yang menjadi jawaban pilihan Anda.

 

Setelah membaca petunjuknya, Anda akan mendengar percakapan panjang yang kemudian diikuti dengan beberapa pertanyaan.

(Man) :  I can’t believe we have to read this entire book by Monday.

(Woman) : Some teachers think you have nothing else to do besides prepare for their class.

(Man) : Well, my boss thinks the same thing about my job — that it’s the only thing I have to do.

(Woman) : Oh, I didn’t know you were working. What do you do?

(Man) : I do bookkeeping work for a small company on Saturdays. This weekend, I have to prepare end of the quarter reports to give to the accountant on Monday.

(Woman) : You’d better start reading soon.

Narrator :

  1. What does the man imply about the assignment?
  2. What does the man imply about some teachers?
  3. What does the woman suggest that the man do?
  4. What does the man say about his work?

Pilihan jawaban pada buku test Anda:

  1. A. It is too much to read in such a short time.
    B. He has already read the material
    C. He can read at work
    D. The teacher knows that he has a job
  2. A. They are understanding.
    They give thought-provoking assignments.
    They act like taking their class is the only thing a student has to do.
    They are unprepared.
  3. A. Skip work
    Begin work on the assignment as soon as possible
    Quit the class
    Stay up all night
  4. A. He does manual labor.
    He dislikes his job.
    His employer is very understanding.
    He works with figures.

Pembahasan soal-soal di atas:

  1. Jawab : (A) It is too much to read in such a short time
    Keyword : can’t believe

    Pembahasan :  Ungkapan laki-laki “can’t believe” mengindikasikan jika hal yang harus dilakukannya itu ialah sesuatu yang memberatkan.

  2. Jawab : (C) They act like taking their class is the only thing a student has to doKey word : Some teachers think you have nothing else to do besides prepare for their classPembahasan : Kalimat kata kunci mengindikasikan jika para guru tidak peduli dengan kesibukan para siswanya dan berfikir apabila para siswa hanya ikut kelas mereka saja.
  3. Jawab : (B) Begin work on the assignment as soon as possible
    Keyword :  You’d better start reading soon.Pembahasan : Kalimat yang ada pada kata kunci artinya ialah ada baiknya jika pembicara laki-laki harus segera memulai membaca secepatnya.
  4. Jawab : (D) He works with figures
    Keyword :  my boss thinks the same thing about my job

    Pembahasan :  Dari apa yang telah diucapkan pembicara laki-laki, dapat disimpulkan jika dia bekerja kepada orang lain.

III. Contoh Soal Listening – Part C (Talk)

Pada Part C, Anda akan diperdengarkan sebuah pernyataan pendek yang kemudian diikuti dengan beberapa pertanyaan. Biasanya, setelah pernyataan akan ada 3 hingga 7 pertanyaan.

Teks lisan setiap pernyataan terdiri dari 140 hingga 290 kata dalam 40 hingga 80 detik. Topiknya beragam mulai dari sejarah, organisasi universitas, ilmu pengetahuan hingga informasi yang berkaitan dengan angka. Pada bagian ini, setiap pertanyaan kira-kira harus dijawab dalam 12 detik saja.

Apabila pernyataan telah selesai, Anda akan mendengar pertanyaan yang hanya diucapkan satu kali.

Inilah contoh latihan soalnya.

Directions

In Part C, you will hear several talks. After each talk, you will be asked some questions. The talks and questions will be spoken just one time. They will not be written out for you, so you will have to listen carefully in order to understand and remember what the speaker says.

When you hear a question, read the four possible answers in your test book and decide which one would be the best answer to the question you have heard. Then, on your answer sheet, find the number of the problem and fill in the space that corresponds to the letter of the answer you have chosen.

 

Petunjuk

Pada Part C, Anda akan diperdengarkan dengan beberapa pernyataan. Setelah itu, Anda akan diberi pertanyaan yang diucapkan hanya satu kali. Pernyataan tersebut tidak akan tidak ditulis dalam lembar soal sehingga Anda harus mendengarkannya baik-baik untuk memahami dan mengingat apa yang pembicara katakan.

Saat Anda telah mendengar pertanyaan, baca 4 kemungkinan jawabannya pada buku soal dan pilihlah satu jawaban terbaik atas pernyataan yang telah diperdengarkan. Kemudian, cari nomor pertanyaannya dan pilihlah jawaban yang sesuai dengan pernyataan sebelumnya.

 

Apabila Anda membaca petunjuknya, kini baca soal dan tips serta trik pada latihan soal Listening Part C.

 

Script Ceramah atau Pernyataan pada Part C

The reason we’re meeting today is to introduce the plan for our new office layout. Starting next month, instead of cubicles, we will have an open office. There will be no cubicle walls or partitions. Instead, desks will be arranged in clusters for each department. The desks in each department will be facing each other in clusters of four or six. We feel this will facilitate better communication between workers in each departments. It will also create a more welcoming environment for clients.

The department managers will still have their own offices, but each will have large windows and glass doors, to make employees and clients feel welcome to come inside. We’re also going to paint the walls and put in new carpeting. The project will start on the first of next month and should take about three weeks to complete. We will be moving to the third floor during that period.

 

Script Pertanyaan dari Narrator

  1. What is the speaker mainly discussing ?
  2. What does the speaker say about the new layout?
  3. What is NOT true about plans for the office?

 

Pilihan jawaban pada buku tes Anda:

  1. A. An office renovation
    Building construction
    A marketing campaign
    New carpeting
  2. A. The desks will be facing away from each other.
    Department managers will sit in cubicles.
    It will increase the number of sales to clients.
    It will improve employee communication.
  3. A. The walls will be painted.
    New carpeting will be installed.
    Work will begin next year.
    The work will take three weeks.

Jawaban soal-soal di atas:

    1. Jawab : (A) An office renovationKeyword : our new office layout

      Pembahasan : Dari kata kunci di atas, Anda bisa tahu jika kantor tersebut nantinya akan direnovasi.

    2. Jawab : (D) It will improve employee communication.

Key word : will facilitate better communication

Pembahasan : Frasa “better communication” pada kata kunci memiliki makna yang sama dengan frasa “improve communication”

    1. Jawab : (C) Work will begin next year

Keyword : not true; start on the first of next month

Pembahasan : Karena dimulai pada bulan berikutnya yang mana membutuhkan waktu sekitar tiga minggu, maka dari itu pernyataan yang salah atau tidak benar ialah pekerjaan akan dimulai pada tahun depan.

Itulah penjelasan mengenai contoh latihan TOEFL Listening Comprehension. Tentu saja, dengan adanya soal TOEFL listening dan pembahasannya, para peserta nantinya akan lebih siap dalam menghadapi TOEFL Listening Comprehension yang dianggap sulit sebab harus mendengarkan semua percakapan hingga ceramah dalam bahasa Inggris. Dengan adanya contoh soal tersebut, tentu saja para peserta akan jauh lebih terbiasa untuk mendengarkan percakapan maupun pernyataan dalam bahasa Inggris. Untuk lebih memahami TOEFL, para peserta bisa berlatih soal TOEFL dan pembahasannya lainnya seperti Reading Comprehension ataupun Structure and Written Expression.

Leave a Comment