Contoh dan Jenis Surat Pribadi Bahasa Inggris

Sebelum mengetahui dan memahami surat pribadi beserta contohnya, anda harus tahu arti kata tersebut. Menurut KBBI, surat adalah kertas dan sebagainya yang bertulis (berbagai-bagai isi, maksudnya); secarik kertas dan sebagainya sebagai tanda atau keterangan;  sesuatu yang ditulis; yang tertulis; tulisan. Sedangkan pribadi berarti manusia sebagai perseorangan (diri manusia atau diri sendiri); keadaan manusia sebagai perseorangan.

Jadi, surat pribadi adalah alat komunikasi antara seseorang dengan seseorang yang dituju, yang berisi tulisan, pernyataan, suatu kabar, harapan, dan tanggapan yang sesuai dengan keinginan dari penulis surat tersebut.

Fungsi Surat

Terdapat beberapa fungsi surat, yaitu:

  • Sebagai sarana pemberitahuan informasi atau kabar
  • Sebagai sarana permintaan
  • Menyatakan buah pikiran, ide, dan gagasan
  • Sebagai sebuah alat pengingat seperti pada Memo
  • Bukti historis telah melaksanakan atau menyatakan suatu hal
  • Pedoman kerja

Jenis-Jenis Surat

Surat memiliki dua jenis yakni surat pribadi dan surat resmi, berikut adalah ulasan mengenai perbedaannya

a. Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk menyampaikan kepentingan pribadi atau bisa di bilang surat yang tujuannya hanya untuk seseorang atau menghubungkan antarpribadi . Surat ini yang di tujukan  antara sesama teman atau keluarga. Ciri-ciri surat pribadi diantaranya

  • Tidak menggunakan kop surat
  • Tidak ada nomor surat
  • Salam pembuka dan penutup beragam dan lebih fleksibel
  • Menggunakan bahasa bebas yang sesuai keinginan dari si penulis
  • Format tulisan surat bebas.

Meskipun tidak termasuk surat resmi namun dalam surat pribadi tentunya harus memperhatikan etika dan sopan santun dalam penulisannya serta tidak boleh menggunakan bahasa yang semaunya.

Contoh dari surat pribadi adalah surat izin dari orang tua untuk sekolah, surat cinta dari pacar, surat undangan ulang tahun, surat kepada sahabat, surat kepada ibu, surat untuk teman terbaik, dan lain-lain.

b. Surat Resmi

Surat resmi ialah sebuah surat yang digunakan untuk kepentingan resmi dan tujuan formal, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi, misalnya undangan, surat edaran dan surat pemberitahuan.

Contoh dari surat resmi adalah surat undangan, surat edaran dari suatu organisasi atau instansi, dan surat pemberitahuan. Ciri-ciri dari surat resmi yaitu:

  1. Menggunakan kop surat apabila dikeluarkan organisasi atau instansi resmi pemerintah
  2. Ada nomor surat, lampiran, dan perihal
  3. Menggunakan salam pembuka dan penutup yang lazim dan sesuai
  4. Penggunaan ragam bahasa resmi
  5. Menyertakan cap atau stempel dari lembaga resmi
  6. Ada aturan format baku dalam bahasa surat

Nah itu tadi perbedaan surat pribadi dan surat resmi. Surat pribadi bisa ditulis dalam berbagai bahasa baik bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Perancis, dan masih banyak lagi tergantung kebutuhan dan situasi kondisi. Namun, dalam pembahasan kali ini, kita akan mengulik lebih dalam tentang surat pribadi dalam bahasa Inggris atau biasa disebut personal letter. Belajar menulis surat pribadi dalam bahasa Inggris juga bisa menjadi cara untuk menambah ketrampilan menulis dan menghafal kosakata dalam bahasa Inggris.

Struktur Personal Letter/ Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris

Untuk mengetahui cara menulis surat pribadi, tentunya harus mengetahui bagian-bagiannya atai format surat tersebut. Surat pribadi, juga dikenal sebagai surat ramah, dan catatan sosial biasanya memiliki lima bagian. Berikut ini adalah format surat pribadi seperti pembuka surat pribadi, penutup surat pribadi, dan isi surat pribadi.

Bagian pembuka surat pribadi,

  1. Heading
    Bagian ini terdiri dari alamat, baris demi baris, dengan baris terakhir adalah tanggal. Lewati garis setelah tajuk. Olah karena itu, bagian ini biasanya dianggap penting karena berisi alamat si pengirim dan penerima. Alamat harus benar demi ketersampaian pesan. Namun, di era teknologi seperti sekarang, surat bisa dikirim dalam bentuk email dan juga tidak terlalu formal dalam heading. Terkadang, si penulis tidak perlu menuliskan alamat di bagian awal surat dan langsung menuju ke sapaan untuk penerima. Hal ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang sudah kenal dekat satu sama lain.
  1. Salam
    Salam selalu berakhir dengan koma. Salam mungkin formal, dimulai dengan kata “Dear” dalam bahasa Inggris dan menggunakan nama atau hubungan yang diberikan orang itu, atau mungkin informal jika sesuai.Formal: Dear Uncle Jim, Dear Mr. Wilkins,
    Informal: Hi Joe, Greetings,

    terjemahannya

    Formal: Paman Jim yang Terhormat, Yang Terhormat Tuan Wilkins,
    Informal: Hai Joe, Salam,
    (Terkadang salam yang sangat pribadi dapat diakhiri dengan tanda seru untuk penekanan.)

Bagian isi surat pribadi

  1. Tubuh atau isi surat
    Bagian isi surat pribadi juga dikenal sebagai teks utama. Bagian ini termasuk pesan yang ingin Anda tulis. Biasanya dalam surat pribadi, awal paragraf diindentasi. Jika tidak lekukan, pastikan untuk melompati spasi di antara paragraf. Lewati satu baris setelah salam dan sebelum penutupan.
  1. Penutup
    Bagian penutup surat pribadi berisi ungkapan simpulan dari apa yang telah disampaikan secara menyeluruh. Biasanya berisi tentang harapan, pesan, dan kesan dari si penulis.
  1. Pelengkap pentutup
    Ungkapan singkat ini selalu beberapa kata dalam satu baris. Itu berakhir dengan koma. Itu harus diindentasi ke kolom yang sama dengan heading. Lewati satu hingga tiga spasi (dua biasanya) untuk garis tanda tangan.
  1. Tanda tangan atau nama terang
    Ketik atau cetak nama Anda. Tanda tangan tulisan tangan berada di atas garis ini dan di bawah penutup. Garis tanda tangan dan kolom tanda tangan diindentasi ke kolom yang sama dengan bagian penutup. Tanda tangan harus ditulis dengan tinta biru atau hitam. Jika surat itu cukup informal, Anda dapat menghilangkan garis tanda tangan dan menggantinya cukup dengan nama anda.

Nota bene. Jika surat Anda mengandung catatan tambahan, mulailah dengan menulis P.S. (Post script) dalam bahasa Inggris dan akhiri dengan inisial Anda. Lewati satu baris setelah garis tanda tangan untuk memulai naskah tambahan.

Contoh Surat Pribadi Dalam Bahasa Inggris beserta Terjemahannya

contoh surat pribadi

Setelah belajar mengenai definisi surat pribadi beserta format suratnya, berikut adalah berbagai contoh surat pribadi dengan berbagai tujuan. Contoh surat disajikan dalam dua bahasa, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sebagai terjemahannya.

Contoh 1 

 

495 West Village Way
Suite 975
New York, New York
10023-6825January 15, 2020
Mavis Jamieson
880 West 60th Street
Suite 1850
New York, New York
10025-5745

 

Dear Mavis:

Please accept my heartiest congratulations on your recent selection for inclusion on the short-list for the NY City Writers Prize.

I just heard the news today from Francis Goodspeed when she dropped into my office with the marked-up proofs for her latest collection of stories. As you can imagine, Fran was very excited too!

I am so proud of you. As you know, I have been a longtime promoter of your work, and in my mind it’s about time they finally recognized your talent. In fact, I believe that your selection for the NYCWP short-list is long overdue.

I have already read two of the other books that are short-listed and in my opinion, they don’t hold a candle to your “No Turning Back”. I will read the other three books nominated and let you know what I think. Although, I could hardly be considered an objective reviewer on this one!

Once again Mavis, my sincere congratulations on your nomination. Just being nominated for the NYCWP is an honor in itself. I will be keeping my fingers crossed for you until they announce the winner on March 1st.

Sincere best wishes,

 

Brad Merchant


Terjemahannya

 

495 West Village Way
Suite 975
New York, New York
10023-6825January 15, 2020
Mavis Jamieson
880 West 60th Street
Suite 1850
New York, New York
10025-5745
Halo Mavis:

Ku ucapkan selamat atas terpilihnya dirimu baru-baru ini yang telah dimasukkan dalam daftar the NY City Writers Prize.

Aku baru saja mendengar berita hari ini dari Francis Goodspeed ketika dia berkunjung ke kantor dengan bukti-bukti yang ditandai untuk koleksi cerita terbarunya. Seperti yang bisa kamu bayangkan, Fran juga sangat senang mendengarnya!

Aku sangat bangga padamu. Seperti yang kamu tahu, aku telah lama menjadi promotor pekerjaanmu, dan menurutku sudah waktunya mereka akhirnya mengenali bakat mu. Bahkan, aku percaya bahwa terpilihnya dirimu sebagai daftar NYCWP sudah lama tertunda.

Aku sudah membaca dua buku lain yang masuk dalam daftar tersebut dan menurut pendapatku mereka tidak seperti buku “No Turning Back” milikmu. Aku akan membaca tiga buku lainnya yang dinominasikan dan memberi tahu mu pendapatku. Meskipun, saya hampir tidak bisa dianggap sebagai peninjau obyektif yang satu ini!

Sekali lagi Mavis, selamat atas terpilihnya dirimu. Menjadi nominasi untuk NYCWP adalah suatu kehormatan tersendiri. Aku akan tetap menyemangatimu sampai mereka mengumumkan pemenang pada 1 Maret.

Salam hangat,

 

Brad Merchant

 

Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris tentang Ulang Tahun

 contoh surat pribadi tentang ulang tahun

 

Contoh 1

December 5, 2019

Frank and Joan LeRoy
245 Mansfield Drive
Wiltshire, CT 06897

 

Dear Frank and Joan,

As David’s first birthday approaches, I wanted to take this opportunity to write to wish YOU a Happy Birthday as well.

While a child hardly realizes the significance of a first birthday, to the parents it is a wonderfully joyous occasion as they pause and reflect on the events of the past year (and 9 months :-). I don’t have to tell you, but profound changes have taken place in your life such as lost sleep, sacrifice of personal time, juggling of schedules, etc.

With all of these changes though, it is so wonderful to have and to hold a child created in the image of God Himself. The Bible tells us in Genesis 1:26:

“And God said, let us make man in our image, after our likeness…” What an awesome thought! That we are created in the image of God!

He also assures us that He knows our future, and as a matter of fact has it all planned out if we will only follow that plan. Jeremiah 29:11 – For I know the thoughts that I think toward you, saith the Lord, thoughts of peace, and not of evil, to give you an expected end.

It is my hope that as the years pass, you will continue to make the church an important part of David’s life. This will serve to give him a foundation for the storms and trials that no doubt lies ahead.

Again, Happy Birthday to YOU, and if there is anything, I can do to help you, please don’t hesitate to contact me.

In Christ’s Love,

 

Rev. Arthur Morrissey


Terjemahannya
 

 

5 Desember 2019

Frank dan Joan LeRoy

245 Mansfield Drive

Wiltshire, CT 06897

 

Frank dan Joan yang terhormat,

Menjelang ulang tahun pertama David, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menulis surat untuk mengucapkan Selamat Ulang Tahun untuk anda berdua juga.

Sementara seorang anak hampir tidak menyadari pentingnya ulang tahun pertama, bagi orang tua itu adalah peristiwa yang sangat menggembirakan karena mereka berhenti sejenak dan merenungkan peristiwa tahun lalu (dan 9 bulan :-). Saya tidak harus memberi tahu Anda, tetapi perubahan besar telah terjadi dalam hidup Anda seperti kurang tidur, pengorbanan waktu pribadi, jadwal yang runtut, dan lain-lain.

Dengan semua perubahan ini, sungguh luar biasa memiliki dan membesarkan anak yang diciptakan menurut citra Tuhan sendiri. Alkitab memberi tahu kita dalam Genesis 1:26:

“Dan Tuhan berkata, Marilah kita menjadikan manusia menurut citra kita, setelah rupa kita …” Betapa luar biasa pikiran itu! Bahwa kita diciptakan menurut citra Tuhan!

Dia juga meyakinkan kita bahwa Dia tahu masa depan kita, dan faktanya semuanya sudah direncanakan jika kita hanya akan mengikuti rencana itu. Yeremia 29:11 – Karena aku tahu pikiran-pikiran yang aku pikirkan kepadamu, firman Tuhan, pikiran damai, dan bukan kejahatan, untuk memberimu akhir yang diharapkan.

Adalah harapan saya bahwa seiring berlalunya tahun, Anda akan terus menjadikan gereja sebagai bagian penting dari kehidupan David. Ini akan berfungsi untuk memberinya landasan bagi masalah dan cobaan yang pasti ada di depan.

Sekali lagi, Selamat Ulang Tahun untuk anda, dan jika ada yang bisa saya lakukan untuk membantu Anda, jangan ragu untuk menghubungi saya.

Dalam Cinta Kristus,

 

Pendeta Arthur Morrissey

Contoh 2

Dear Romina,

On this day you are meeting another year of life, I write this message because you are a very special cousin. Since we were little, we have always been close and have always been like a sister.

Each of the experiences we have lived together has helped us to further strengthen our beautiful relationship.

We have some differences, but that has not been any problem. I really esteem you my dear cousin, by your side I always get great steps. You’re a very sweet girl who always spread me your joy.

I love your sense of humor and your way of dealing with confidence issues. I want to thank you because I know I can always count on you and you have never let my confidence down.

You have a great inner and outer beauty, so I know that someday will appear the charming prince you are looking for.

I wish you all the best today that you are fulfilling another year of life and want to ask God to bless you so all your dreams can come true. Have a nice day and many happy years.

Your beloved sister,

 

Alexandra


Terjemahannya

 

Romina tersayang,

Pada hari ini kamu menghadapi tahun kehidupan yang lain, aku menulis pesan ini karena kamu adalah sepupuku yang sangat istimewa. Sejak kecil kita selalu dekat dan selalu seperti saudara perempuan sekandung.

Setiap pengalaman yang kami jalani bersama telah membantu kami untuk lebih memperkuat hubungan indah kami.

Kita memiliki beberapa perbedaan, tetapi itu tidak menjadi masalah. Aku benar-benar menghargaimu sebagai sepupu tersayang, di sampinmu, aku selalu mendapatkan kebahagiaan. Kamu adalah gadis yang sangat manis yang selalu menebarkan kegembiraan bagiku.

Aku suka selera humormu dan caramu menghadapi masalah kepercayaan diri. Aku ingin mengucapkan terima kasih karena aku tahu aku selalu dapat mengandalkan mu dan kamu tidak pernah membuat kepercayaan diri ku menurun.

Dirimu memiliki kecantikan luar dan dalam yang hebat, jadi aku tahu bahwa suatu hari nanti akan muncul pangeran menawan yang kamu cari.

Aku berharap yang terbaik untukmu hari ini agar kamu bisa menjalani kehidupan tahun ini dengan lebih baik dan ingin meminta Tuhan memberkati mu sehingga semua impianmu dapat menjadi kenyataan. Semoga harimu menyenangkan dan banyak kebahagiaan.

Sepupumu tercinta,

 

Alexandra

 

Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris untuk Ibu

Contoh 1

Dear Mom,

 

I know it isn’t, much but I’ve decided to write you a little letter to tell you everything you mean to me.

I was looking for cards for you the other day, something that you would like, and that could get my point across but wasn’t too mushy. It’s a hard compromise to make. So I said to myself “Self, why not make her a card?” But then I was thinking about it today, and I’m not the most poetic.

So here I am writing you a letter, something I probably haven’t done since I stopped believing in Santa *wink*.

To express in words everything that you are to me would be like trying to fill the Grand Canyon one grain of sand at a time, but I’m going to try.

Everything I love about myself comes from you. My eyes, my ability to smile and laugh at myself. My perseverance, and ability to tell myself “It’ll all turn out in the end”. You taught me everything about life, from the most basic things like tying my laces and saying my ABC’s to much more complex things. Loving myself, simply because you love me, and complete understanding of others. You told me once that I’m to independent for a man. You are the one who taught me that independence, I’m happy being myself, you trust my opinion and always keep an open mind to what I have to say, not many adults have that respect for kids. You always listen to me and allow me to make my own mistakes. I’m sure you’ve watched me walk into situations that you knew were going to hurt, but the thing that lets me know how much you care is that you let me go into them. Had I been totally sheltered from life I’d never learn, and when life pushed me around you always gave me your shoulder and ear, and the strength to push back. I’ve always pulled through.

Remember grade 3 and Miss Dunnett? How I’d cry because of her? You always listened to me then, even though, looking back I realize my qualms were so frivolous.

Your so self-less, it amazes me. I asked you SO MANY times what you wanted for Mother’s Day, but you couldn’t think of your wants! “Get me an ink jet” “what do you want to get me?”

It’s so hard to find something this year because I realized that I don’t give you as much credit as you deserve, flowers don’t do you justice. I want to pamper you, I want to hire an astronaut to write how much I love you on the moon.

I can’t express in words what you give to me without even knowing it. You’re doing an amazing job being my mother, and I don’t think I tell you enough.

I feel as though I take you for granted sometimes, and maybe you even take yourself for granted.

So today is your one day a year to be spoiled, one measly little day to focus on you rather than everyone else, when you’ve given every day of your life for the past 16 years to me.

I can’t imagine my life with anyone else. I don’t even want to imagine it.
Happy Mother’s Day!

I’ll always have you to thank for everything I am.

Love you every day of the year

 

Your daughter


Terjemahannya

Ibuku tersayang,

 

Aku tahu ini tidaklah banyak, tetapi aku telah memutuskan untuk menulis surat kepada mu untuk memberi tahu seberapa berartinya dirimu bagiku.

Aku mencari kartu ucapan untukmu tempo hari, sesuatu yang Ibu inginkan, dan itu bisa menyampaikan maksudku tetapi tidak basi. Ini adalah kompromi yang sulit untuk dilakukan. Jadi aku berkata pada diriku sendiri, “Mengapa tidak buatkan dia kartu ucapan sendiri?” Tetapi kemudian aku memikirkannya hari ini, dan aku bukan yang paling puitis.

Jadi disini kutuliskan apa yang aku pikirkan tentangmu, sesuatu yang mungkin belum pernah ku lakukan sejak saya berhenti percaya pada Santa.

Untuk mengungkapkan segala sesuatu tentang ibu bagiku akan seperti mencoba mengisi Grand Canyon satu butir pasir pada satu waktu, tetapi aku akan terus mencoba.

Segala sesuatu yang ku sukai tentang diriku berasal dari Ibu. Mataku, kemampuanku untuk tersenyum dan menertawakan diriku sendiri. Ketekunanku, dan kemampuan untuk mengatakan pada diri sendiri “Semuanya akan berubah pada akhirnya”. Ibu mengajari mengajariku segala sesuatu tentang kehidupan, dari hal-hal paling mendasar seperti mengikat tali sepatu dan mengatakan ABC hingga ke hal-hal yang jauh lebih kompleks. Mengasihi diriku sendiri, hanya karena kamu mencintaiku, dan melengkapi pemahaman orang lain. Ibu pernah mengatakan kepada aku bahwa aku harus mandiri untuk seorang pria. Ibu adalah orang yang mengajari ku kemandirian itu, dan aku senang menjadi diriku sendiri, Ibu memercayai pendapatku dan selalu menjaga pikiran terbuka terhadap apa yang harus aku katakan, tidak banyak orang dewasa yang menghargai anak-anaknya. Ibu selalu mendengarkanku dan membiarkanku melakukan kesalahan sendiri. Aku yakin ibu telah menyaksikanku berjalan ke dalam situasi yang ibu tahu akan menyakitkan, tetapi hal yang membuat aku tahu seberapa besar perhatian ibu adalah Ibu membiarkanku masuk dan berusaha berjuang ke dalamnya. Seandainya aku benar-benar terlindung dari kehidupan, aku tidak akan pernah belajar, dan ketika kehidupan menekanku, Ibu selalu memberiku bahu dan telinga, dan kekuatan untuk mendorongku kembali sehingga aku selalu berhasil melampauinya.

Ingat saat aku kelas 3 dan Nona Dunnett? Bagaimana aku menangis karena dia? Ibu selalu mendengarkanku saat itu, meskipun, melihat ke belakang aku menyadari keraguanku sangat rapuh.

Ibu yang begitu mandiri, membuat saya takjub. Aku sering bertanya kepada ibu beberapa kali apa yang ibu inginkan untuk hari ibu tetapi ibu tidak dapat memikirkan keinginan ibu sendiri! “Ambilkan aku ink jet” “apa yang ingin kamu ambilkan untukku?”

Sangat sulit untuk menemukan sesuatu tahun ini karena aku menyadari, bahwa aku tidak memberi ibu balasan sebanyak mungkin yang pantas ibu dapatkan. aku ingin memanjakan ibu, aku ingin mempekerjakan seorang astronot untuk menulis di bulan berapa banyak Aku mencintaimu.

Aku tidak bisa mengungkapkan dengan kata-kata apa yang Ibu berikan kepadaku tanpa menyadarinya. Dirimu melakukan pekerjaan yang luar biasa menjadi ibu saya, dan aku rasa aku tidak sering mengatakan hal ini.

Aku merasa seolah-olah aku menganggapmu sudah sepantasnya, dan mungkin Ibu bahkan menganggap diri ibu begitu saja.

Jadi hari ini adalah satu hari mu dalam satu tahun untuk dimanjakan, satu hari yang sangat sedikit untuk fokus pada mu daripada orang lain, ketika ibu telah memberikan setiap hari dalam hidup ibu selama 16 tahun terakhir padaku.

Aku tidak bisa membayangkan hidupku dengan orang lain. Aku bahkan tidak ingin membayangkannya.

Selamat Hari Ibu!

Aku selalu berterima kasih atas semua yang aku lakukan.

Aku mencintaimu setiap hari sepanjang tahun

 

Putri mu


Contoh 2

 

Dear Mom,

 

This day is very special for us all and for that I want to dedicate a note in which I express how much I love you.

Today I am a happy person and thanks to always have given me unconditional love from the moment I came into this world. Thanks to you I have the happiest memories of all the stages of my life.

You have taught me so many important things in life and above all have given me the best example to see your efforts so that we might live well. You’re like an angel that God sent from heaven to look for us.

It is a great fortune that I have to have you as a Mother and know that despite the years go by; your love remains the same.

Today you meet another year of life and so we all will celebrate. Always remember that you are present in my heart because I love you so much Mom. Have a happy birthday.

Your beloved daughter

 

Mikaila


Terjemahannya

 

Ibu tersayang,

 

Hari ini sangat istimewa bagi kita semua dan untuk itu saya ingin mempersembahkan sebuah catatan di mana saya menyatakan betapa saya sangat mencintaimu.

Hari ini saya adalah orang yang bahagia dan terima kasih untuk selalu memberi saya cinta tanpa syarat sejak saya datang ke dunia ini. Terima kasih kepada Ibu, saya memiliki kenangan paling bahagia dari semua tahap dalam hidup saya.

Ibu telah mengajari saya begitu banyak hal penting dalam kehidupan yang terpenting telah memberi saya contoh terbaik untuk melihat upaya Ibu agar kita dapat hidup dengan baik. Ibu seperti malaikat yang dikirim Tuhan dari surga untuk mencari kami.

Ini adalah sebuah anugerah bahwa saya memilikimu sebagai seorang Ibu dan tahu bahwa meskipun tahun-tahun berlalu; cintamu tetap sama.

Hari ini Ibu bertemu satu tahun lagi dalam kehidupan sehingga kita semua akan merayakannya. Selalu ingat bahwa Ibu hadir di hatiku karena aku sangat mencintaimu Bu. Selamat ulang tahun.

Putrimu tersayang

 

Mikaila

Contoh Surat Pribadi Kepada Teman Tentang liburan

 

Contoh 1

Dear Hannah,

Thank you for your recent letter. It is so wonderful to hear from you! I am very glad that you had a good vacation.
As for me, I also spent a wonderful vacation. First, I lived with my parents in the garden. The weather was hot, and I swam a lot with my friends. We played soccer and rode bicycles.

And in August we went to Cyprus with my parents. It is a large island in the Mediterranean with a wonderful climate. We swam in the sea and were lying in the shade of huge eucalyptus trees. We traveled along the mountain paths and played tennis. Anyway, it was a memorable summer.

How did your academic year begin? Are there newcomers in your class? Any new subjects?

I’m sorry, I have to go to the sports section.

All the best!
Ivan


Terjemahannya

 

Untuk Hannah,

 

Terima kasih atas surat terbaru mu. Sangat menyenangkan mendengar ceritamu! Aku sangat senang kamu menikmati liburan yang menyenangkan.

Bagiku, aku juga menghabiskan liburan yang menyenangkan. Pertama, aku berkemah bersama orang tuaku di kebun. Cuacanya panas dan aku banyak berenang bersama teman-temanku. Kami bermain sepak bola dan mengendarai sepeda.

Dan pada bulan Agustus aku pergi ke Siprus bersama orang tuaku. Ini adalah pulau besar di Mediterania dengan iklim yang indah. Kami berenang di laut dan berbaring di bawah naungan pohon eukaliptus besar. Kami melakukan perjalanan di sepanjang jalur gunung dan bermain tenis. Bagaimanapun, itu adalah musim panas yang tak terlupakan.

Bagaimana tahun akademikmu dimulai? Apakah ada pendatang baru di kelas mu? Ada mata pelajaran baru?

Maaf, aku harus pergi untuk berolahraga.

Semua harapan yang terbaik untukmu!

 

Ivan

Contoh 2

Dear Paul,
Thank you for your letter. I’m so glad to hear from you.It’s great that you’re on vacation in Italy.

You ask me how I spent the summer. I rested at a youth camp on the lake Chebarkul is located in Chelyabinsk region in Russia. I cannot say that the summer was very hot, but at the camp we had fun. We play games, play sports, go to the disco. As for me, I really liked the large and beautiful lake. Moreover, I had a lot of new friends!

And you have many friends? Who’s best friend? Why are you friends with him?

Sorry, I must go. I look forward to hearing from you.

Best wishes,
Tanya


Terjemahannya

Untuk Paul,

 

Terima kasih atas suratmu. Aku sangat senang mendengar cerita darimu.

Sangat menyenangkan nampaknya bahwa kamu sedang berlibur di Italia.

Kamu bertanya kepada ku bagaimana aku menghabiskan musim panas. Aku ikut kegiatan di sebuah perkemahan pemuda di danau Chebarkul yang terletak di wilayah Chelyabinsk di Rusia. Menurutku musim panas tahun ini sangat panas, tetapi di perkemahan kami bersenang-senang. Kami bermain game, berolahraga, pergi ke disko. Bagi ku, aku sangat menyukai danau yang besar dan indah. Apalagi aku punya banyak teman baru!

Dan kamu punya banyak teman juga kan? Siapa teman terbaikmu? Kenapa kamu berteman dengannya?

Sudah dulu ya. Ku tunggu surat balasan darimu

Semoga sukses,

 

Tanya


Contoh 3

Dear Amina,

 

Thanks for your letter. Sorry for I haven’t written you for so long I was busy all this time. Well, I am very glad that you have passed all the exams! Congratulations! My holiday is over. I spent my holidays very well. I went out with my friends, read a lot of interesting books, watched tv, played computer games. I spent few weeks in a summer cottage with my grandparents. I helped my granny with the garden, watered plants, and gathered fruit and vegetables. Also, I was fishing with my grandfather. I enjoyed floating by boat, swimming in the river and helping my grandparents. During my summer holidays I made many new friends, read a lot of useful things. Now I feel ready to get back to school. I am happy to meet my friends and teachers. What about you? How did you spend your holidays? Did you like it? Sorry, I have to go. I must help my mum.

Best wishes,

 

Karina


Terjemahannya

 

Hai Amina,

 

Terima kasih atas suratmu. Maaf karena saya belum membalas suratmu begitu lama, saya sibuk selama ini. Baiklah, saya sangat senang kamu telah lulus dan berhasil dalam ujian! Selamat! Liburan saya sudah berakhir. Saya menghabiskan liburan saya dengan sangat baik. Saya pergi bersama teman-teman, membaca banyak buku menarik, menonton tv, bermain game komputer. Saya menghabiskan beberapa minggu di pondok musim panas dengan kakek dan nenek saya. Saya membantu nenek saya dengan berkebun, menyiram tanaman, dan mengumpulkan buah dan sayuran. Saya juga memancing dengan kakek saya. Saya menikmati naik perahu, berenang di sungai dan membantu kakek-nenek saya. Selama liburan musim panas, saya mendapat banyak teman baru, membaca banyak hal berguna juga. Sekarang saya merasa siap untuk kembali ke sekolah. Saya senang bertemu teman dan guru saya. Bagaimana dengan kamu? Bagaimana kamu menghabiskan liburanmu? Apakah kamu menyukainya? Maaf sampai disini dulu ya. Saya harus membantu ibuku.

Semoga sukses,

 

Karina

Contoh 4

Hi Sabrina

 

Thanks for your letter. It was great to hear from you the other day.
I saw that you asked me about my favorite day of the week.
It is definitely Friday.

Because there is my favorite subject. I like physical education. In PE class, we play football.
After school, we also play football as well. We relax our study stress by playing football.

In the evening, we usually go to a restaurant or friend’s house to have a party or sing songs.
The evening of Friday seems to be very short.
And I make some plans for the weekend.

I’d like to know what the day of the weekend you favorite.
Please write it in next letter.

Looking forward to your response.
Say hello to your family.

 

Lancer.


Terjemahannya

Hai Sabrina

 

Terima kasih atas suratmu. Senang rasanya mendengar cerita darimu tempo hari.

Saya kira bertanya tentang hari favorit saya dalam seminggu.

Hari favorit saya tentunya hari Jumat.

Karena ada pelajaran favorit saya. Saya suka pendidikan jasmani. Di kelas olahraga, kami bermain sepakbola.

Setelah sekolah, kami juga bermain sepak bola juga. Kami mengurangi stres belajar dengan bermain sepakbola.

Di malam hari, kami biasanya pergi ke restoran atau rumah teman untuk mengadakan pesta atau menyanyikan lagu.

Malam Jumat tampaknya sangat singkat.

Dan saya membuat beberapa rencana untuk akhir pekan.

Saya ingin tahu hari apa yang menjadi favoritmu.

Silakan tulis di surat berikutnya.

Saya tunggu balasan surat darimu.

Salam kepada keluargamu.

 

Lancer.


Contoh 5

Dear Sam,

 

Thank you very much for your letter, it is very nice.

This summer was a memorable one. In June, I went to a school camp. It was very interesting. There we were getting ready for the upcoming exams, went to the pool, a library, an exhibition hall, visited the archive, which stores old letters, newspapers, magazines, books on the Great Patriotic War.

July was the most memorable month. I spent it in Krasnodar with relatives. The weather was wonderful. All day long we swam in the Black Sea, sunbathed, examined the local attractions, visited the museum, cinema and a huge gift shop. The sea was so good I did not want to leave it.

August, I spent at home. I finally managed to read the book by Antoine de Saint-Exupery’s “Favorites”. I also began to learn Spanish. This language is very beautiful. In the evening, I was walked with friends, together we are having fun.

Tell us more about your visit to Crete.  What was the most unforgettable? What did you eat in the local restaurants?

I look forward to your next letter.

Lovingly yours,

 

Svetlana


Terjemahannya

Untuk Sam,

 

Terima kasih banyak atas suratmu, itu adalah kabar bagus.

Musim panas ini sangat mengesankan. Pada bulan Juni, saya pergi ke kamp sekolah. Itu sangatlah menarik. Di sana kami bersiap-siap untuk ujian yang akan datang, pergi ke kolam renang, perpustakaan, ruang pameran, mengunjungi arsip, yang menyimpan surat-surat lama, surat kabar, majalah, buku tentang Perang patriotik hebat.

Juli adalah bulan paling berkesan. Saya menghabiskannya di Krasnodar bersama kerabat. Cuacanya sangat bagus. Sepanjang hari kami berenang di Laut Hitam, berjemur, memeriksa atraksi lokal, mengunjungi museum, bioskop, dan toko-toko suvenir besar. Lautnya sangat bagus sehingga saya tidak ingin meninggalkannya.

Agustus saya habiskan waktu di rumah. Saya akhirnya bisa membaca buku “Favorite” karya Antoine de Saint-Exupery. Saya juga mulai belajar bahasa Spanyol. Bahasa ini sangat indah. Di malam hari, saya jalan-jalan dengan teman, kami bersenang-senang.

Ceritakan lebih banyak tentang kunjunganmu ke Crete. Apa hal yang paling tak terlupakan? Apa yang kamu makan di restoran lokal disana?

Saya tunggu balasan surat darimu.

Temanmu,

 

Svetlana


Contoh Surat Pribadi untuk Guru Dalam Bahasa Inggris 

contoh surat pribadi guru

Contoh 1

Dear Sir,

 

I hated you when I first met you. I hated the fact that you made me stand up straight. I hated the way you made me wear my uniform right. I hated the way you made me speak correctly. Most of all, I hated the way that you wouldn’t accept my work unless it was the best I could do. And the best always seemed more effort than I was willing to put in.

We had lots of arguments, at the start. I remember being kept in at lunch a lot. And despite my yelling and threats – even tears once or twice – I remember you never lost your temper. You were always patient with me. You always took the time to listen to me, whenever I wanted to be heard.

I look back upon that time as so important in the development of the person that I am today. You taught me discipline. You taught me dignity. Much more than English, which was what you were supposedly teaching me, you taught me that I could achieve more than what I or other people thought that I was capable of. I could be a success, instead of a clown.

For that lesson, I owe you so much.

Thank you.
A student (Year 11)

Terjemahannya

Pak Guru Yang terhormat,

 

Saya tidak suka anda saat saya pertama kali bertemu dengan anda. Saya tidak suka kenyataan bahwa Anda membuat saya berdiri tegak. Saya tidak suka cara Anda membuat saya mengenakan seragam saya dengan benar. Saya tidak suka cara Anda membuat saya berbicara dengan benar. Yang paling penting, saya tidak suka cara Anda tidak akan menerima tugas dan PR saya kecuali itu yang terbaik yang bisa saya lakukan. Dan yang terbaik selalu tampak lebih banyak upaya daripada yang ingin saya lakukan.

KIta saling beradu argumen, pada awalnya. Saya ingat sering dihukum saat jam makan siang. Dan meskipun saya berteriak dan mengancam – bahkan menangis sekali atau dua kali – saya ingat Anda tidak pernah marah. Anda selalu sabar dengan saya. Anda selalu meluangkan waktu untuk mendengarkan saya, kapan pun saya ingin didengar.

Saya melihat kembali pada waktu itu sebagai hal yang sangat penting dalam perkembangan orang seperti saya hari ini. Anda mengajari saya disiplin. Anda mengajari saya bermartabat. Lebih dari sekadar bahasa Inggris, yang seharusnya Anda ajarkan kepada saya, Anda mengajari saya bahwa saya bisa mencapai lebih dari apa yang saya atau orang lain pikirkan yang saya mampu. Saya bisa menjadi seorang yang sukses, bukan menjadi seorang pengecut.

Untuk pelajaran itu, saya sangat berhutang budi padamu.

Terima kasih.

 

Seorang siswa (Kelas 11)


Contoh 2

To my teacher:

 

If I had not had you as my teacher in Year 7, my life would be incredibly different. I’m not saying it would be bad – but you opened my eyes to what I could be, what I could do, in a way that I’ve never thought possible. You took a kid from Penrith and made him want to see the world and beyond.

I still remember one lesson where you told us about your hopes for your future when you were our age. I think you were meant to be talking about science, but it changed, and kind of became a life study. You told us about your regrets, and your successes, and for some reason, it all resonated with me, and I started to realize that anything really is possible.

You have changed my whole aspect on my learning, I wouldn’t be where I am today without you. Your encouragement and persistence in my junior years has taught me that I am who I am, and to get to the top, it’s all down to me. I am capable, but it will take hard work and lots of dedication.

Thank you,
Nick


Terjemahannya

Kepada guru saya,

 

Jika saya tidak bertemu dengan Anda sebagai guru saya di kelas 7 SMP, hidup saya akan sangat berbeda. Saya tidak mengatakan itu akan menjadi buruk – tetapi Anda membuka mata saya tentang apa yang saya bisa, apa yang bisa saya lakukan, dengan cara yang saya tidak pernah berpikir mungkin. Anda mengambil seorang anak dari Penrith dan membuatnya ingin melihat dunia dan seterusnya.

Saya masih ingat satu pelajaran di mana Anda memberi tahu kami tentang harapan Anda untuk masa depan Anda ketika Anda seusia kami. Saya pikir Anda ditakdirkan untuk berbicara tentang sains, tetapi itu berubah, dan menjadi semacam studi kehidupan. Anda memberi tahu kami tentang penyesalan Anda, dan keberhasilan Anda, dan untuk beberapa alasan, semuanya beresonansi dengan saya, dan saya mulai menyadari bahwa segala sesuatu benar-benar mungkin.

Anda telah mengubah seluruh aspek pembelajaran saya, saya tidak akan berada di tempat saya hari ini tanpa Anda. Dorongan dan kegigihan Anda di tahun-tahun pendidikan pertama saya telah mengajari saya bahwa saya adalah apa adanya saya, dan untuk mencapai puncak, semuanya tergantung pada saya. Saya mampu, tetapi akan membutuhkan kerja keras dan banyak dedikasi.

Terima kasih,

 

Nick


Contoh 3

Miss Catriona,

 

Thank you for your patience. Thank you for your time. Thank you for helping me with my homework. Thank you for setting me homework. Thank you for staying behind to help me, even when I know there are lots of other places you’d rather be. Thank you for keeping me company on camp when no one else was there. Thank you for not embarrassing me in front of my friends. Thank you for explaining things until I understand. Thank you for making me do my best. Thank you for being my teacher.

Your beloved student,

 

Sarah


Terjemahannya

Bu Catriona,

 

Terima kasih atas kesabaran Anda. Terima kasih atas waktu Anda. Terima kasih telah membantu saya dengan PR saya. Terima kasih telah memberiku tugas dan PR. Terima kasih telah berdiri di belakang untuk membantu saya, bahkan ketika saya tahu ada banyak tempat lain yang lebih Anda sukai. Terima kasih telah menemaniku di perkemahan ketika tidak ada orang lain di sana. Terima kasih karena tidak mempermalukan saya di depan teman-teman saya. Terima kasih telah menjelaskan banyak hal sampai saya paham. Terima kasih telah membuat saya melakukan yang terbaik. Terima kasih telah menjadi guru saya.

Muridmu tercinta,

 

Sarah

Contoh Surat Pribadi untuk Kakak Dalam Bahasa Inggris
contoh surat pribadi untuk kakak

Dear Frank,

 

Hi Big Brother,

First, I need to say thank you.

Thank you for paving the way for me when we were little.

You always gave the best advice and made sure that I wouldn’t make the same mistakes that you did.

Thank you for helping me face my fears, and reminding me that boys don’t actually have cooties…

I never thought I’d say this but, thank you for being so overprotective.

You may have threatened any boy who came my way, but I know that you meant well.

Between you and dad, it was like I had my own personal fortress against any and all boys who dared to enter.

Although I may have said some mean things to you in the past, I have some secrets to let you in on.

I have always looked up to you, and I still do.

I have always been proud to call you my brother.

Being related to you was the coolest thing about me and being like you in any way was the greatest accomplishment.

As we grew up and found our own paths, we continued to support one another.

I learned that no matter what happens, you’ll always be by my side.

I learned that you will always have my back, and you’ll never stop worrying about your little sister.

Thankfully, I’m finally old enough to appreciate this.

So thank you for being so caring, even when I was a bit of a pest.

Thank you for looking out for me, and always wishing me the best.

Thank you for showing me unconditional love even when it wasn’t deserved.

This love is mutual, so please never forget…

I love you forever and always,

 

your baby sister

 

Jean


Terjemahannya

Untuk Frank,

 

Hai Kakakku,

Pertama, ku ucapkan banyak terima kasih.

Terima kasih telah membuka jalan bagiku ketika kami masih kecil.

kau selalu memberikan saran terbaik dan memastikan bahwa aku tidak akan membuat kesalahan yang sama seperti apa yang kau lakukan.

Terima kasih telah membantuku menghadapi ketakutanku, dan mengingatkanku bahwa anak laki-laki tidak benar-benar memiliki kutu

Aku tidak pernah mengira kalau aku akan mengatakan ini, tetapi, terima kasih telah menjadi terlalu protektif.

Kau mungkin telah mengancam anak laki-laki yang menghampiriku, tetapi aku tahu kau bermaksud baik.

Antara kamu dan ayah, rasanya aku punya benteng pribadiku melawan siapa pun dan semua anak laki-laki yang berani masuk ke hidupku.

Meskipun aku mungkin telah mengatakan beberapa hal jahat kepadamu di masa lalu, aku memiliki beberapa rahasia untuk membiarkanmu masuk untuk melindungiku.

Aku selalu memperhatikan mu, dan aku masih melakukannya.

Aku selalu bangga menyebutmu kakakku, saudaraku.

Menjadi saudaramu adalah hal paling keren bagiku, dan menjadi seperti dirimu dengan cara apa pun adalah pencapaian terbesar.

Ketika kita tumbuh dan menemukan jalan masing masing, kita terus saling mendukung.

Aku belajar bahwa apa pun yang terjadi, kau akan selalu berada di sisiku.

Aku belajar bahwa kau akan selalu mendukungku, dan kamu tidak akan pernah berhenti mengkhawatirkan adik perempuanmu.

Untungnya,aku akhirnya cukup umur untuk menghargai ini.

Jadi terima kasih sudah peduli, bahkan ketika aku sedikit mengganggu.

Terima kasih telah memperhatikanku, dan selalu berharap yang terbaik untukku.

Terima kasih telah menunjukkan kepadaku cinta tanpa syarat bahkan ketika itu tidak pantas.

Cinta ini saling menguntungkan, jadi tolong jangan pernah lupakan …

Aku mencintaimu selamanya dan selalu,

 

Adik perempuanmu

 

Jean

Contoh Surat Undangan dalam Bahasa Inggris beserta Artinya

Contoh 1

495 West Village Way
Suite 975
New York, New York
10023-6825January 15, 2020
Nathan Stevenson
880 West 60th Street
Suite 1850
New York, New York
10025-5745
Dear Nathan,

I hope this letter/email finds you in the best of your health. My youngest son is getting engaged and I am writing this email/letter to invite you to the event. Your presence in the engagement ceremony would be delightful for the couple. Please join us for the dinner as well.

It would be amazing to see you at the function. Please let me know when you are booking the ticket, I will personally receive you at the airport. Waiting anxiously for your arrival.

Thank You,

 

Yours Truly,

 

James Wood


Terjemahannya

495 West Village Way
Suite 975
New York, New York
10023-6825January 15, 2020
Nathan Stevenson
880 West 60th Street
Suite 1850
New York, New York
10025-5745

 

Untuk Nathan,

Aku harap kabarmu baik saat menerima surat ini. Anak bungsuku akan segera bertunangan dan aku mengundangmu untuk ikut serta. Kehadiranmu di acara tersebut sangat dinantikan dan akan membuat acara menjadi semakin meriah. Bergabunglah untuk makan malam bersama kami juga.

Akan sangat menyenangkan jika kamu bersedia untuk datang. Beri tahu aku saat kamu ingin memesan tiket, aku akan menemui dan menjemputmu langsung di bandara. Sampai jumpa.

Terima kasih

 

Teman baikmu,

 

James Wood


Contoh 2

Dear Angga,

 

Well, another year has gone by for Clara and this year we have decided to do something a little different. We are hoping to be able to organize this event as discreetly as possible so that she doesn’t know what we are up to! We are planning details of the day and really do hope that you and Marcella will be able to join us in the celebrations. We are going to all meet at 3 pm on February 5th, 2020 at Bondi Beach Hotel. We will then all go together to meet Clara after work. She will be expecting only me … so we are all going to make sure that this birthday is a very memorable one! If you have any questions just give me a call and let me know if you will be able to make it!

 

Hope to see you there!

 

Brian Novorski


Terjemahannya

 

Untuk Angga,

 

Yah satu tahun telah berlalu untuk Clara dan tahun ini kami telah memutuskan untuk melakukan sesuatu yang sedikit berbeda. Kami berharap dapat mengatur acara ini selembut mungkin sehingga dia tidak tahu apa yang kami lakukan! Kami sedang merencanakan rincian acara dan benar-benar berharap bahwa Anda dan Marcella akan dapat bergabung dengan kami dalam perayaan tersebut. Kita akan bertemu pada pukul 3 sore pada 5 Februari 2020 di Hotel Bondi Beach. Kemudian kita semua akan pergi bersama untuk bertemu Clara setelah bekerja. Dia akan hanya mengharapkan saya … jadi kita semua akan memastikan bahwa ulang tahun ini sangat berkesan! Jika Anda memiliki pertanyaan, beri saya panggilan dan beri tahu saya jika Anda dapat melakukannya!

 

Semoga dapat bertemu Anda di sana!

 

Brian Novorski

Contoh Surat untuk Sahabat Pena Dalam Bahasa Inggris

 surat untuk sahabat pena

 

Dear Maya,

 

I often marvel at how incredibly lucky I am that you are part of my life –  I know we have known each other a while and yet, I seem unable to get accustomed to the fact that we are, and have stayed friends for so long, surmounting daunting hurdles and beating the odds that life presents at such short intervals.

Thank you for choosing to be my friend. I know that love is deliberate and not merely the output of coincidence, I know that on the day when you first walked into class on the first day of school in 5th grade, that I wasn’t merely a choice of chance, because I have seen incredible people come and go in both our lives and I know you choose to stay – regardless of all my whims and caprices.

I choose you too – to stay with you throughout the length of our lives and love you, at your best and worst, in mine as well – when convenient and when not convenient, and to fight to guard the precious gift that is our friendship for as long as we both walk this side of eternity.

I hope to see you soon; I miss you – June cannot come soon enough.

 

Love,

 

Greta.


Terjemahannya

Untuk Maria,

 

Aku sering kagum pada betapa beruntungnya diriku bahwa kamu adalah bagian dari hidupku- saya tahu kita sudah saling kenal cukup lama, namun, aku sepertinya tidak dapat terbiasa dengan kenyataan bahwa kita adalah, dan telah berteman lama, mengatasi rintangan yang menakutkan dan mengalahkan peluang yang diberikan kehidupan dalam interval yang begitu singkat.

Terima kasih telah memilih menjadi temanku. Aku tahu bahwa cinta itu disengaja dan bukan hanya hasil dari kebetulan, aku tahu bahwa pada hari ketika kamu pertama kali masuk kelas pada hari pertama sekolah di kelas 5, bahwa aku bukan semata-mata pilihan yang kebetulan, karena aku telah melihat dan bertemu orang-orang yang luar biasa datang dan pergi dalam kehidupan kita dan aku tahu kamu memilih untuk tetap – terlepas dari semua tingkah dan kemampuanku.

Aku memilihmu juga – untuk berteman denganmu sepanjang hidup kita dan menyayangimu, di titik terbaik dan terburukmu, di diriku juga – ketika nyaman dan ketika tidak nyaman, dan untuk berjuang untuk menjaga hadiah berharga yang merupakan persahabatan kita untuk selama kita berdua menjalani sisi keabadian ini.

aku berharap dapat bertemu denganmu segera; Aku merindukanmu – Bulan tidak lama lagi.

 

Temanmu tercinta,

 

Greta

 Contoh Surat Pribadi Singkat dalam Bahasa Inggris untuk Ibu

 Contoh 1

Dear Ma,

 

I am doing good. Hope you are doing great and you are in best of your health. Hope dad is also doing great.

Although we keep talking, it is high time that I thought that I should be writing. I have not been able to give you both sufficient time as I have been busy for the last couple of years settling down in my career. Although you are happy with what I have been doing, I terribly feel sad that I am not with you all. I have been staying so far off from you all, that I cannot be there for both the good and bad times. I do not even remember the last family photo in which we were clicked together. As a child when you and dad had brought me up, I really never knew that I was being born and being taken care by a wonderful set of parents who would imbibe a great set of values. I do feel privileged having come to this family and I am really grateful about it. You all had given your present for my future and I really cannot pay you back with anything except for good memories. I just wish that I become at least a percent of as wonderful a parent that you were.

What you have taught me and let me live is something which I cherish and hope that I will be able to imbibe this for the generations to come. At least I hope to do so. Do keep blessing me so that through your affection, I love people around me.

Just praying for your long life and health.

Your loving son,

 

Hory


Terjemahannya

Untuk Ibuku tersayang,

 

Saya berbuat baik. Semoga ibu baik-baik saja dan selalu sehat. Semoga ayah juga baik-baik saja.

Meskipun kita selalu berkabar lewat suara, sudah saatnya saya berpikir bahwa saya harus menulis. Saya belum bisa memberi kalian berdua waktu yang cukup karena saya telah sibuk selama beberapa tahun terakhir berjuang dalam karir saya. Meskipun ibu senang dengan apa yang telah saya lakukan, saya merasa sangat sedih bahwa saya tidak bersama kalian semua. Saya telah tinggal begitu jauh dari kalian semua, bahwa saya tidak bisa berada di sana untuk momen yang baik dan  yang buruk. Saya bahkan tidak ingat foto keluarga terakhir di mana kita difoto bersama. Sebagai seorang anak ketika Ibu dan ayah membesarkan saya, saya benar-benar tidak pernah tahu bahwa saya dilahirkan dan dirawat oleh kedua orangtua yang luar biasa yang akan menyerap banyak nilai. Saya merasa terhormat telah datang ke keluarga ini dan saya benar-benar bersyukur tentang hal itu. Kalian semua telah memberikan hadiah kalian untuk masa depan saya dan saya benar-benar tidak dapat membayarnya kembali dengan apa pun kecuali kenangan indah. Aku hanya berharap aku menjadi setidaknya satu persen dari orang tua yang sama indahnya denganmu.

Apa yang telah Ibu ajarkan kepada saya, dan biarkan saya hidup adalah sesuatu yang saya hargai dan berharap bahwa saya akan dapat menyerap ini untuk generasi yang akan datang. Setidaknya saya berharap bisa melakukannya. Tetaplah mendoakan saya sehingga melalui kasih sayang kalian, saya mencintai orang-orang di sekitar saya.

Semoga sehat selalu.

Anakmu yang penuh kasih,

 

Hory


Contoh 2

Dear Mom,

 

I received your letter yesterday. I am glad to know that you and dad are well. I am also fine here. I have adjusted to this new environment and am actually very happy here. My studies are also going well.

We have our exams from next Monday and studying madly for it though I managed to get some time to write you this letter. These exams are really vital for me as these marks are going to be added in the annual examination. Teachers here are very friendly, and they make me understand each and every topic. At the same time, I have some amazing friends who are always willing to help me in my studies. The last thing needed is just yours and daddy’s blessing for the examination.

I am ending my letter here. Convey my regards to dad also. I hope to visit you all once my exams are over. Bye!

 

Yours faithfully

 

Brian


Terjemahannya

Untuk Ibu tersayang,

 

Saya sudah menerima surat Ibu kemarin. Saya senang mengetahui bahwa Ibu dan ayah baik-baik saja. Saya juga baik-baik saja di sini. Saya telah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru ini dan sebenarnya sangat senang di sini. Studi saya juga berjalan dengan baik.

Kami akan menghadapi ujian dari hari Senin depan dan belajar dengan giat untuk itu meskipun saya bisa meluangkan waktu untuk menulis surat ini untuk Ibu. Ujian ini sangat penting bagi saya karena nilai ini akan ditambahkan dalam ujian tahunan. Para guru di sini sangat ramah dan mereka membuat saya mengerti setiap topik. Pada saat yang sama saya memiliki beberapa teman luar biasa yang selalu bersedia membantu saya dalam studi saya. Hal terakhir yang dibutuhkan hanyalah doa ibu dan ayah.

Saya mengakhiri surat saya di sini. Sampaikan salamku untuk ayah juga. Saya berharap dapat mengunjungi kalian semua setelah ujian saya selesai. Sampai jumpa!

 

Salam sejahtera

 

Brian

Contoh Personal Letter untuk Pacar

Contoh 1

11017 Ashley Dr.
Rockville, MD 21547September 5, 2019

 

My Dear Robert:

I was just reminiscing about Saturday evening; it was such a perfect night.

The subtle breeze made me shiver from time to time, but I’m so glad they had a table for us outside. What a wonderful way to spend an autumn evening.

Sitting across the table from you, listening to your fascinating stories, I was mesmerized.

You’re so passionate and intense when you speak of the things you love. I find that so attractive.

The wine you selected was perfect. Sipping it from the delicate glass enhanced the taste and it warmed my body as it filled up my insides.

Dinner was sumptuous. The pasta was so flavorful; I savored every bite, sucking each strand of linguini slowly through my pursed lips as I listened to you speak.

It was a luscious meal, and you were a delicious date.

I loved it after dinner when we sat there gazing into each other’s eyes sipping our wine. After each sip, the subtle taste of wine lingered on my lips, and I licked them so slowly, catching every last drop. And when you touched my lip with your finger, capturing that one drop of wine that I missed, and then licked your finger, a tingling sensation flooded my entire body.

After dinner, as we walked along the sidewalk hand-in-hand, I realized just how much I love being with you, sharing a meal with you, talking with you, and being a part of your life.

 

Love and affection,

 

Diana


Terjemahannya

 

11017 Ashley Dr.

Rockville, MD 21547

5 September 2019

 

Robert terkasih,

Aku teringat tentang Sabtu malam; itu adalah malam yang sempurna.

Angin sepoi-sepoi membuat saya menggigil setiap detik, tetapi aku sangat senang ada meja untuk kita di luar. Sungguh cara yang bagus untuk menghabiskan malam musim gugur.

Duduk di seberang meja dari mu, mendengarkan kisah-kisah menarikmu, aku terpesona.

Kau sangat bersemangat dan intens ketika berbicara tentang hal-hal yang kau sukai. Aku tahu itu sangat menarik.

Anggur yang kau pilih sempurna. Meneguknya dari gelas yang tipis meningkatkan rasanya dan menghangatkan tubuhku ketika masuk ke bagian dalam saya.

Makan malam itu mewah. Pasta itu sangat beraroma; Aku menikmati setiap gigitan, mengisap setiap helai linguini perlahan-lahan melalui bibirku yang mengerucut saat aku mendengarkanmu berbicara.

Itu adalah makanan yang lezat, dan kau kencan yang lezat.

Aku menyukainya setelah makan malam ketika kita duduk di sana menatap mata masing-masing sambil menyesap anggur kita. Setelah setiap tegukan, rasa anggur yang halus melekat di bibirku, dan aku menjilatnya begitu lambat, menangkap setiap tetes terakhir. Dan ketika kau menyentuh bibirku dengan jarimu, menangkap setetes anggur yang aku lewatkan, dan kemudian menjilat jarimu, sensasi kesemutan membanjiri seluruh tubuhku.

Setelah makan malam, ketika kita berjalan di trotoar bergandengan tangan, aku menyadari betapa aku sangat senang bersamamu, berbagi makanan denganmu, berbicara denganmu, dan menjadi bagian dari hidupmu.

 

Cinta dan kasih sayang,

 

Diana


Contoh 2

1735 Stanton Ave.
Richmond, VA 22045May 15, 2018

 

My Dear Cheryl,

Loving you is so easy.

There are so many reasons why I love you…

The little things you do, the simple gestures you make, the feelings and thoughts that you share with me. I adore the way you look, the way you move, and your infectious smile.

There are so many things to love about you!

Do you know I love it when you daydream, and you think no one is watching?

Do you know I love the way your eyes sparkle when you tell a funny story?

Do you know that I love the shape of your ears?

Do you know I love to watch you sleep?

I could go on and on.

It’s important to me that you know that I love you – and how much I love you.

So whatever it is that you are doing, thinking or saying, as you go about your day — know that I am there with you, loving you.

 

Much Love,

 

Nathan


Terjemahannya

 

1735 Stanton Ave.

Richmond, VA 22045

15 Mei 2018

 

Cherylku tersayang,

Mecintaimu sangat mudah.

Ada banyak alasan mengapa aku mencintaimu …

Hal-hal kecil yang kau lakukan, gerakan sederhana yang kau lakukan, perasaan dan pikiran yang kau bagi denganku. Aku mengagumi penampilanmu, caramu bergerak, dan senyummu yang menular.

Ada begitu banyak hal untuk kau sukai!

Apakah kau tahu aku suka ketika kau melamun dan kau pikir tidak ada yang memperhatikan?

Apakah kau tahu aku suka cara matamu berbinar ketika kau menceritakan kisah lucu?

Tahukah kau bahwa aku menyukai bentuk telingamu?

Apakah kau tahu aku suka melihatmu tidur?

Aku bisa meneruskannya lagi dan lagi

Penting bagiku bahwa kau tahu aku mencintaimu – dan betapa aku mencintaimu.

Jadi, apa pun yang kau lakukan, pikirkan atau katakan, saat kau menjalani harimu – ketahuilah bahwa aku ada di sana bersamamu, mencintaimu.

 

Salam cinta terkasih,

Nathan

Contoh Personal Letter untuk Guru

Contoh 1

Dear Teacher,

 

There are so many things I wish I would have said to you while I occupied a desk in your classroom, once I graduated, or anytime really. You deserved to know how I felt every single day, but I didn’t always say it, not because I didn’t care but because you were always incredible to me. I just grew to expect you to swoop in and planting a smile on my face. In case you didn’t know though, let me tell you exactly how I feel.

To me, you were everything rolled into one: teacher, parent, friend, and kick in the pants. I asked you to check my homework, wipe away my tears, keep my secrets, and motivate me on my worst days, and you never failed to do all of that and more. I can’t begin to thank you for playing all those roles because it has helped shape me into the person I am today. You’ll never know how much it meant to me that you’d take the time, even years after I’d been out of your class, to check in or to celebrate my successes with me. Making you proud was something I always aimed to do because I knew I was an extension of you, and I wanted you to know that your impact on me didn’t end the minute I left your class.

You were and always will be my hero. I will forever admire how you chose a profession that put countless others before yourself, and even with that, you always made me feel like I was the most important one. Truth be told, all your students felt that way. I will forever admire your spirit. Your love of life and the people in it filled my heart with a joy that has never faded. I also will forever admire your integrity. You didn’t tell me how to have character; you showed me. I watched you do what’s right even if it was hard. I watched you choose kindness when most others would have turned to anger, and I watched you work as hard as you could every day no matter how exhausted you were. You were the perfect example of how to live life.

You will always be with me. I may have been a kid when we first met, but even now, I think of you when something great happens because I want to tell you. I think of you when I am reminded of a lesson you taught me. I think of you when I make most decisions because I always wonder what you would do. I promise you that your legacy will forever live on in me.

Thank you. Thank you for every hug, lesson, smile, piece of advice, and vote of encouragement. You were never “just a teacher.” In fact, most days you were my favorite part about school. You’ve forever cemented a place in my heart that can never be replaced. I should have told you all of this every day, but I just assumed you knew.

 

Love always,

 

Your student


Terjemahannya

Guru yang terkasih,

 

Ada begitu banyak hal yang saya harap akan saya katakan kepada Anda ketika saya menempati meja di ruang kelas Anda, begitu saya lulus, atau kapan saja sungguh. Anda pantas tahu bagaimana perasaan saya setiap hari, tetapi saya tidak selalu mengatakannya, bukan karena saya tidak peduli tetapi karena Anda selalu luar biasa bagi saya. Saya baru saja tumbuh dan berharap Anda menukik ke dalam dan menanam senyum di wajah saya. Jika Anda tidak tahu, izinkan saya memberi tahu Anda secara persis bagaimana perasaan saya.

Bagi saya, Anda adalah segala sesuatu yang digulung menjadi satu: guru, orang tua, teman, dan sahabat terbaik. Saya meminta Anda untuk memeriksa PR saya, menghapus air mata saya, menjaga rahasia saya, dan memotivasi saya pada hari-hari terburuk saya, dan Anda tidak pernah gagal untuk melakukan semua itu dan masih banyak lagi. Saya bahkan tidak dapat memulai dengan berterima kasih kepada Anda karena memainkan semua peran itu telah membantu membentuk saya menjadi orang seperti saya hari ini. Anda tidak akan pernah tahu betapa berartinya bagi saya sehingga Anda meluangkan waktu, bahkan bertahun-tahun setelah saya keluar dari kelas Anda, untuk check-in atau merayakan keberhasilan saya bersama saya. Membuat Anda bangga adalah sesuatu yang selalu ingin saya lakukan karena saya tahu saya adalah penerus Anda, dan saya ingin Anda tahu bahwa dampak Anda pada saya tidak berakhir begitu saya meninggalkan kelas Anda.

Anda dulu dan akan selalu menjadi pahlawan saya. Saya akan selamanya mengagumi bagaimana Anda memilih profesi yang mengutamakan orang lain yang tak terhitung jumlahnya di depan Anda, dan bahkan dengan itu, Anda selalu membuat saya merasa seperti saya yang paling penting. Sejujurnya, semua siswa Anda merasakan hal itu. Aku akan selamanya mengagumi semangatmu. Cinta Anda akan kehidupan dan orang-orang di dalamnya memenuhi hati saya dengan sukacita yang tidak pernah pudar. Saya juga akan selamanya mengagumi integritas Anda. Anda tidak memberi tahu saya cara memiliki karakter; tapi Anda menunjukkannya pada saya. Saya melihat Anda melakukan apa yang benar meskipun itu sulit. Saya melihat Anda memilih kebaikan ketika kebanyakan orang lain akan berubah menjadi marah, dan saya melihat Anda bekerja sekeras yang Anda bisa setiap hari, tidak peduli seberapa lelahnya Anda. Anda adalah contoh sempurna tentang bagaimana menjalani hidup.

Anda akan selalu bersama saya. Saya mungkin masih kecil ketika kita pertama kali bertemu, tetapi bahkan sekarang, saya memikirkan Anda ketika sesuatu yang hebat terjadi karena saya ingin memberi tahu Anda. Saya memikirkan Anda ketika saya diingatkan akan pelajaran yang Anda ajarkan kepada saya. Saya memikirkan Anda ketika saya membuat sebagian besar keputusan karena saya selalu bertanya-tanya apa yang akan Anda lakukan. Saya berjanji kepada Anda bahwa warisan Anda akan selamanya hidup di dalam diri saya.

Terima kasih. Terima kasih untuk setiap pelukan, pelajaran, senyuman, nasihat, dan suara untuk semangat. Anda bukanlah “hanya seorang guru.” Bahkan, anda adalah bagian favorit saya tentang sekolah setiap hari. Anda selamanya tetap berada di hati saya yang tidak pernah bisa diganti. Seharusnya saya memberitahu anda semua ini setiap hari, tapi saya hanya berasumsi anda tahu.

 

Salam hangat,

 

Murid mu


Contoh 2

Dear Teacher,

 

I want you to understand, as much as I wish it were, this letter is not addressed to every teacher I have ever had. This letter is addressed to you: the teacher who stood out in front of them all. The teacher who inspired me to be my best all the time. The teacher who did not just expect to receive respect, but also gave it in return. The teacher who changed the way I think about education.

Firstly, I want to thank you for your patience and perseverance. I know your job has probably had more downs than ups, but if you would not have stuck through it, I wouldn’t have gotten the chance to be your student and gain such fulfillment from all you’ve taught me. Young people can be hard to deal with, and I truly admire your ability to come to work every day and deal with not only your own problems, but also ours.

Thank you for making me feel like I deserve to be heard. Before you, and, unfortunately, after you, I have experienced many teachers who just talk at us and expect us to take in everything he or she says. I have had teachers talk down to me and I have had teachers belittle me. Thank you for understanding that I have something important to say, and for letting me say it. Your faith in me has given me faith in myself, and for that I am eternally grateful.

Thank you for giving me someone to run to instead of running from. Thank you for your open-door policy and making me feel like I can talk to you about anything. So many of my teachers have made me feel too intimidated to really connect with them, but you made me feel like I can approach you with any problem, no matter the subject. In a time in my life when judgment and drama were so common, you were always there to listen to me vent or just hang out with during lunch instead of having to sit in the cafeteria.

Thank you for making class entertaining. Not every student enjoyed the subject you teach, but every student still enjoyed being in your classroom. Your mood was always positive, and it spread throughout the room. Thank you for finding a way to make us laugh, even when you were teaching about things many of us didn’t really care about. For many of us, our experience in your classroom was one of the primary reasons we enjoyed coming to school.

Finally, and most importantly, thank you for not just teaching me to pass the test, but teaching me to succeed in life. Not only did you give me the tools I needed to do well in your class, but you also gave me many of the tools I needed to do well in college and beyond. You never made us focus on studying for standardized tests, because you know that information is not what should stick with us when we leave your classroom. You made me feel like I could succeed, and then you taught me how to succeed.

I am writing you this letter because I want you to know how much what you do matters. You have been there for me and other students in a way parents, siblings, and friends could not be, and you have inspired me to become the best version of myself. I can imagine it gets tough having students come in and out of your classroom every year, and it can often feel like you are not making a difference in their lives in just a few short months, so, for this reason above all, I want you to know that you have made a profound impact on my entire life and I could not be more grateful to have known you. Thank you for teaching me.

 

Sincerely,

 

Your Former Student


Terjemahannya

Guruku yang terkasih,

 

Saya ingin Anda memahami, sebanyak yang saya inginkan, surat ini tidak ditujukan kepada setiap guru yang pernah saya punya. Surat ini ditujukan kepada Anda: guru yang berdiri di depan mereka semua. Guru yang menginspirasi saya untuk menjadi yang terbaik sepanjang waktu. Guru yang tidak hanya berharap untuk menerima rasa hormat, tetapi juga memberikannya sebagai balasan. Guru yang mengubah cara saya berpikir tentang pendidikan.

Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesabaran dan ketekunan Anda. Saya tahu pekerjaan Anda mungkin memiliki lebih banyak kesulitan daripada kemudahan, tetapi jika Anda tidak tahan dengan itu, saya tidak akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi siswa Anda dan mendapatkan kebutuhan dari semua yang telah Anda ajarkan kepada saya. Kaum muda bisa jadi sulit untuk dihadapi, dan saya benar-benar mengagumi kemampuan Anda untuk datang bekerja setiap hari dan tidak hanya menangani masalah Anda sendiri, tetapi juga masalah kita, murid anda.

Terima kasih telah membuat saya merasa layak untuk didengar. Sebelum Anda, dan, sayangnya, setelah Anda, saya telah menemui banyak guru yang hanya berbicara pada kami dan mengharapkan kami menerima semua yang dia katakan. Saya memiliki guru yang berbicara kepada saya dan guru saya meremehkan saya. Terima kasih telah memahami bahwa saya memiliki sesuatu yang penting untuk dikatakan, dan karena membiarkan saya mengatakannya. Kepercayaan anda kepada saya telah memberi saya kepercayaan diri, dan untuk itu saya sangat berterima kasih.

Terima kasih telah memberi saya seseorang untuk dikejar daripada dihindari. Terima kasih atas kebijakan pintu terbuka Anda, dan membuat saya merasa seperti saya dapat berbicara dengan Anda tentang apa pun. Begitu banyak guru saya yang membuat saya merasa terlalu terintimidasi untuk benar-benar terhubung dengan mereka, tetapi Anda membuat saya merasa saya bisa mendekati Anda dengan masalah apa pun, apa pun masalahnya. Dalam masa dalam hidupku ketika penghakiman dan drama begitu umum, kau selalu ada di sana untuk mendengarkanku curhat atau hanya bergaul saat makan siang alih-alih harus duduk di kafetaria.

Terima kasih telah membuat kelas yang menghibur. Tidak setiap siswa menikmati pelajaran yang Anda ajarkan, tetapi setiap siswa masih menikmati berada di kelas Anda. Suasana hati Anda selalu positif dan menyebar ke seluruh ruangan. Terima kasih telah menemukan cara untuk membuat kami tertawa, bahkan ketika Anda mengajar tentang hal-hal yang banyak dari kita tidak benar-benar pedulikan. Bagi kami semua, pengalaman kami di kelas Anda adalah salah satu alasan utama kami ingin datang ke sekolah.

Akhirnya, dan yang paling penting, terima kasih tidak hanya mengajari saya untuk lulus ujian, tetapi mengajari saya untuk berhasil dalam hidup. Anda tidak hanya memberi saya alat yang saya butuhkan untuk melakukannya dengan baik di kelas Anda, tetapi Anda juga memberi saya banyak alat yang harus saya lakukan dengan baik di perguruan tinggi dan di dunia luar. Anda tidak pernah membuat kami fokus untuk belajar untuk tes standar, karena Anda tahu bahwa informasi bukanlah yang seharusnya ada pada kami ketika kami meninggalkan kelas Anda. Anda membuat saya merasa seperti saya bisa sukses, dan kemudian Anda mengajari saya cara untuk berhasil.

Saya menulis surat ini kepada Anda karena saya ingin Anda tahu betapa pentingnya pekerjaan Anda. Anda telah berada di sana untuk saya dan siswa lain dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh orang tua, saudara, dan teman, dan Anda telah mengilhami saya untuk menjadi versi terbaik dari diri saya. Saya dapat membayangkan itu menjadi sulit ketika siswa masuk dan keluar dari ruang kelas Anda setiap tahun, dan sering kali terasa seperti Anda tidak membuat perbedaan dalam hidup mereka hanya dalam beberapa bulan singkat, jadi, untuk alasan ini semua, saya ingin Anda tahu bahwa Anda telah membuat dampak besar pada seluruh hidup saya dan saya tidak bisa lebih bersyukur telah mengenal Anda. Terima kasih telah mengajari saya.

 

Hormat kami,

 

Mantan murid Anda

Contoh Personal Letter Singkat

 Contoh 1

The Rogers
255 Ditchburn Road
Charleston, SC 29414
January 12, 20xx
Dear Joanne,

I really want to thank you for all of the trouble you went to entertaining the entire family over the past holiday season.

I know that you organize these holiday gatherings because you enjoy doing it and you love to have everyone get together at your place. Nevertheless, I just want to make sure that you understand how much the rest of us appreciate everything you do to make these get-togethers happen.

Having helped Susan organize a few much smaller social gatherings over the years I know how much work is involved. I realize how much planning and preparation you must have to do each and every year so that the entire extended family and assorted friends and acquaintances have a happy and fun holiday celebration. It’s amazing really, that you are able to do such a great job, year after year, in parallel with your other duties, both as a mom and an active volunteer worker!

So, Joanne, on behalf of everyone I want to express my sincere thanks to you for all that you do to assemble and entertain us during the holiday season. You really are the glue that holds our extended family together!

 

With love and admiration,

 

John


Terjemahannya

 

255 Ditchburn Road
Charleston, SC 29414
12 Januari 20xx 

Untuk Joanne,

Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih atas semua kesulitan yang kamu alami untuk menghibur seluruh keluarga selama musim liburan yang lalu.

Saya tahu kamu mengatur pertemuan liburan ini karena kamu senang melakukannya dan kamu senang semua orang berkumpul di tempatmu. Namun demikian, saya hanya ingin memastikan bahwa kamu memahami betapa kita semua menghargai apapun yang kamu lakukan untuk membuat acara kumpul-kumpul ini terlaksana.

Setelah membantu Susan mengatur beberapa pertemuan sosial yang jauh lebih kecil selama bertahun-tahun, saya tahu berapa banyak pekerjaan yang terlibat. Saya menyadari betapa banyak perencanaan dan persiapan yang harus kamu lakukan masing-masing dan setiap tahun sehingga seluruh keluarga besar dan berbagai teman dan kenalan memiliki perayaan liburan yang bahagia dan menyenangkan. Sungguh menakjubkan, bahwa kamu dapat melakukan pekerjaan yang hebat, tahun demi tahun, bersamaan dengan tugasmu yang lain, baik sebagai seorang ibu dan pekerja sukarela yang aktif!

Jadi Joanne, mewakili semua orang, saya ucapkan terima kasih yang tulus kepadamu untuk semua yang kamu lakukan untuk mengumpulkan dan menghibur kami selama musim liburan. kamu benar-benar adalah lem yang menyatukan keluarga besar kami!

 

Dengan cinta dan kekaguman,

 

John


Contoh 2

Chris Wellington
Kitchen Supervisor, Bargersville
500 Main Street
Salt Lake City, UT, 84101
April 30, 2017 

Dear Mr. Wellington

Tracy Caldwell and his family moved into our neighborhood 7 years ago and our families have been close ever since. Tracy, the eldest son, is a considerate and thoughtful person and we enjoy his company whenever he comes over to our house.

Tracy has always been a well-spoken and mature boy when he comes over to visit. He offers to lend a hand when we’re making dinner and asks if he can help with the dishes after a meal.

Although I don’t see Tracy’s schoolwork firsthand, my daughter tells me he is one of the brightest and most attentive students in their grade. This comes as no surprise. He has done various chores around our place, as well as his own, including mowing lawns, raking leaves, and a bit of gardening. He works efficiently and is quick and eager to learn new skills.

I think Tracy would prove to be a very capable member of your staff. You can contact me with any other questions you might have concerning Tracy’s suitability to your establishment.

Regards,

 

Graham Beasley
(505) 778-7988


Terjemahannya

 

Chris Wellington
Pengawas Dapur, Bargersville
500 Main Street
Salt Lake City, UT, 84101
30 April 2017 

Tuan Wellington yang terhormat

Tracy Caldwell dan keluarganya pindah ke lingkungan kami 7 tahun yang lalu dan keluarga kami sudah saling mengenal dekat. Tracy, putra tertua, adalah orang yang penuh perhatian dan bijaksana dan kami menikmati kebersamaannya setiap kali dia datang ke rumah kami.

Tracy adalah anak laki-laki yang pandai bicara dan dewasa ketika dia datang berkunjung. Dia menawarkan bantuan ketika kita membuat makan malam dan bertanya apakah dia bisa membantu dengan membersihkan piring setelah makan selesai.

Meskipun saya tidak melihat langsung pekerjaan sekolah Tracy, putri saya memberi tahu saya bahwa dia adalah salah satu siswa paling cerdas dan paling penuh perhatian di kelas mereka. Ini tidak mengejutkan. Dia telah melakukan berbagai tugas di sekitar tempat kami, serta pekerjaannya sendiri, termasuk memotong rumput, menyapu daun, dan sedikit berkebun. Ia bekerja secara efisien dan cepat serta bersemangat untuk mempelajari keterampilan baru.

Saya pikir Tracy akan terbukti menjadi anggota staf Anda yang sangat cakap. Anda dapat menghubungi saya dengan pertanyaan lain yang mungkin Anda miliki tentang kesesuaian Tracy dengan perusahaan Anda.

Salam,

 

Graham Beasley
(505) 778-7988

 

Surat pribadi merupakan jenis komunikasi tertulis yang merujuk pada kepentingan perorangan. Maka dari itu, surat pribadi menghubungkan satu orang dengan orang lainnya dan bukan dengan suatu kelompok ataupun komunitas. Surat pribadi biasanya berisi tentang kabar, pernyataan informasi, ucapan selamat dan terima kasih, dan lain sebagainya. Tidak heran banyak jenis surat pribadi yang dibuat seperti yang dipaparkan pada contoh. Tiap surat pribadi memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda sehingga gaya bahasanya pun juga harus menyesuaikan. Selain itu, format surat harus diperhatikan. Bagian surat terdiri dari pembuka surat pribadi, isi surat pribadi, penutup surat pribadi, tanda tangan atau nama terang, dan yang lainnya. Itulah sedikit pembahasan mengenai surat pribadi dalam bahasa Inggris dan contoh serta terjemahannya, semoga bermanfaat.

Leave a Comment