Cara Meningkatkan Kemampuan TOEFL iBT Listening

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

Dalam TOEFL test, baik iBT maupun PBT, terdapat listening section. pada bagian ini, kemampuan berbahasa Inggris anda dalam hal menyimak dan mendengarkan akan dites. Dalam test ini, yang diujikan bukan sekedar mendengarkan beberapa percakapan dalam Bahasa Inggris, tapi juga kemampuan anda dalam memahami suatu materi yang disampaikan, layaknya sebuah perkuliahan. Dengan demikian, tes ini pun tidak bisa dianggap mudah karena anda harus mampu mendengarkan sekaligus mengolah informasi yang disampaikan oleh speaker. Tantangan lainnya adalah pembicaranya yang merupakan native speaker, sehingga anda harus terbiasa dengan dialek serta cara bicara yang barang kali terasa cepat untuk anda. Oleh karena itu, anda harus mampu mempersiapkan diri anda sebaik-baiknya sehingga anda bisa mendapatkan skor TOEFL yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa berguna bagi persiapan anda menghadapi TOEFL iBT listening section.

Latihan pertama dan yang paling utama adalah membiasakan diri anda untuk mendengarkan orang yang berbicara Bahasa Inggris. Pada latihan awal ini, yang perlu anda lakukan lebih sebagai usaha pembiasaan saja, sehingga secara perlahan akan terbiasa dan ketajaman anda dalam memahami pun terolah. Untuk berlatih pembiasaan mendengarkan ini, anda bisa mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris atau menonton film tertentu. Selain itu, anda bisa juga mendengarkan siaran radio atau program televisi dan mengunduh suatu video pembicaraan dalam Bahasa Inggris. Kedua, anda juga harus memperluas kosakata anda serta cara pengucapannya, sehingga anda tidak kesulitan ketika mendengarkan kata-kata sulit dan bisa memahami dengan lebih baik.

toefl ibt listeningSetelah anda cukup terbiasa dengan mendengarkan pembicaraan dalam Bahasa Inggris, anda bisa mulai melakukan latihan ketiga, yaitu dengan mengamati struktur penyampaian serta organisasi gagasan yang dipakai oleh speaker. Dalam hal ini, tentu anda tidak lagi bisa menggunakan lagu sebagai sarana anda berlatih. Anda harus mulai mendengarkan suatu kuliah singkat atau presentasi dalam Bahasa Inggris sehingga anda bisa berlatih menganalisis gagasan speaker. Anda perlu mengamati struktur gagasan yang dipakai agar anda juga bisa memahami bagian-bagian dari gagasan yang disampaikan. Dengan memahami gagasan struktur gagasan itu, itu akan membantu anda agar tidak melewatkan masing-masing bagian, terutama bagian isi, dari pembahasan tersebut.

Tahap keempat adalah memperhatikan detail-detail yang disampaikan oleh speaker. Dalam tahap ini, anda bisa mulai menggunakan catatan-catatan kecil. Anda perlu membiasakan membuat catatan-catatan kecil ini karena ini akan sangat membantu anda untuk mengingat detail yang disampaikan. Dengan catatan itu pula, anda kemudian bisa membuat suatu rangkuman sederhana yang memudahkan anda memahami apa yang disampaikan speaker. Dan kelima, anda juga harus mulai memperhatikan keyword yang digunakan oleh speaker. Yang ketujuh, latihan membedakan tipe gagasan juga perlu dilakukan, baik itu gagasan yang berbentuk sebab-akibat, proses ataupun perbandingan. Kedelapan, latihan mengamati signal words juga perlu dilakukan karena signal words inilah yang menandakan transisi gagasan atau pun kontradiksi yang terjadi dalam gagasan yang disampaikan. Kesembilan, anda perlu berlatih memperhatikan instruksi serta informasi tertulis yang disediakan karena seringkali ada peserta tes yang tidak bisa mengerjakan dengan baik karena tidak memperhatikan instruksi dengan baik. Selian itu, kadang ada informasi yang penting terkait soal yang diujikan. Dan yang terakhir, selalu usahakan mmbuat evaluasi agar anda juga bisa melihat perkembangan yang berhasil anda buat. Itulah beberapa hal yang sekiranya bisa menjadi persiapan yang bisa anda lakukan untuk menghadapi TOEFL iBT listening section.

About Imam Khanafi