Cara Meningkatkan Kemampuan Hafalan TOEFL Vocabulary

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

Dalam tes TOEFL, tes memang hanya menguji 4 kemampuan yaitu, reading, writing, listening, dan speaking. Walau demikian tidak berarti bahwa kemampuan penguasaan vocabulary/kosakata menjadi hal yang tidak penting. vocabulary justru menjadi hal yang sangat penting karena vocabulary itu adalah bagian dari yang akan anda ucapkan, anda tulis, anda dengarkan dan anda baca. Bisa dibayangkan kalau anda tidak memiliki vocabulary yang luas ketika harus mengungkapkan gagasan anda, tentu saja itu sulit. Oleh karena itu, perlu ada persiapan vocabulary sebelum menjalani tes TOEFL, agar nantinya ketika tes, anda bisa menjawab pertanyaan dengan wawasan vocabulary yang luas. Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan kekayaan TOEFL vocabulary anda.

Salah satu yang utama adalah banyak membaca. Membaca adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan vocabulary anda. Ketika anda membaca buku atau tulisan lainnya dalam Bahasa Inggris, sudah tentu anda akan menemukan vocabulary baru. vocabulary itu perlu anda catat dan ingat baik-baik sehingga daftar vocabulary anda pun bertambah. Tapi, mencatat dan menghafalkannya saja tidak cukup. Anda tetap harus melihat kamus dan melihat makna yang bisa muncul sesuai konteksnya karena sebuah kata bisa saja memiliki arti yang berbeda ketika digunakan di konteks yang berbeda. Selain itu, anda juga perlu mengamati cara penggunaan vocabulary itu, terutama apa bila itu adalah kata kerja, agar ketika tes TOEFL nanti, anda tidak salah menggunakan vocabulary. Kesalahan yang terlihat kecil ini bisa mengurangi skor TOEFL anda.

toefl vocabularyDalam membaca buku atau karya ilmah dan tulisan-tulisan lainnya, anda perlu mencari bacaan yang sekiranya bisa memperluas wawasan anda, misalnya tentang IPTEK, politik dan ekonomi. Hal ini dibutuhkan agar vocabulary yang anda dapatkan pun lebih kontekstual. Selain itu, saat tes TOEFL nanti, pengetahuan umum yang anda dapatkan sekaligus bisa memperluas wawasan anda saat memberikan gagasan. Jadi, anda bisa sambil menyelam minum air saat mempersiapkan vocabulary ini. Selain membaca, anda juga perlu mencari cara paling efektif untuk diri anda sendiri, karena tiap orang pasti memiliki kecenderungan sendiri-sendiri. Bisa saja anda menggunakan alternatif mendengarkan lagu atau menonton film, oleh karena itu lebih baik kalau anda bisa menemukan cara paling efektif untuk anda menghafalkan. Selain itu, apabila anda menggunakan lebih dari satu cara itu justru lebih baik.

Ketika anda menghafalkan saja, itu tentu tidak cukup karena bisa saja anda akan lupa lagi. Untuk menghindari hal ini, anda perlu aktif mempraktekkan kata-kata baru yang sudah anda dapatkan. Salah satu yang paling mudah adalah dengan mengucapkan atau membuat percakapan dengan teman. Selain itu, dengan menuliskan kata-kata itu dan membuat kalimat dari kata itu juga akan sangat membantu, karena dengan demikian anda sekaligus mempraktekkan kata itu sesuai konteksnya.

Untuk lebih mengefektifkan usaha dan latihan anda, akan lebih baik bila anda juga memasang target, misalnya dalam sehari bisa menghafal 10 kata. Bila anda konsisten dengan target yang anda buat, bisa dibayangkan dalam satu bulan anda akan mendapatkan banyak sekali vocabulary. Selain memasang target, ada baiknya juga anda menyusun agenda, termasuk agenda untuk evaluasi vocabulary yang sudah anda buat. Selanjutnya, anda juga bisa menggunakan permainan kata untuk menghafal, misalnya permainan scrabble dan teka-teki. Permainan ini akan merangsang anda untuk menggunakan vocabulary yang telah berhasil anda simpan di memori anda.

About Imam Khanafi

2 Responses to “Cara Meningkatkan Kemampuan Hafalan TOEFL Vocabulary”

Read below or add a comment...

  1. sony muchlasom says:

    Thank for course conversation on line

  2. Rylla says:

    Thankz for email.
    I will follow this website

Leave A Comment...

*