Cara Mendapatkan TOEFL Score yang Tinggi Pada Sesi Listening

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

Listening section merupakan bagian dalam tes TOEFL yang menguji kemampuan anda dalam memahami suatu pembicaraan yang berupa percapakan atau kuliah singkat. Prosedur ini telah disusun sedemikian rupa sehingga menjadi simulasi situasi pembelajaran di luar negeri. Tentu saja yang diujikan adalah kemampuan menyimak dan memahami gagasan-gagasan yang disampaikan. Dalam tes ini, kemampuan kosakata anda juga perlu mendapat perhatian. Dengan demikian, tentu tidak mudah mendapatkan TOEFL score tinggi. Untuk itu, berikut ini adalah tips yang bisa anda gunakan selama persiapan listening section, agar belajar anda bisa lebih efektif dan terfokus.

Belajar listening test tentu saja harus dengan membiasakan diri mendengarkan percakapan dan kuliah dalam bahasa Inggris. untuk mendapatkan bahan ini, anda bisa saja mengunduh lagu, film serta kuliah yang disampaikan oleh seorang native speaker. Pertama-tama anda cuma perlu mendengarkan saja, agar anda terbiasa dengan itu. Setelah cukup terbiasa, anda bisa mulai fokus pada masalah pemahaman gagasan yang disampaikan. Dalam hal ini, anda juga bisa mulai menggunakan catatan- catatan kecil yang bisa menjadi reminder anda. Perhatikan pula penggunaan kosakata yang ada, sehingga anda bisa sekaligus memperkaya kosakata anda. selain itu, anda juga perlu memperhatikan bagaimana pola penyampaian gagasannya. Dengan memahami polanya, tentu anda akan lebih mudah untuk menemukan gagasan utamanya.

toefl scoreSelain itu, transisi pembicaraan itu juga perlu mendapat perhatian, sehingga anda bisa mengetahui pembicaraan itu dalam pengantar, isi atau kesimpulan. Dengan menguasai hal ini, anda tentunya bisa lebih memusatkan perhatian pada bagian-bagian tertentu dari pembicaraan itu. Hal ini juga akan membantu anda untuk memahaminya secara lebih sistematis. Lalu, biasakan diri anda dengan berbagai aksen yang digunakan oleh speaker. Aksen ini juga menentukan kecepatan bicara seseorang. Bila anda sudah terbiasa, anda tentu tidak akan kesulitan kalau harus mendapatkan speaker yang memiliki aksen yang berbeda-beda. Setelah itu semua, anda juga perlu berlatih untuk merangkum keseluruhan pembicaraan. Ini juga bisa ditambahkan dengan berlatih menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disampaikan speaker.

Itu adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika mempersiapkan diri sebelum tes berlangsung. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu anda ketika menghadapi tes. Yang pertama tentu adalah berusaha tetap tenang serta fokus. Ini akan membantu anda untuk bisa mendengarkan secara lebih baik. Perhatikan baik-baik petunjuk penggunaan modul dan petunjuk lainnya untuk menghindari kesalahan teknis ketika anda menjawab. Kemudian, anda juga perlu tahu bahwa waktu akan mulai berjalan hanya saat anda menjawab pertanyaan, sehingga anda tidak perlu memperhatikan waktu ketika mendengarkan speaker. Seringkali beberapa peserta tes kehilangan fokus ketika mendengarkan karena mereka juga mengkhawatirkan waktu yang digunakan ketika mereka mendengarkan. Setelah itu, persiapkan pula catatan untuk menulis beberapa poin-poin penting dari apa yang disampaikan speker.

Perhatikan baik-baik isi yang disampaikan dan alur yang digunakan oleh speaker, sehingga anda pun bisa lebih mudah memahaminya. Kemudian, berhati-hatilah dalam menjawab pertanyaan dan selalu teliti ulang jawaban yang telah anda berikan. Kalau mungkin anda kesulitan menemukan jawaban yang tepat, anda bisa menduga-duga jawaban yang kira-kira tepat. Anda tidak perlu kawatir bila salah menjawab, karena tidak ada pengurangan TOEFL score untuk jawaban yang salah. Dan yang terakhir, anda harus selalu yakin dengan apa yang telah anda jawab.

About Imam Khanafi

One Response to “Cara Mendapatkan TOEFL Score yang Tinggi Pada Sesi Listening”

Read below or add a comment...

  1. nisa says:

    Maaf pak mau tnya..ini kset tentang belajar listening TOEFL ada gak pak?

Leave A Comment...

*