Cara Mendapatkan Skor TOEFL Tinggi pada Reading Comprehension

Seperti yang anda ketahui, TOEFL menguji semua aspek kemampuan berbahasa Inggris, yaitu speaking, writing, listening dan juga reading. Masing-masing section tentu memiliki kesulitannya masing-masing. Dalam reading comprehension, masalah utama yang sering dihadapi adalah kurangnya waktu yang disediakan untuk mengerjakan semua soal, karena biasanya waktu tersita untuk memahami bacaan. Oleh karena itu, diperlukan tips dan trik untuk bisa mengatasi masalah tersbut dan bagaimana cara mendapatkan skor TOEFL tinggi pada bagian reading comprehension.

Yang pertama, anda tidak perlu menghabiskan waktu anda hanya untuk membaca soal. Biasanya, anda akan terpancing untuk memahami keseluruhan bacaan yang diberikan, apalagi apa bila bacaan itu menarik atau justru sulit dipahami. Bila anda berusaha memahami semua isi bacaan, tentu itu akan menghabiskan waktu anda. Padahal sebenarnya anda tidak harus memahami keseluruhan bacaan untuk bisa mengerjakan soal yang diberikan.Sebenarnya anda cukup memahami gagasan pokok tiap paragraf. Umumnya gagasan pokok itu bisa ditemukan di awal atau akhir paragraf. Gagasan pokok ini bisa mewakili isi dari suatu paragraf, sehingga cukup dengan gagasan pokok saja anda sudah mendapatkan informasi tentang paragraf tersebut.

cara mendapatkan skor toefl tinggi pada reading comprehensionSetelah itu, cobalah amati kata kunci dari masing-masing soal, karena umumnya tiap soal memiliki kata kunci tertentu yang berhubungan dengan bacaannya. Kata kunci itu akan sangat penting karena akan memudahkan anda untuk menemukan jawabannya di dalam bacaan. Dengan kata kunci tersebut, anda bisa lebih cepat mendapatkan informasi dari bacaan, dan kemudian mencocokkan dengan pertanyaan dan pilihan jawaban yang tersedia. Bisa dibayangkan berapa lama anda harus memahami bacaan bila anda tidak bisa menemukan kata kunci dari soal dan bacaan tersebut. Dengan kata kunci dari soal tersebut, pencarian informasi dari bacaan itu akan lebih fokus.

Ketiga, anda tidak boleh panik apabila menemui bacaan yang panjang atau sudah dipahami. Apabila anda menghadapi masalah demikian, anda perlu menggunakan kemampuan anda dalam menebak maksud bacaan tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menemukan gagasan pokok, atau kata-kata penting dari bacaan tersebut. Lalu, anda juga perlu memahami konteks bacaan dengan baik, terutama untuk tipe soal yang menanyakan arti dari suatu kata. Suatu kata bisa saja berubah makna sesuai konteksnya, dan anda perlu hati-hati dan jeli dalam memahami konteks bacaan ini. Selain itu, gunakan pula metode scanning untuk mendapatkan informasi tertentu atas soal yang diberikan. Scanning bisa dilakukan dengan menggunakan kata-kata pokok dari pertanyaan tersebut. Ini tentu akan menghemat waktu anda dibandingkan harus membaca satu persatu. Selain itu, apabila anda merasa kesulitan untuk mendapatkan jawaban yang tepat, anda bisa menggunakan metode eleminasi, yaitu dengan menghilangkan pilihan jawaban yang sekiranya tidak berhubungan dengan soal. Pada tes ini, anda akan diberikan waktu 20 menit untuk menyelesaikan enam soal. Dua soal pertama masih merupakan tes yang sederhana. Anda akan diminta untuk memberikan jawaban yang disertai oleh alasan tertentu. Pertanyaan yang diberikan cenderung sederhana meski demikian, anda hanya diberi waktu untuk berpikir cukup singkat.

Selain itu, apabila anda menemukan soal yang sekiranya sulit, cobalah untuk melewati soal tersebut dan beralih ke soal lain dan mengerjakannya soal itu nanti. Hal ini sangat penting terkait dengan penggunaan alokasi waktu yang tersedia. Apabila anda terlalu fokus pada soal yang sulit tersebut, waktu anda akan banyak terbuang dan justru tidak cukup untuk mengerjakan soal lainnya. Selain itu, anda perlu mencoba untuk tetap fokus. Konsentrasi akan sangat dibutuhkan. Selain itu, persiapkan kesehatan fisik dengan baik, agar ketika tes kondisi badan anda sehat. Selain itu, anda bisa juga membawa jam tangan agar anda bisa mengontrol waktu pengerjaan anda dengan baik.

About Imam Khanafi