Cara Agar Mendapatkan Nilai TOEFL Tinggi Pada Sesi Essay Writing

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

Dalam writing section, anda akan dihadapkan pada dua jenis test, yaitu independent writing dan integrated writing. Dalam independent writing, anda akan diminta membuat suatu tulisan dari pertanyaan umum yang disediakan. Dan dalam integrated writing, anda akan diminta menulis suatu tanggapan anda tentang lecture yang anda dengarkan saat test itu. Dalam hal ini, integrated writing barangkali lebih sulit karena harus menggunakan kemampuan listening, setelah itu juga harus memiliki wawasan yang cukup. Selain itu, dalam writing section, tata bahasa dan kosa kata mendapatkan penekanan. Dengan beban seperti itu, barangkali anda kesulitan untuk mendapatkan nilai TOEFL tinggi pada sesi essay writing ini. Berikut ini adalah tips yang sekiranya bisa berguna untuk persiapan anda menghadapi ujian sesi essay writing agar memperoleh nilai TOEFL tinggi.

agar nilai toefl tinggi pada sesi essay writingPertama dan yang utama tentu saja berlatih menulis essay dalam Bahasa Inggris. Latihan menulis essay ini lebih baik juga dilakukan di komputer, sehingga anda juga akan terbiasa mengetik dengan sistem keyboard QWERTY. Dengan cara ini, anda akan semakin terbiasa mengungkapkan gagasan secara tertulis. Setelah mulai terbiasa menulis, anda juga perlu menambah kosakata anda dengan kosakata yang baru. Hal ini bisa dilakukan dengan mencatat kata-kata yang belum anda ketahui. Anda tak perlu menghafalkan kamus karena akan lebih efektif kalau anda membaca tulisan dan mecatat kata-kata sulit yang anda temui. Kata-kata itu perlu anda pahami dengan baik, dari segi arti juga penggunaannya. Wawasan tata bahasa anda juga perlu diperkuat lagi, sehingga anda pun bisa menulis tulisan yang benar secara struktur tata bahasa dan memiliki kosakata yang luas pula.

Setelah itu anda bisa mulai mempelajari struktur penulisan essay. Pada umumnya, struktur penulisannya memiliki bagian : pengantar, isi serta kesimpulan. Untuk mempelajarinya, anda bisa membiasakan diri membaca jurnal atau karya ilmiah dalam Bahasa Inggris dan menganalisisnya. Dengan cara itu, anda sekaligus menambah kosakata dan wawasan anda. Struktur penulisan ini sangat penting karena akan membantu ada untuk mengkomunikasikan gagasan anda secara lebih sistematis dan mudah dipahami. Untuk lebih sistematis, anda juga perlu berlatih menggunakan linking words. Linking words ini juga memegang peranan penting dalam membentuk tulisan anda agar lebih mengalir, sehingga tidak terkesan berdiri sendiri.

Selain itu, anda juga perlu membiasakan untuk membuat suatu outline tulisan, sehingga struktur tulisan pun lebih terencana. Dalam menulis, jangan lupa untuk berlatih mengatur alokasi waktu yang anda gunakan. Kemudian, anda juga perlu berlatih menulis secara cepat dan to the point, sehingga tulisan tidak terlalu panjang dan memakan banyak waktu. Selain itu, tulisan juga akan lebih mudah dipahami juga. Anda perlu terus berlatih dan melihat perkembangan anda.

Itu adalah beberapa persiapan yang bisa dilakukan sebelum tes. Lalu ketika tes, bersikaplah tenang dan perhatikan baik-baik petunjuk yang diberikan. Setelah itu, mulailah dengan membuat outline. Outline akan membantu anda untuk menulis lebih efektif. Ketika menulis, perhatikan juga alokasi waktunya dan perlu anda usahakan untuk menyisakan waktu, sehingga anda bisa meneliti ulang tulisan anda. Selain itu, anda juga harus ingat untuk menggunakan linking words, agar tulisan itu lebih terlihat mengalir.

Itulah persiapan-persiapan yang bisa dilakukan sebelum test dan ketika tes berlangsung. Selain itu semua, tips terakhir agar mendapatkan nilai TOEFL tinggi pada sesi essay writing adalah anda bisa juga mengikuti pelatihan-pelatihan serta TOEFL pre-test untuk kesiapan anda dalam mengerjakan tes tersebut.

About Imam Khanafi