Berbagai Contoh Perkenalan dalam Bahasa Inggris pada Beberapa Situasi

Belajar Inggis Online
Full Conversation Tanpa Grammar
4 bln Lulus, Bersertifikat>> Detail

Belajar Inggris Kilat

TANPA keluar rumah TANPA grammar
90% PRAKTEK Percakapan>> Detail

Kursus Bhs Inggris Instant
1 Bulan bisa Ngomong Bersertifikat
di download 100.000+ orang>> Detail

Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain. Itulah mengapa kita selalu membutuhkan kehadiran orang lain. Namun, untuk bisa berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain, kita harus setidaknya mengenal mereka. Dalam kehidupan ini, kita semua pasti akan melalui fase-fase atau tahapan baru dalam hidup dimana kita akan mengenal lebih banyak orang dan situasi. Dalam hal ini, Anda harus mengetahui betapa pentingnya memberikan kesan pertama yang baik.

Berbicara mengenai kesan pertama, tentu saja tidak jauh dari pentingnya proses perkenalan. Bagaimana Anda memperkenalkan diri di hadapan orang lain atau khalayak ramai dan membangun sebuah kesan yang baik. Anda harus bisa memberikan gambaran bagaimana diri pribadi Anda dan tampil sebagai seseorang yang menyenangkan terlepas dari apapun situasinya. Di bawah ini akan Anda lihat beberapa cara memperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris pada situasi dan kondisi yang berbeda.

Cara Perkenalan dalam Bahasa Inggris

Cara Perkenalan Dalam Bahasa Inggris

Ketika memperkenalkan diri kepada orang lain, Anda harus mengetahui aspek-aspek apa saja yang harus dipenuhi. Dalam hal ini, Anda harus menyebutkan beberapa informasi dasar dimana orang harus mengetahui tentang Anda. Aspek dasar yang harus disebutkan adalah nama lengkap, nama panggilan, alamat atau tempat asal. Hal dasar ini umumnya dipergunakan dalam semua jenis situasi perkenalan.

Cara perkenalan diri dalam bahasa Inggris tidak jauh berbeda. Baik bagi Anda yang hanya belajar atau memang diharuskan menggunakan bahasa Inggris untuk memperkenalkan diri, aspek diatas tetap harus dipergunakan. Selain itu, ada aspek-aspek tambahan lain yang juga ikut menyertai proses perkenalan diri ini. Aspek ini tergantung dari situasi dan kondisi dimana proses perkenalan diri terjadi.

Memperkenalkan diri di sekolah, kantor atau lingkungan tempat tinggal baru jelas berbeda-beda. Tidak semua hal harus Anda sebutkan secara sama rata. Contohnya untuk perkenalan diri di sekolah baru, Anda mungkin harus menyebutkan tempat sekolah yang sebelumnya Anda berada. Hal ini akan berbeda ketika Anda memperkenalkan diri pada teman kantor yang baru. Anda tidak harus menyebutkan asal sekolah kecuali memang diperlukan.

Singkat kata, memperkenalkan diri harus disesuaikan dengan situasi dan kondisinya. Berikut ini ada beberapa contoh dialog perkenalan diri pada beberapa situasi yang mungkin terjadi dalam kehidupan kita semua. Yuk disimak!

Perkenalan Balam Bahasa Inggris Sebagai Siswa Baru di Depan Kelas

Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Siswa Baru di Depan Kelas

Menjadi siswa baru pasti akan dialami oleh semua orang. Buat adik-adik yang baru saja memasuki sekolah baru atau baru saja pindah sekolah, berikut ini ada beberapa contoh cara memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Inggris. Materi ini juga bisa dipakai untuk adik-adik yang juga sedang mengerjakan tugas dari guru Bahasa Inggris untuk membuat teks perkenalan diri.

Namun sebelum itu, adik-adik harus memahami bagaimana cara memperkenalkan diri dengan tepat, baik itu pemilihan bahasa, gerak tubuh dan lain sebagainya. Di bawah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :

Hal-hal yang biasanya di sampaikan saat perkenalan diri

  • Sampaikan Perkenalan dengan Sopan
    Dalam menyampaikan perkenalan, adik-adik harus sopan dalam bertutur kata. Berdiri dengan tegak, tidak membungkuk atau terlalu mendongak. Sampaikan ucapan dengan sopan dan tidak boleh terkesan sombong. Perkenalan ini dalam rangka menarik perhatian teman kelas untuk mengenal adik-adik. Jadi, jangan sampai karena perkenalan awal membuat adik-adik terkesan sombong ya!
  • Ucapkan Setiap Kata dengan Jelas
    Setiap kata-kata harus diucapkan dengan jelas di depan kelas. Sedikit lebih keras supaya teman yang ada di bangku belakang bisa mendengar suara adik yang berdiri di depan kelas. Terlebih untuk perkenalan dalam bahasa Inggris. Jika ada salah pelafalan, maka orang yang mendengarnya pun juga bisa salah mengartikannya. Jadi, pelan-pelan saja dalam memperkenalkan dirinya ya.
  • Tarik Nafas Panjang Supaya Tidak Gugup atau Grogi
    Perkenalan diri di depan kelas mungkin akan menyebabkan grogi atau gugup bagi siswa yang jarang tampil di depan orang banyak. Supaya tidak gugup, bisa diatasi dengan cara menarik nafas panjang sebelum maju ke depan kelas. Hal ini dipercaya dapat membantu mengatasi rasa grogi.
  • Imbangi dengan Gerakan Tubuh yang Baik Supaya Lebih Santai
    Ketika melakukan perkenalan diri, hendaknya sikap tubuh supaya lebih santai. Berdiri dengan tegap dan sesekali lakukan gerakan tangan seperti menunjuk ke diri sendiri atau memperagakan angka. Hal ini akan membantu Anda dalam memberikan kesan bahwa Anda adalah seorang teman yang santai dan menyenangkan.

Setelah mengetahui bagaimana cara memperkenalkan diri di depan kelas, berikut ini adalah hal-hal yang biasanya disampaikan saat perkenalan diri. Yaitu :

  • Salam Pembuka, yaitu berupa kata sapaan seperti Hi, Hello, Hi my friends, hello everybody dan lain sebagainya.
  • Kalimat perkenalan, yaitu sebuah kalimat yang menyatakan bahwa aktivitas yang akan Anda lakukan di depan kelas adalah untuk memperkenalkan diri. Contoh kalimatnya adalah Let me introduce myself, I want introduce myself, Allow me to introduce myself dan lain sebagainya.
  • Hal yang harus disebutkan yaitu nama, umur, tempat dan tanggal lahir, alamat, asal dan informasi lain yang berhubungan dengan sekolah.
  • Berikan informasi singkat tentang anggota keluarga seperti anak ke berapa, nama kakak, nama adik, pekerjaan orang tua, dan lain sebagainya.
  • Tambahkan sedikit informasi tentang hobi atau kesukaan, kegiatan yang sering dilakukan, dan lain sebagainya.
  • Salam penutup, seperti ucapan Thank you for your attention my friends (Terima kasih atas perhatiannya teman-teman).

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas juga ada level sesuai dengan tingkat kesulitannya. Level pertama adalah untuk anak SD yaitu siswa-siswa pemula yang baru saja mempelajari pelajaran bahasa Inggris atau perkenalan ini untuk latihan Speaking saja. Level kedua adalah level menengah yaitu untuk siswa yang sudah agak mahir berbicara dalam Bahasa Inggris. Level terakhir adalah yang paling tinggi yaitu untuk siswa yang sudah expert atau ahli dengan penguasaan kosakata yang lebih beragam.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa contoh perkenalan diri siswa baru di depan kelas dalam setiap level atau tingkatan.

  1. Level Pemula

Contoh :

Good morning everyone. Hello, let me introduce myself. I am a new student here. My name is Dian Susanti. You can call me Dian or Santi. I am fifteen years old. I am from Malang Jawa Timur. I live at Salak street number 29 Kepanjen Malang. I live with my parents and a sister. My hobbies are traveling and playing games. Thank you.

Terjemahan :

Selamat pagi semuanya. Halo, ijinkan saya memperkenalkan diri. Saya adalah seorang murid baru disini. Nama saya adalah Dian Susanti. Kalian bisa memanggil saya Dian atau Santi. Saya berusia limabelas tahun. Saya berasal dari kota Malang Jawa Timur. Saya tinggal di Jalan Salak nomor 29 Kepanjen Malang. Saya tinggal dengan kedua orang tua dan seorang kakak perempuan. Hobi saya adalah jalan-jalan dan main games. Terima kasih.

  1. Level Medium

Contoh :

Hello everybody. How are you today? I am standing here to introduce myself to you. I am Dian Susanti. My friend usually call me Dian or Santi. I am from Malang city, the most favourite cold city in East Java. I was born in Malang, 14 May 2005. I live with my beloved parents and an older sister. My addres is Salak street number 29 Kepanjen Malang. My sister’s name is Dina Mariana. She is studying in High School now. I like traveling so much. Is there anyone here who like travelling too? Okay than, I hope we can be a good friend. Thank You.

Terjemahan :

Halo teman-teman. Bagaimana kabar kalian hari ini? Saya berdiri disini untuk memperkenalkan diri pada kalian. Saya adalah Dian Susanti. Teman-teman saya biasanya memanggil saya dengan Dian atau Santi. Saya berasal dari Kota Malang, sebuah kota dingin yang menjadi favorite di provinsi Jawa Timur. Saya lahir di Malang pada 14 Mei 2005. Saya tinggal dengan kedua orang tua tercinta dan dengan seorang kakak perempuan. Alamat saya adalah jalan Salak nomor 29 Kepanjen Malang. Nama kakak saya adalah Dina Mariana. Dia bersekolah di SMA sekarang. Saya sangat menyukai Traveling atau jalan-jalan. Adakah disini yang juga menyukai Traveling? Baiklah, semoga kita semua bisa menjadi teman yang baik. Terima kasih.

  1. Level Expert

Contoh :

Good morning everybody. Allow me to introduce myself. I am Dian Susanti. You can call me Dian or Santi. I am fourteen years old. I was born in Malang, 14 May 2005. I live in Malang. My address is Salak street number 29 Kepanjen Malang. I live with my parents and a sister. My father is a soldier and my mother is a house wife. My sister is a college student. She take Literature in English Department.

My hobby is traveling and watching movies. Every month, my parents take me and my sister to a tourism place. We enjoy every moment together. Sometimes, we go to mountain. Another time, we visit beach or new market. I always love the time i spend with my family. It is very awesome. I also like to watch movie, especially from South Korea. Lee Min Ho and Song Joong Ki are my favourite actors. Finally, that is my short introduction. I hope we can be a good friend. Thank you.

Terjemahan :

Selamat pagi teman-teman semua. Ijinkan saya untuk memperkenalkan diri. Saya adalah Dian Susanti. Kalian bisa memanggilku Dian atau Santi. Saya berusia 14 tahun. Saya lahir di kota Malang, 14 mei 2005. Saya tinggal di kota Malang. Alamat saya adalah jalan Salak nomor 29 Kepanjen Malang. Saya tinggal dengan kedua orang tua dan seorang saudara perempuan. Ayah saya adalah seorang tentara dan ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga. Saudara perempuan saya adalah seorang murid di perguruan tinggi. Dia mengambil sastra di jurusan Bahasa Inggris.

Hobi saya adalah jalan-jalan dan menonton film. Setiap bulan, orang tua saya mengajak saya dan saudara perempuan saya ke sebuah tempat wisata. Kami menikmati setiap waktu bersama-sama. Kadang-kadang, kami pergi ke gunung. Di lain waktu, kami mengunjungi pantai atau pasar baru. Saya selalu menyukai waktu yang saya habiskan bersama keluarga saya. Hal itu sangat menyenangkan. Saya juga suka menonton film terutama film yang berasal dari Korea Selatan. Lee Min Ho dan Song Joong Ki adalah aktor favorit saya. Akhir kata, itulah perkenalan singkat saya. Semoha kita bisa berteman dengan baik. Terima kasih.

Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Pada Saat Masa Orientasi Siswa

Masa Orientasi Siswa atau yang biasa disebut dengan MOS adalah masa dimana seorang siswa baru mulai dikenalkan dengan lingkungan sekolah jenjang yang lebih tinggi. MOS biasanya dialami oleh siswa yang mulai masuk sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas ataupun di perkuliahan.

Proses perkenalan pada masa MOS ini sangat menentukan bagaimana Anda akan dikenal selanjutnya. Jika perkenalan Anda kurang memberikan kesan yang mendalam, bisa jadi Anda tidak akan banyak diingat dan dikenal. Oleh sebab itu, memperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris memang merupakan salah satu cara menarik perhatian teman-teman baru.

Jika Anda berkesempatan untuk memperkenalkan diri dan diijinkan untuk menggunakan bahasa Inggris, maka manfaatkan kesempatan ini dengan sebaiknya. Raih perhatian sebanyak mungkin dan tinggalkan kesan yang mendalam. Serupa dengan perkenalan pada poin pertama diatas, Anda juga sebaiknya memperhatikan hal-hal dasar mengenai tata cara perkenalan. Teliti lagi setiap hal penting yang harus atau tidak perlu Anda sampaikan.

Berikut ini akan diberikan beberapa contoh perkenalan dalam bahasa Inggris pada Masa Orientasi Siswa. Disini, Anda akan mendapatkan tiga contoh perkenalan sesuai dengan tingkatannya yaitu perkenalan siswa sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan mahasiswa perkuliahan. Silahkan perhatikan contoh-contoh berikut ini.

Contoh I Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama

Good Morning Everybody. Let me introduce myself. My name is Abe Apta Rahman. You can call me Abe. I am 15 years old. I live in Malang since I was born. My address is Sawo street number 14 Krajan Malang. I live with my parents. I have no sister or brother. My father is an owner of a restaurant and my mother is a house wife. I was studying in SD Krajan 2 Malang. I join with this school because it is near from my house. I love to play futsal. I hope I will find some friends who have the same hobby with me. That’s all my introduction. Thank you for your attention. Good Morning.

Terjemahan :

Selamat pagi teman-teman. Ijinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya adalah Abe Apta Rahman. Kalian bisa memanggil saya dengan Abe. Saya berusia 15 tahun. Saya tinggal di kota Malang sejak lahir. Alamat saya adalah jalan Sawo nomor 14 Krajan Malang. Saya tinggal dengan kedua orang tua saya. Saya tidak mempunyai saudara laki-laki atau perempuan. Ayah saya seorang pemilik sebuah rumah makan dan ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga. Saya bersekolah di SD Krajan 2 Malang. Saya bergabung di sekolah ini karena letaknya dekat dengan rumah saya. Saya sangat menyukai olah raga Futsal. Saya berharap saya akan menemukan beberapa orang teman yang mempunyai hobi yang sama dengan saya. Itulah semua perkenalan saya. Terima kasih untuk perhatian teman-teman. Selamat pagi.

Contoh II Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas

Good morning friends. Thank you for the time. Allow me to introduce myself. My name is Dedy Susanto. My parents usually call me Dedy. I am 16 years old on December 20th tomorrow. I am the second child of three siblings. My sister is a student at a private university. My younger brother is still 10 years old.

I chose this high school because aside from being a favorite school, this school had extracurricular choices that interested me. I like Tae Kwon Do. I have been following Tae Kwon Do’s training since middle school. I have participated in several matches both at school level and national championships. Although I have never won a match, I am sure that the coach at this school will help me to achieve it.

I also like hiking. I plan to join a climbing team at this school. I don’t have much climbing experience yet. I hope to join the senior friends from the climbing team. That is a little introduction from me. Thank you for the time. Good morning.

Terjemahan :

Selamat pagi teman-teman. Terima kasih atas waktu yang diberikan. Ijinkan saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya Dedy Susanto. Orangtua saya biasanya memanggilku dengan Dedy. Saya berusia 16 tahun pada 20 desember besok. Saya adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Kakak saya seorang mahasiswa di sebuah universitas swasta. Adik laki-laki saya masih berusia 10 tahun.

Saya memilih SMA ini karena selain sebagai sekolah favorite, sekolah ini memiliki pilihan ekstrakulikuler yang membuat saya tertarik. Saya menyukai Tae Kwon Do. Saya sudah pernah mengikuti latihan Tae Kwon Do sejak di SMP. Saya sudah beberapa kali mengikuti pertandingan baik tingkat sekolah ataupun kejuaraan nasional. Meskipun belum pernah menjuarai sebuah pertandingan, saya yakin bahwa pelatih di sekolah ini akan membantu saya untuk meraihnya.

Saya juga menyukai olahraga mendaki. Saya berencana bergabung dengan tim pendaki di sekolah ini. Saya belum punya banyak pengalaman pendakian. Saya berharap bisa bergabung dengan teman-teman senior dari tim pendakian. Itulah sedikit perkenalan dari saya. Terima kasih atas waktu yang diberikan. Selamat pagi.

Contoh III Untuk Anak Mahasiswa Baru

Good morning all seniors and friends. Let me introduce myself, Rina Indrayani. I come from Probolinggo, East Java. My address is Jalan Ketangi number 345 Lumbang Probolinggo. Currently, I live in a boarding house. The address is in the Kertoasri area.

I chose education major because I wanted to be a teacher. My mother is a person who inspires and motivates me. My mother is a local school teacher in Probolinggo. She is a person who is very dedicated in teaching her students. Seeing her smile when teaching is a beauty in itself. This is what makes me want to be like her.

My hobby is listening to music. Pop, rock, ballad, classic and so on. I like all types of music. My favorite singer is Mariah Carey. She is amazing. The song is good, the voice is melodious, the person is beautiful. I collected all the CDs of Mariah Carey’s songs.

That’s a little about me. Hopefully in the future we can all be friends and relatives forever. Thank you for your attention. Good morning.

Terjemahan :

Selamat pagi para senior dan teman semua. Perkenalkan saya Rina Indrayani. Saya berasal dari Probolinggo Jawa Timur. Alamat saya adalah jalan Ketangi nomor 345 Lumbang Probolinggo. Saat ini, saya tinggal di rumah kost. Alamatnya di daerah Kertoasri.

Saya memilih jurusan pendidikan karena saya ingin menjadi seorang guru. Ibu saya adalah orang yang menginspirasi dan memotivasi saya. Ibu saya adalah seorang guru sekolah lokal di Probolinggo. Beliau merupakan orang yang sangat berdedikasi dalam mengajar muridnya. Melihat beliau tersenyum ketika mengajar adalah sebuah keindahan tersendiri. Hal inilah yang membuat saya ingin menjadi seperti beliau.

Hobi saya mendengarkan musik. Pop, rock, ballad, klasik dan lain sebagainya. Saya suka semua jenis musik. Penyanyi favorit saya adalah Mariah Carey. Dia sangat mengagumkan. Lagunya bagus, suaranya merdu, orangnya cantik. Saya mengoleksi semua CD lagu Mariah Carey.

Itulah sedikit hal tentang saya. Semoga kedepannya kita semua bisa menjadi teman dan saudara untuk seterusnya. Terima kasih atas perhatian teman-teman semua. Selamat pagi.

Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Ketika Wawancara Kerja atau Interview

Perkenalan Ketika Wawancara Kerja atau Interview

Dalam wawancara atau interview untuk melamar pekerjaan, biasanya Anda akan diminta untuk memperkenalkan diri oleh para penguji. Disini, Anda tidak hanya sekedar memperkenalkan diri saja. Ibarat kata, Anda sedang berusaha untuk menawarkan diri supaya perusahaan tertarik dan mempekerjakan Anda.

Perkenalan diri yang cukup singkat ini menjadi salah satu penilaian apakah Anda layak untuk diterima di perusahaan mereka. Oleh sebab itu, Anda harus memberikan perkenalan yang mengesankan. Anda harus menunjukkan bahwa Anda merupakan orang yang bersemangat, memiliki kepribadian yang menyenangkan dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda sebutkan ketika memperkenalkan diri dalam sesi interview. Diantaranya adalah :

  • Nama lengkap
  • Latar belakang pendidikan
  • Pengalaman kerja yang pernah dimiliki
  • Bidang yang dikuasai
  • Ketrampilan khusus yang bisa mendukung pekerjaan

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menciptakan kesan baik dalam wawancara kerja adalah memberikan perkenalan yang singkat, padat dan jelas. Usahakan untuk tidak bertele-tele atau berbicara terlalu panjang lebar. Umumnya, pewawancara akan memberikan waktu kurang lebih sekitar 1 hingga 2 menit untuk melakukan perkenalan. Anda harus bisa memanfaatkan waktu yang singkat ini untuk bisa meraih perhatian dan meninggalkan kesan yang mendalam.

Jangan lupa untuk melakukan kontak mata dengan baik. Jangan menundukkan pandangan atau menoleh ke kanan ke kiri. Mata Anda harus fokus kepada orang yang sedang mewawancarai Anda. Usahakan pula untuk duduk dengan tegap. Jangan bersandar ataupun membungkuk. Pastikan Anda dalam posisi siap untuk mendengarkan semua pertanyaan yang akan diberikan.

Ada beberapa perusahaan yang memberikan kesempatan Anda untuk melakukan perkenalan diri dengan bahasa Inggris. Umumnya, perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan yang cukup besar atau bisa dikatakan bonafid. Perkenalan dengan bahasa Inggris akan menambah nilai jual Anda kepada perusahaan. Jadi sangat tepat jika Anda menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris pada pewawancaranya.

Berikut ini ada beberapa contoh perkenalan dengan bahasa Inggris sesuai dengan tempat kerja atau perusahaan yang Anda lamar. Contoh di bawah juga bisa Anda pergunakan sebagai masukan untuk membuat sebuah surat perkenalan dalam berkas lamaran perkerjaan.

Contoh I Perkenalan Pada Interview Perusahaan Perbankan

Good morning, ladies and gentlemen. My name is Diana Maya Santi. I am 23 years old. I come from Malang, East Java. I am a graduate of the University of Brawijaya Malang majoring in Accounting. I graduated in 2017.

I have some work experience. I once worked in a famous bag factory that manufactures women’s bags for export abroad. There, I served as administrative staff who deal directly with customers. Then, I moved to an insurance company. I work as a marketing. In my experience, I meet many other people and learn how to interact with different people.

Although I have never worked in a banking company, I am convinced that I have the ability to work well. My educational background is quite related to this job. Besides that, I am a person who is fast learner and has high spirits. I am sure I will make a good contribution to this company. Thank you very much.

Terjemahan :

Selamat pagi Bapak dan Ibu. Nama saya adalah Diana Maya Santi. Saya berusia 23 tahun. Saya berasal dari Malang Jawa Timur. Saya merupakan lulusan dari Universitas Brawijaya Malang jurusan Akuntansi. Saya lulus pada tahun 2017.

Saya memiliki beberapa pengalaman kerja.  Saya pernah bekerja di sebuah pabrik tas ternama yang memproduksi tas wanita untuk diekspor ke luar negeri. Disana, saya menjabat sebagai tenaga administrasi yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Kemudian, saya pindah di sebuah perusahaan asuransi. Saya bekerja sebagai marketing. Dalam pengalaman saya, Saya banyak bertemu orang lain dan belajar bagaimana berinteraksi dengan orang-orang yang berbeda.

Meskipun saya belum pernah bekerja di perusahaan perbankan, saya yakin bahwa saya memiliki kemampuan untuk bekerja dengan baik. Latar belakang pendidikan saya cukup berhubungan dengan pekerjaan ini. Selain itu, saya adalah orang yang cepat belajar dan memiliki semangat tinggi. Saya yakin akan memberikan kontribusi baik untuk perusahaan ini. Terima kasih banyak

Contoh II Perkenalan Pada Interview Perusahaan Retail

Good afternoon. My name is Dodi Pratama. I come from Surabaya, East Java. I am a bachelor of administration. I graduated from Surabaya State University in 2016. Right now, I live in Malang with my brother.

I am qualified English actively. I have computer certificates for several programs. I am a person that can easily adaptable, high disciplined and hard-working. I am sure I will bring a positive contribution to this company.

I applied to your place because I saw that this company was a company which grow rapidly. I want to develop myself and build a career in this company. I have experience working in retail companies for 2 years. There, I was pointed as a Merchandiser. I am tasked for coordinating, checking, and displaying goods. Hopefully you can give me the opportunity to show my ability. Thank you for the time. Good afternoon.

Terjemahan :

Selamat siang. Nama saya Dodi Pratama. Saya berasal dari Surabaya Jawa Timur. Saya adalah seorang sarjana administrasi. Saya lulus dari Universitas Negeri Surabaya pada tahun 2016. Sekarang ini, saya tinggal di Malang bersama dengan saudara.

Saya menguasai bahasa Inggris dengan aktif. Saya juga memiliki sertifikat komputer untuk beberapa program. Saya orang yang mudah beradaptasi, disiplin dan pekerja keras. Saya yakin akan memberikan kontribusi positif untuk perusahaan ini.

Saya melamar ke tempat Bapak karena saya melihat bahwa perusahaan ini merupakan perusahaan yang  akan berkembang dengan pesat. Saya ingin mengembangkan diri dan membangun karir di perusahaan ini. Saya memiliki pengalaman bekerja pada perusahaan retail selama 2 tahun. Disana, saya menjabat sebagai seorang Merchandiser. Saya bertugas untuk mengkoordinasi, mengecek, dan membuat display barang. Semoga Bapak bisa memberikan kesempatan kepada saya untuk menunjukkan kemampuan. Terima kasih untuk waktunya. Selamat siang.

Contoh III : Perkenalan Diri Pada Wawancara Kerja Sebagai Tutor

Good afternoon. My name is Diana Susanti. I come from Blitar. I live in a boarding house that addresses at Jalan Watu Gede Malang. Currently, I am studying at Malang Malang University. I majored in Mathematics. I am in the eighth semester.

I applied for a job as a private Math tutor. This is because I currently do not have many courses and only focus on doing thesis. I am a patient person, diligent and disciplined. I am sure that I will be able to teach Math well to students later.

That is a little introduction from me. Thank you for the opportunity. Good afternoon.

Terjemahan :

Selamat siang. Nama saya Diana Susanti. Saya berasal dari Blitar. Saya tinggal di rumah kost yang beralamatkan di jalan Watu Gede Malang. Saat ini, saya sedang belajar di Universitas Brawijaya Malang. Saya mengambil jurusan Matematika. Saya berada di semester ke delapan.

Saya melamar pekerjaan sebagai tutor private Matematika. Hal ini karena saat ini saya sudah tidak memiliki banyak mata kuliah dan hanya fokus untuk mengerjakan skripsi. Saya adalah orang yang sabar, rajin dan disiplin. Saya yakin akan mampu mengajarkan Matematika dengan baik kepada anak didik nantinya.

Itulah sedikit perkenalan dari saya. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Selamat siang.

Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Karyawan Baru

Perkenalan dalam Bahasa Inggris Sebagai Karyawan Baru

Setelah melalui perkenalan pada sesi interview, Anda akan memperkenalkan diri lagi ketika diterima bekerja pada suatu perusahaan. Disini, Anda akan memperkenalkan diri pada orang banyak yaitu karyawan lain yang sudah terlebih dahulu bekerja disana. Sebagai karyawan baru, Anda harus bisa memberikan kesan pertama yang baik karena dengan karyawan disanalah Anda akan bekerja sama dalam waktu yang lama.

Proses perkenalan diri sebagai karyawan baru tidak perlu terlalu banyak hal. Anda tidak perlu menyebutkan secara detail mengenai hobi ataupun keluarga. Namun, Anda bisa menyebutkan beberapa hal yang berhubungan dengan pekerjaan dan informasi diri secara umum.

Berikut ini adalah beberapa teks perkenalan diri di lingkungan kerja baru.

Contoh I : Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Karyawan Baru

Good morning everyone. Thank you for the time. Let me introduce myself. I am Rina Dianti. I am usually called Rina. I am 25 years old. I’m still single. I come from Semarang, Central Java. Before this, I worked in a private company engaged in food distribution. I worked there for about 2 years. That is a little information about me. Hopefully we can work well together. Please guide me. thanks. Good morning.

Terjemahan :

Selamat pagi rekan semua. Terima kasih atas waktu yang diberikan. Perkenalkan saya Rina Dianti. Saya biasa dipanggil Rina. Saya berusia 25 tahun. Saya masih lajang. Saya berasal dari Semarang Jawa Tengah. Sebelum ini, saya bekerja di sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang distribusi makanan. Saya bekerja disana selama kurang lebih 2 tahun. Itulah sedikit informasi tentang saya. Semoga kita bisa bekerja sama dengan baik. Mohon bimbingannya. Terima kasih. Selamat pagi.

Contoh II : Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Karyawan Baru

Good afternoon. My name is Yuli Astuti. You can call me Yuli. I am 20 years old. I come from Malang. My address is in the Blimbing area, precisely on Jalan Sukarno Hatta number 40 Malang. I graduated from Malang Malang University. I majored in Economic Management.

I once worked as a teaching staff at a tutoring institution. I teach English. I have also been an employee of a department store for several months. Finally, I work as an admin staff in a finance company. Here I am trusted to serve as head of administration. I really appreciate if we can work together later. I beg for the guidance and assistance of all my friends here. Thanks.

Terjemahan :

Selamat siang. Perkenalkan nama saya Yuli Astuti. Anda bisa memanggil saya Yuli. Saya berusia 20 tahun. Saya berasal dari Malang. Alamat saya di daerah Blimbing, tepatnya di Jalan Sukarno Hatta nomor 40 Malang. Saya lulusan Universitas Brawijaya Malang. Saya mengambil jurusan Ekonomi Managemen.

Saya pernah bekerja sebagai tenaga pengajar di sebuah lembaga bimbingan belajar. Saya mengajar Bahasa Inggris. Saya juga pernah menjadi karyawan sebuah department store selama beberapa bulan. Terakhir, saya bekerja sebagai staf admin di sebuah perusahaan finance. Disini saya dipercaya untuk menjabat sebagai kepala administrasi. Saya sangat menghargai jika kita bisa bekerja sama nantinya. Saya mohon bimbingan dan bantuan semua teman-teman disini. Terima Kasih.

Contoh III : Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Karyawan Baru

Good afternoon. My name is Dianti Rahma. My friends usually call me Yanti. I am 20 years old. I come from Surakarta. I am an economics graduate at Surakarta State University. I live in Malang with my brother.

I don’t have work experience yet. This is my first job. However, I am a person who can learn and work quickly. Here I will work as a data entry staff. Hopefully I can help and make a positive contribution to this company. I beg the guidance of all friends. Thanks.

Terjemahan :

Selamat siang. Perkenalkan nama saya Dianti Rahma. Teman-teman saya biasanya memanggil saya dengan Yanti. Saya berusia 20 tahun. Saya berasal dari Surakarta. Saya adalah sarjana ekonomi Universitas Negeri Surakarta. Saya tinggal di Malang bersama dengan saudara.

Saya belum memiliki pengalaman kerja. Ini adalah pekerjaan pertama saya. Namun, saya adalah orang yang bisa belajar dan bekerja dengan cepat. Disini saya akan bekerja sebagai staff data entry. Semoga saya bisa membantu dan memberikan kontribusi positif untuk perusahaan ini. Saya mohon bimbingan teman-teman semua. Terima Kasih.

Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Dengan Orang Asing

Jika Anda bekerja dengan perusahaan asing, jalan-jalan ke luar negeri atau menemui beberapa orang luar atau yang bukan orang indonesia, Anda pasti akan membutuhkan percakapan singkat untuk memperkenalkan diri.

Memperkenalkan diri kepada orang asing sangat berbeda dengan cara memperkenalkan diri seperti contoh di atas. Anda tidak mungkin akan memulai sebuah percakapan panjang yang belum tentu orang asing tersebut mau mendengarkannya.

Memulai percakapan atau perkenalan diri dengan orang asing tidak selalu harus dengan panjang lebar. Bahkan beberapa situasi mungkin hanya akan terjadi percakapan singkat saja. Hal ini tergantung dari situasi dan respon lawan bicara Anda.

Berikut ini adalah beberapa contoh percakapan perkenalan singkat yang bisa Anda pergunakan sesuai dengan situasi dan kondisi.

Contoh I: Perkenalan Dengan Orang Asing Dalam Lingkup Pekerjaan

  • Hello, I’m Delon. I am the representative of PT Dirgantara. I am the secretary of Mr. Wahyu. He asked me to deliver this agreement to you. Mr. Wahyu expressed his apology for not being able to attend.
    (Halo, saya Delon. Saya merupakan perwakilan PT Dirgantara. Saya adalah sekretaris Bapak Wahyu. Beliau meminta saya untuk mengantarkan surat perjanjian ini. Bapak Wahyu menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa hadir.)
  • Good morning. Mr. Doni from PT ABC sent me here. I am Suzan. I am the staff of PT ABC that handles tax issues. Mr. Doni asked me to find the tax report which said there was a difference in the calculation. I was assigned to find where the difference lies. Can you help me get the report?
    (Selamat pagi. Bapak Doni dari PT ABC mengirim saya kesini. Saya Suzan. Saya adalah salah satu staf PT ABC yang menangani masalah perpajakan. Bapak Doni meminta saya untuk meminta laporan pajak yang menyebutkan ada selisih perhitungan. Saya ditugaskan untuk mencari dimana letak perbedaannya. Bisakah Anda membantu saya mendapatkan laporan tersebut?)
  • Good afternoon. Are you Mr. Richard? I am Dimas. I am the manager of this store. My leader asked me to take you around the shop. I have been working here for 5 years. I can explain all the detailed information that you need. Please ask if there is anything you need to know.
    (Selamat sore. Apakah Anda Bapak Richard? Saya Dimas. Saya adalah manajer toko ini. Pimpinan saya meminta saya untuk mengajak Anda berkeliling toko.  Saya sudah bekerja disini selama 5 tahun. Saya bisa menjelaskan semua detail informasi yang Anda butuhkan. Silahkan bertanya jika ada yang perlu diketahui.)

Contoh II: Perkenalan Dengan Orang Asing di Sebuah Tempat Wisata

  • Hi, can I disturb you for a minute? I see you are free. Are you waiting for someone? I am Dimas. I live in the area around here. I opened a souvenir shop at the end of the road. If you don’t mind, may I chat for a minute? Did you come to Indonesia for vacation? What country are you from? Alone or with family?
    (Hai, bisakah saya mengganggu sebentar? Saya lihat Anda sedang bebas. Apakah Anda sedang menunggu seseorang? Saya Dimas. Saya tinggal di daerah sekitar sini. Saya membuka sebuah toko souvenir di ujung jalan. Jika Anda tidak keberatan, bolehkah saya mengobrol sebentar? Apakah Anda datang ke Indonesia untuk liburan? Anda datang dari negara mana? Sendiri atau dengan keluarga?)
  • Today’s weather is quite beautiful. What do you think? My name is Yani. I live at the end of this road. This park is always crowded in the afternoon. Many people are exercising or just walking around. Are you newcomer in this area? Looks like I’ve never met you before.
    (Cuaca hari ini cukup indah. Bagaimana menurut Anda? Perkenalkan nama saya Yani. Saya tinggal di ujung jalan ini. Taman ini selalu ramai pada sore hari. Banyak orang yang berolahraga atau sekedar berjalan-jalan. Apakah Anda orang baru di area ini? Sepertinya saya belum pernah bertemu Anda sebelumnya.)
  • Good afternoon sir. Looks like you’re confused about choosing the lunch menu. May I help you? Oh, introduce me, I am Liam. I’m also a tourist here. This warm afternoon seems suitable if we have a plate of spicy food. What if we try Rujak Cingur? Do you like it spicy?
    (Selamat siang Tuan. Sepertinya Anda sedang bingung menentukan menu makan siang. Bolehkah saya membantu? Oh, perkenalkan Saya Liam. Saya juga seorang wisatawan disini. Cuaca yang hangat siang ini sepertinya akan cocok dengan sepiring makanan pedas. Bagaimana kalau kita mencoba rujak cingur? Apakah Anda suka pedas?)

Contoh III: Perkenalan Diri Ketika Anda Berada di Luar Negeri

  • Excuse me sir. I’m Dian. I arrived in this city this morning. My friend agreed to meet in this place. However, until this hour I could not contact him anymore. I am from Indonesia and this is the first time I came to this city. I feel lost. Can you show me how to get to the Diamond Hotel?
    (Permisi Tuan. Saya Dian. Saya tiba di kota ini tadi pagi. Teman saya sepakat untuk bertemu di tempat ini. Namun, sampai jam ini saya belum bisa menghubunginya lagi. Saya dari Indonesia dan ini pertama kalinya saya datang ke kota ini. Rasanya saya tersesat. Bisakah Anda menunjukkan saya bagaimana cara menuju ke Hotel Diamond?)
  • Hello sir I am Desi from Indonesia. I just arrived here. The plan is that I want to visit a good place to eat. Can you recommend some places to eat? I want to eat something spicy and warm.
    (Halo Tuan. Saya Desi dari Indonesia. Saya baru saja tiba disini. Rencananya saya ingin mengunjungi tempat makan yang enak. Bisakah Anda merekomendasikan beberapa tempat makan? Saya ingin makan sesuatu yang pedas dan hangat.)

Perkenalan diri merupakan sebuah titik tolak dimana Anda akan memasuki suasana, orang dan lingkungan baru. Oleh sebab itu, perkenalan diri harus tepat supaya kesan yang ditinggalkan bisa baik dan mendalam. Perhatikan situasi dimana perkenalan diri Anda terjadi. Dengan demikian, Anda bisa memilih hal-hal apa saja yang bisa diinformasikan dan tidak. Semoga perkenalan diri dalam bahasa Inggris Anda lancar ya Sobat!

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*