Bagaimana Guru Bahasa Inggris Mengajar – KESALAHAN FATAL

Nih ada sedikit dialog antara bu Guru bahasa Inggris dengan murid-muridnya

Murid :‘bu guru, gimana sih caranya memperbanyak kosakata’?? ..
Bu Guru : ‘ ..ehem ..begini ..sehari 3 kata, seminggu udah 21 kata ..
minggu ke 2 udah berapa donk?
Murid : ..mmm…42 ya
Bu Guru : Minggu ke 3 udah berapa?
Murid : …mmm…masih 42 bu..minggu ke 3 malah tinggal 21
Bu Guru : Loh kok gitu??
Murid : Karena waktu masuk minggu III kosakata minggu I uda pada
lupa, begitu masuk minggu ke IV keburu bosen ..sebel..beteee

Tahukah Anda bahasa Inggris itu adalah bahasa konteks (contextual language) dimana setiap kata TIDAK mempunyai arti yang pas kecuali diletakan dalam kalimat sebagai konteksnya.

Tidak percaya?? Okey, saya pernah menyewa seorang NATIVE TEACHER selama 1 bulan malah tinggal dirumah saya juga. Awas,native teacher beda lho dengan NATIVE SPEAKER. Maksudnya gimana?? begini .. di Jakarta banyak sekali kursus yang pake BULE tapi mereka kebanyakan hanya native speaker.

Mereka bukan guru, mereka tidak punya skill mengajar bahasa Inggris, bahkan ada rumor di sebuah kursus XXX ternyata native speakernya hanya SUPIR TAXI, dipakein dasi .. dipaksa minum suplemen biar pede, terus suruh ngajar. Hihi ..

Oh ya kembali ke native teacher yang saya sewa. Dia sarjana tuh, biasa laga nya orang bule, apa2 cerita dikit langsung DO YOU KNOW ?? … cerita yang lain langsung ..DO YOU KNOW ??..itu hari-hari pertama dia tinggal di rumah. Ujung2nya sih maen catur sama ibu saya aja kalah, sampe muka merah malu. Hihi.. Sampe akhirnya dia bilang ke saya ‘the professor’ ..waktu ada pertanyaan dari murid tentang bahasa Inggris abad menengah dia kaga bisa jawab.

Udah deh lupain itu kembali ke intinya. Pada suatu hari saya tanya dia, tentunya pake bahasa Inggris
Teguh : Mas Collin, apa sih artinya THAT
Collin : Kalimatnya gimane dong

Nah lho?? ..’that’ aja ga bisa diartikan langsung malah dia tanya kalimatnya gimana? Begitulah bahasa Inggris adalah bahasa contextual, yang setiap kata tidak mempunyai arti yang TEPAT tergantung context nya. Itulah sebabnya di kursus bahasa Inggris online full conversation tanpa grammar disini tidak menganjurkan cara menghapal kosakata. Coba liat di kamus bahasa inggris kata ini :

THAT .. bisa berarti : itu / yang/ sehingga/ bahwa

Tergantung kalimatnya, terus kalau kita memperbanyak kosakata dengan cara dihapal? weleh2 ..bisa2 otak jebol deh, akhirnya bete. Hari2 jengkel, marah2 tanpa sebab, sampe istri kebingungan, ini papah kenape marah2 mulu. Guru bahasa inggris bule aja tidak ngerti. Hihihi .. Jadi bagaimana cara memperbanyak kosakata yang bener neh?? .. ( nanti dilanjutin yah :D )

About Imam Khanafi