Pengertian Attributive Noun, Contoh Kata dan Kalimat

Dalam tata Bahasa Inggris, attributive noun merupakan sebuah noun (kata benda) yang memodifikasi kata benda lainnya. Dalam hal ini, attributive noun berfungsi sebagai sebuah adjective (kata sifat) dalam suatu frasa atau kalimat. Biasanya, attributive noun juga dikenal sebagai noun premodifier, noun adjunct atau converted adjective.

Posisi Attributive Noun dalam Frasa atau Kalimat

Sebenarnya setiap kata benda dalam Bahasa Inggris bisa menempati tiga posisi sintaksis seperti subject (subjek), direct object (objek langsung) dan indirect object (objek tidak langsung). Akan tetapi, jika berfungsi sebagai attributive noun, kata benda bahasa inggris tersebut hanya bisa menempati satu posisi saja yaitu berada tepat sebelum kata benda lainnya: attributive noun + noun.

Contoh Kata Attributive Noun

Berfungsi sebagai modifier dalam suatu frasa atau kalimat, attributive noun dianggap sejajar dengan kata sifat dalam tata Bahasa Inggris. Karena Bahasa Inggris memiliki struktur frasa menerangkan – diterangkan, maka posisi attributive noun berada tepat di depan kata yang diterangkannya. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh attributive noun berikut ini:

  • Sports car (mobil sport)
  • Women rights (hak-hak perempuan)
  • Animal rights campaign (kampanye hak asasi hewan)

Kata benda seperti “sports”, “women” dan “rights” dalam frasa “sports car”, “women leaders” dan “animal rights campaign” di atas merupakan contoh attributive noun. Dalam hal ini, kata “sports”, “women” dan “rights” tidak berfungsi sebagai kata benda, melainkan sebagai modifier atau sebagai kata yang menentukan sifat dari kata benda lain yang mengikutinya.

Contoh lainnya bisa dilihat dari frasa berikut ini:

  • Book store (toko buku)
  • Telephone company (perusahaan telepon)
  • Business ethics (etika bisnis)

Kata “book”, “telephone” dan “business” tersebut berfungsi sebagai attributive noun. Dalam kamus Bahasa Inggris, kata benda “business” misalnya, biasanya dilabeli dengan often attrib atau often attributive untuk mengindikasikan bahwa kata benda tersebut seringkali digunakan sebagai padanan kata sifat dan diposisikan di depan kata benda lainnya.

Contoh Attributive Noun dalam Kalimat

Selanjutnya, mari kita lihat contoh penggunaan attributive noun dalam kalimat dibawah ini:

  • She is a fighter of women rights (Dia adalah pejuang hak-hak perempuan)
  • I went to the book store yesterday (Aku pergi ke toko buku kemarin)
  • He violates the business ethics (Dia melanggar etika-etika bisnis yang ada)
  • My father always gives me a chicken soup when I get sick (Ayahku selalu membuatkanky sup ayam ketika aku sakit)
  • My cellular phone was broken (telepon seluler ku rusak)

Dalam contoh di atas, kata women, book, business, chicken dan cellular berfungsi sebagai attributive noun untuk menerangkan kata benda lain yang ada di belakangnya yaitu rights, store, ethics, soup dan phone.

About Imam Khanafi