Apa Itu TOEFL

TOEFL atau sering disebut Test of English as a Foreign Language adalah tes kemampuan berbahasa inggris yang digunakan untuk mendaftar ke universitas-universitas terkemuka di dunia, seperti di Amerika atau negara-negara lainnya. Dengan kata lain, TOEFL ini sangat berguna untuk bisa masuk ke universitas luar negeri atau dalam negeri dengan batas nilai minimal yang harus dicapai. Oleh karena itu, masing-masing peserta atau calon mahasiswa harus melakukan tes TOEFL di lembaga-lembaga yang sudah ditentukan jika ingin meneruskan belajar ke perguruan tinggi tingkat internasional.

Pelaksaan tes TOEFL ini diselenggarakan dari ETS atau Educational Testing Service yang berpusat di Amerika Serikat. Bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar di universitas di luar negeri wajib mengikuti tes toefl secara resmi. Kemudian, Mereka akan mendapatkan sertifikat toefl secara resmi sebagai syarat yang bisa digunakan untuk meneruskan belajar/ kuliah.

Tes TOEFL ini dilakukan untuk mendaftar di universitas baik program (S1) undergraduate ataupun graduate (S2 dan S3). Hasil toefl juga digunakan sebagai pertimbangan kemampuan berbahasa Inggris bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar universitas di luar negeri. Termasuk juga negara-negara di Eropa dan Australia yang memberikan persyaratan tes toefl. Pada umunya tes TOEFL jauh lebih kepada American English dan berbeda dengan IELTS yang merupakan orientasi dari British English. Selain itu, sekarang ini juga banyak perusahaan-perusahaan yang mengharuskan calon pekerja melakukan tes toefl terlebih dahulu. Kebanyakan perusahaan atau tempat kerja akan membuat peraturan pada calon pekerja untuk mendapatkan skor toefl melebihi batas minimum.

Sesi-Sesi dalam Tes TOEFL

Dalam pelaksanaannya, Tes toefl biasanya akan memakan waktu sekitar 3 jam dan tesnya terdiri dari 4 bagian yang harus dikerjakan. Setelah mengetahui apa itu toefl kemudian Anda juga harus mengetahui bagian-bagian tes toefl. Berikut adalah tahapan-tahapan tes TOEFL:

  • Listening comprehension
    Pada bagian ini, peserta akan mendapatkan soal listening yang akan diputar melalui rekaman. Kemudian pilihan jawaban dan pertanyaan akan tersedia di kertas. Percakapan yang tersedia biasanya terdiri dari 2 hingga 3 jenis percakapan. Peserta harus menyimak percakapan tersebut dengan baik sehingga dapat menjawab soal dengan tepat.

  • Grammar structure dan written expression
    Pada bagian ini peserta akan mendapatkan soal mengenai grammar, yaitu dengan melengkapi kata atau kalimat dengan benar. Kemudian untuk written expression, yaitu memilih salah satu kata yang salah pada kalimat.

  • Reading comprehension
    Pada bagian ini peserta akan mendapatkan soal mengenai reading dengan disajikan teks kemudian menjawab soal berdasarkan teks tersebut. Biasanya pada teks reading terdapat 4 hingga 5 teks singkat yang harus Anda pahami dengan baik.

  • Writing
    Pada bagian ini peserta akan mendapatkan soal mengenai writing atau menulis. Peserta akan diminta untuk membuat sebuah essay dengan baik dan benar dan sesuai dengan tata bahasa Inggris.

Soal yang tersedia pada masing-masing bagian jumlahnya berbeda-beda. Peserta harus bisa mengerjakan soal dengan baik sehingga mendapatkan skor sempurna. Untuk standar skor toefl yang harus dicapai bagi calon mahasiswa yaitu minimal 500. Jika peserta mendapatkan skor kurang dari 500 maka harus mengikuti tes ulang sampai mendapatkan skor hingga 500. Dalam mengerjakan tes toefl ini peserta wajib mempersiapkan peralatan menulis dengan baik. Biasanya peralatan yang harus disediakan yaitu pensil 2b penghapus dan papan untuk tes. 

Apa Itu TOEFL dan Kegunaannya ?

apa itu toefl Dengan mengikuti tes toefl ini maka akan mendapatkan banyak kegunaan yang akan Anda rasakan. Berikut ini penjelasan mengenai kegunaan – kegunaan setelah mengikuti tes TOEFL:

  • Untuk mendaftar program non degree dan short course program di luar negeri.
    Salah satu syarat untuk bisa masuk ke dalam short course dan non degree peserta wajib mengikuti tes toefl terlebih dahulu.

  • Untuk mendaftar S1, S2 dan S3 di universitas luar negeri
    Bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan kuliah di universitas di luar negeri maka harus memiliki sertifikat toefl secara resmi. Sertifikat toefl hanya bida didapatkan dengan cara mengikuti tes toefl secara resmi.

  • Untuk melakukan kolaborasi antar internasional
    Bagi peserta yang akan mengikuti program kolaborasi antar internasional yang menggunakan bahasa Inggris. Tes toefl ini berguna untuk mengukur kemampuan peserta dalam memahami bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

  • Untuk mendaftarkan program beasiswa
    Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan beasiswa khususnya untuk ke luar negeri. Salah satu syaratnya yaitu dengan memiliki sertifikat toefl supaya bisa mendapatkan beasiswa ke negara-negara seluruh dunia yang menggunakan bahasa Inggris.

  • Untuk mendaftar program bahasa Inggris
    Biasanya bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke dalam program bahasa inggris di sebuah universitas harus memiliki sertifikat toefl.

  • Untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris
    Kegunaan mengikuti tes toefl selanjutnya yaitu untuk mengetahui apa itu toefl dan mengukur kemampuan dalam berbahasa Inggris. Dengan demikian, maka Anda dapat mengetahui skor toefl dengan cara mengikuti tes toefl terlebih dahulu.

  • Untuk bekerja
    Kegunaan mengikuti tes toefl terakhir yaitu untuk bisa diterima di sebuah perusahaan yang mensyaratkan memiliki sertifikat toefl secara resmi.

Jadi itulah beberapa penjelasan mengenai toefl secara jelas dan rinci. Bagi Anda yang ingin mencoba tes toefl secara resmi bisa melalui beberapa lembaga atau kantor khusus yang menyediakan tes toefl beserta sertifikat secara resmi. Selain itu, dengan mengikuti tes toefl juga banyak sekali kegunaannya. Kegunaan tersebut sangatlah baik dan bisa meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Demikianlah penjelasan mengenai apa itu toefl dan juga kegunaan-kegunaannya di kehidupan sehari-hari.

About Imam Khanafi

Leave A Comment...

*