32 Arah Mata Angin Dalam Bahasa Inggris Beserta Gambar

Arah mata angin atau biasa disebut dengan the points of the compass adalah sebuah petunjuk untuk mengetahui wilayah letak geografis dalam suatu daerah.  Hal ini sangat penting untuk diketahui dengan tujuan agar paham dengan arah dan juga paham akan membaca sebuah petunjuk. Jika seseorang hobi untuk travel bahkan menjelajahi dunia  tentu saja 8 arah mata angin wajib diketahui dan dipahami. Arah mata angin sangat diperlukan ketika perjalanan terutama ditempat yang rimbun seperti hutan. Dalam perjalanan, diharapkan selalu berhati-hati dan tidak lengah agar tidak tersesat di daerah yang tentunya belum dikenal secara menyeluruh. Ketika berpergian tentu saja untuk mengetahui arah membutuhkan panduan yang fungsinya memang untuk menentukan arah. Panduan ini biasanya didapatkan melalui kompas, navigasi, dan peta. Untuk singkatan arah mata angin juga sangat penting diketahui mengingat alat petunjuk arah seperti kompas hanya menuliskan beberapa huruf sebagai simbol dari nama arah mata angin tersebut. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai arah mata angin beserta singkatannya didalam Bahasa Inggris. Disediakan juga beberapa gambar untuk lebih mudah dimengerti dan dipahami

Contents

8 Arah Mata Angin sebagai Petunjuk Utama

8 arah mata angin

Dalam mempelajari arah mata angin 8 arah mata angin dijadika sebagai sumbu atau petunjuk utama. Jika dipersempit lagi, 4 arah mata angin akan mewakili semuanya. Maksudnya, arah mata angin yang lain merupakan hasil cabang dari 4 arah yang dijadikan sebagai acuan. Adapun 4 arah mata angin  tersebut antara lain Utara, Timur, Selatan, dan Barat. Jarak antara ke empatnya terhitung sebesar 90 derajat. Sebagai unsur yang harus dihafalkan dan dipahami yaitu arah Utara dan Selatan merupakan penggambaran dari kutub Bumi sedangkan arah Timur dan Barat merupakan arah putaran bumi. Dengan adanya 4 point unsur arah mata angin terdapat penjabaran lagi akan penerapan 8 arah mata angin. Berikut adalah tabel yang menguraikan nama arah mata angin dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

NoArah Mata Angin dalam Bahasa IndonesiaArah Mata Angin dalam Bahasa Inggris
1.UtaraNorth
2.SelatanSouth
3.BaratWest
4.TimurEast
5.TenggaraSoutheast
6.Barat DayaSouthwest
7.Barat LautNorthwest
8.Timur LautNortheast

Itulah 8 arah mata angin yang menjadi acuan dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika sudah memahami semua arah mata angin utama tersebut pasti nanti akan mudah dalam mempelajari 16 hingga 32 arah mata angin.

16 Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris

16 arah mata angin

Memang benar jika yang terpenting dalam sebuah arah itu hanya ada 8 arah mata angin. Namun, harus diketahui jika arah mata angin juga mempunyai turunan atau cabang di setiap sudutnya. Jika di akumulasi, arah mata angin dapat diketahui jumlahnya sebanyak 32 arah. Hal ini bisa dipelajari dari yang utama saja lalu, ketika sudah paham akan point-pointnya lanjutkan untuk mempelajari cabang yang lainnya. Karena, jika mempelajarinya secara sekaligus 32 arah maka tentu saja akan sangat kebingungan. Didalam hal ini, singkatan arah mata angin juga harus dipelajari untuk memudahkan dalam membaca sebuah kompas. Untuk 16 arah mata angin dalam bahasa Inggris antara lain North (N), North Northeast (NNE), Northeast (NE), East Northeast (ENE), East (E), East Southeast (ESE), Southeast (SE), South Southeast (SSE), South (S), South Southwest (SSW), Southwest (SW), West Southwest (WSW), West (W), West Northwest (WNW), dan Northwest (NW). Ketika mempelajari singkatan arah mata angin, sebaiknya dilakukan dengan langsung praktek dimana letak utara yang dilambangkan U, Selatan yang dilambangkan dengan S, dan seterusnya.

Gambar Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris

Setelah mengetahui 16 Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris yang dijelaskan diatas, dibawah ini adalah beberapa singkatan arah mata angin, nama arah mata angin, beserta tingkat besar kederajatannya.

Mata Angin

Gambar A merupakan gambaran arah mata angin dalam bahasa Indonesia sedangkan gambar B adalah gambar dengan versi Bahasa Inggris. Perbedaan memang signifikan baik dari segi kata, pelafalan, hingga singkatan arah mata angin tersebut. Namun, yang harus ditekankan adalah ukuran derajatnya tentu saja tidak berubah. Untuk pelafalan singkatan mengambil huruf depan dari kata tersebut misalnya North dilambangkan dengan (N), West (W), dan lain sebagainya. Jika dalam pembelajaran merasa bingung melihat singkatan dalam gambar arah mata angin diatas Anda dapat memahami melalui rincian singkat yang akan dijelaskan pada tabel berikut ini.

Tabel: Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Untuk mempermudah memahami perbedaan antara nama arah mata angin versi Indonesia dan versi Inggris, berikut disajikan penjelasan keduanya dengan tabel yang sejajar.

NoNama

Arah Mata Angin

SingkatanNama Arah Mata Angin dalam Bahasa InggrisSingkatan
1.UtaraUNorthN
2.Utara Timur LangitUTLNorth NortheastNNE
3.Timur LautTLNortheastNE
4.Timur Timur LautTTLEast NortheastENE
5.TimurTEastE
6.Timur TenggaraTTGEast SoutheastESE
7.TenggaraTGSoutheastSE
8.Selatan TenggaraSTGSouth SoutheastSSE
9.SelatanSSouthS
10.Selatan Barat DayaSBDSouth SouthwestSSW
11.Barat DayaBDSouthwestSW
12.Barat Barat DayaBBDWest SouthwestWSW
13.BaratBWestW
14.Barat Barat LautBBLWest NorthwestWNW
15.Barat LautBLNorthwestNW
16.Utara Barat LautUBLNorth NorthwestNNW

 

Contoh Kalimat dalam Bahasa Inggris yang Mengandung Nama Arah Mata Angin

Dalam kalimat Bahasa Inggris, mata angin dapat di tempatkan pada beberapa fungsi. Aturan dalam kepenulisan kalimat sebaiknya tidak menggunakan singkatan arah mata angin. Hal yang lebih baik dalam menulis sebuah kalimat atau bahkan paragraf adalah tidak adanya singkatan atau simbol yang nantinya akan membuat pembaca bingung dan salah paham. Sebagai informasi, singkatan arah mata angin biasanya hanya dapat ditemukan di kompas atau alat penujuk lainnya. Membahas mengenai contoh kalimat dalam bahasa Inggris yang mengandung nama arah mata angin, pembagian tersebut dapat diklasifikan menjadi tiga. Pertama arah mata angin yang digunakan sebagai kata sifat (Adjective). Yang kedua adalah penggunaan arah mata angin sebagai kata benda (Noun). Dan yang terakhir adalah penggunaan arah mata angin sebagai kata yang memberikan keterangan (Adverb). Untuk masing-masing penjelasan, perhatikanlah uraian berikut ini.

  1. Arah Mata Angin sebagai Kata Sifat (Adjective)

Adjective merupakan kelas kata berupa kata sifat dimana hal tersebut nantinya akan menjelaskan kata benda yang disebutkan. Kata sifat juga berfungsi sebagai penggambaran akan suatu subject atau object. Dengan begitu, semua orang akan mengetahui akan spesifikasi benda tersebut meskipun dengan kata-kata singkat. Dibawah ini adalah contoh penggunaan arah mata angin yang digunakan sebagai kata sifat (adjective).

  • Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara. (Indonesia is one of the countries in Southeast Asia.)
  • Korea Selatan sangat terkenal di dunia karena produk kecantikannya. (South Korea is very famous in the world because of its beauty products.)
  • Beruang kutub Utara sangatlah lucu dan menggemaskan. (North polar bears are very cute and adorable.)
  • Muson barat adalah angin yang berhembus dari benua Asia ke benua Australia. (The west Moonsone is the wind that blowsnfrom the continent of Asia to the continent of Australia.)
  • Gudeg adalah makanan khas daerah Yogyakarta, Jawa Tengah. (Gudeg is a typical food area of Yogyakarta, Central Java.)
  • Amerika Selatan berada diantara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. (The Location of South America is between the Pacific Ocean and the Atlantic Ocean.)
  • Warga Jakarta Timur mengungsi karena banjir. (East jakarta residents displaced due to flooding.)
  • Rumah temanku berada di Korea Utara. (My friend’s house is in North Korea.)
  • Dia adalah temanku yang paling cantik. Rumahnya berada di Jakarta Selatan. (She is my most beautiful friend. Her house is in South Jakarta.)
  • Kemarin malam, Ayah pergi ke Surabaya Barat untuk mengerjakan sebuah bisnis. (Last night, my father went to West Surabaya to do a business.)
  • Tidak ada yang lebih baik darinya, Dia berasal dari Arab Timur. (Nothing is better than him, he comes from East Arabia.)
  • Pesawat itu akan membawa Anda dari Jawa Timur ke Jawa Tengah. (The plane will  take you from East java to Central Java.)
  • Kita berasal dari daerah yang berbeda. Aku berasal dari Indonesia timur dan Dia dari Inggris Barat. (We come from different regions. I come from East Indonesia and He is from West England.)
  • Anak perempuan itu berasal dari daerah Kalimantan Timur. Akan tetapi, sekarang dia berpindah ke Jawa Barat. (The girl is from East Kalimantan. However, now he is moving to West Java.)
  • Sungai Nil terletak di bagian laut Timur Afrika. (Nile River is located in the part of East Africa.)
  1. Arah Mata Angin sebagai Kata Benda (Noun)

Banyak sekali arah mata angin yang digunakan sebagai kata benda dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang Anda tidak menyadari jika menggunakan kata tersebut dan penggolongannya termasuk sebagai kata benda. Berikut adalah contoh kalimat arah mata angin sebagai kata benda.

  • Matahari terbit di arah timur dan terbenam di arah barat. (The sun rises in the east and sets in the west.)
  • Orang yang berhidung mancung itu berasal dari daerah barat. (The sharp-nosed person came from the west-ern region.)
  • Anak perempuan yang menari di sebelah barat ruangan adalah adik saya. (The girl who dances to the west of the room is my sister.)
  • Saya meletakkan buku biru itu di bagian utara meja kecil. Tolong ambilkan sekarang! (I put the blue book on the north side of the small table. Please get it now!)
  • Jangan pergi ke selatan dari sini atau nanti engkau akan menemukan jurang. (Don’t go south from here or you will find a ravine later.)
  • Lihatlah ke arah tenggara! Ibu itu terlihat sangat mencintai anaknya. (Look at the Southeast!. The mother seemed to really love her child.)
  • Aku mendapatkan informasi bahwa rumah guru kita berada di daerah paling timur. (I got information that our teacher;s house is in te eastern most area.)
  • Kucing yang berada di bagian barat daya itu punya saya. (The southwestern cat is mine.)
  • Ini sangat darurat dan Anda harus ke arah utara untuk menemuinya sekarang. (It’s very urgent and you have to head north to meet him now.)
  1. Arah Mata Angin sebagai Kata Keterangan (Adverb)

Selain digunakan sebagai kata sifat dan kata benda, arah mata angin juga bisa digunakan sebagai kata keterangan dalam sebuah kalimat. Berikut ini beberapa contoh kalimat yang menggunakan arah mata angin sebagai kata keterangan.

  • Birmingham adalah salah satu kota yang letaknya di bagian barat Midlands (Birmingham is a city that located in the west Midlands.)
  • Rumah Ardi berada di bagian timur Rumah Rani (Ardi’s house is in the east of Rani’s house.)
  • Jika kamu ingin pergi ke sekolahku, kamu perlu ke arah selatan kemudian belok ke arah timur. (If you want to go to my school, you need to go south then turn the east.)
  • Bandung terletak beberapa mil arah selatan dari sini. (Bandung is a few miles South of here.)
  • Untuk pergi ke Toko Roti terkenal itu, kamu harus lurus dan belok ke arah barat. (To go to that famous bakery, you have to go straight and turn west.)

Gambar 32 Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris

32 arah mata angin

Gambar diatas adalah 32 Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris. Jika dilihat memang sedikit membuat bingung dan juga sulit untuk memahaminya. Tips dan trik untuk belajar arah mata angin ini adalah 4 arah mata angin utama yaitu Utara (North), Timur (East), Selatan (South), dan Barat (West). Kemudian setelah bisa paham akan hal tersebut pilihlah titik tengah dari keduanya yang membentuk sudut 90 derajat. Misalnya diantara Utara dan Timur terdapat arah mata angin Timur Laut, diantara Timur dan Selatan terdapat arah mata angin Tenggara, diantara Selatan dan Barat terdapat arah mata angin Barat Daya, serta diantara Barat dan Utara terdapat arah mata angin Barat Laut. Lalu ketiganya membuat sumbu 45 derajat dan didalam kederajatn 45 tersebut terdapat 3 arah mata angin lagi didalamnya. Jika dirasa sangat sulit untuk meghafalkan, maka memahami sebenarnya akan sedikit memberikan kemudahan dalampembelajaran arah mata angin ini.

Tabel 32 Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris

Tabel dibawah ini akan disebutkan mengenai arah mata angin dalam bahasa Inggris beserta singkatannya. Untuk mengetahui singkatan arah mata angin perlu ditulis huruf didepan kata tersebut. Singkatan harus ditulis menggunakan huruf kapital. Jika hanya satu kata saja maka singkatan diambil dari satu huruf pertama dari kata tersebut. Jika arah mata angin tersebut mempunyai dua suku kata maka untuk singkatan diambil dari huruf pertama dari kata pertama dan huruf pertama dari kata kedua. Terdapat pengecualian jika terdapat kata sambung dalam nama arah mata angin tersebut maka semua singkatan arah mata angin tetap menggunakan huruf kapital tetapi kata sambungnya menggunakan huruf kecil atau nonkapital. Untuk pengaplikasian tulisan, perhatikanlah tabel dibawah ini.

NoArah Mata Angin dalam Bahasa InggrisSingkatan
1.NorthN
2.North by EastNbE
3.North – NortheastNNE
4.Northeast by NorthNebN
5.NortheastNE
6.Northeast by EastNebE
7.East-NortheastENE
8.East by NorthEbN
9.EastE
10.East by SouthEbS
11.East  – SoutheastESE
12.Southeast by EastSebE
13.SoutheastSE
14.Southeast by SouthSebS
15.South-SoutheastSSE
16.South by EastSbW
17.SouthSSW
18.South by WestSWbS
19.South – SouthwestSSW
20.Southwest by SouthSWbS
21.SouthwestSW
22.Southwest by WestSWbW
23.West – SouthwestWSW
24.West by SouthWbS
25.WestW
26.West by NorthWbN
27West – NorthwestWNW
28.Northwest by WestNWbW
29.NorthwestNW
30.Northwest by NorthNWbN
31.North – NorthwestNNW
32.North by WestNbW


Fungsi dari Arah Mata Angin (the Points of the Compass)

  • Memberikan Pengetahuan pada Seseorang
    Pertama, arah mata angin memberikan pengetahuan pada seseorang untuk berbagai kalangan. Baik untuk pelajar maupun dalam kehidupan sehari – hari. Sebagai pelajar terutama yang mendalami ilmu pengetahuan sosial dibidang Geografi tentu saja akan selalu menggunakan arah mata angin ini dalam setiap pembelajaran. Entah itu mengetahui letak geografis atau membaca arah dalam peta. Jika tidak tentu saja akan menghasilkan output yang sangat fatal. Selain pelajar, dalam kehidupan sehari – hari juga sangat membutuhkan arah mata angin untuk melihat arah jalan atau menemukan suatu daerah.
  • Menentukan Waktu Berlayar
    Kedua, arah mata angin ini sangat berpengaruh terhadap seseorang yang melakukan pelayaran. Jika berlayar untuk mencari ikan di laut, arah mata angin ini akan menjadi patokan untuk menentukan lokasi yang strategis dan yang cocok untuk tempat mencari ikan. Selain itu, arah mata angin juga dapat diperhitungkan untuk waktu pemberangkatan yang tepat untuk berlayar.
  • Sebagai Patokan Arah Kiblat
    Bagi umat beragama muslim, arah kiblat ini sangat dianggap penting. Karena dalam melakukan solat atau ibadah semua umat muslim mencari arah kiblat sebagai patokan peribadahannya. Untuk itulah mempelajari arah mata angin sangatlah bermanfaat baik dalam bentuk kegiatan umum ataupun dalam bentuk kegiatan kerohanian.
  • Tidak Ketergantungan Teknologi
    Banyak orang yang menganggap pembelajaran arah mata angin ini tidak terlalu penting karena adanya kecanggihan teknologi. Untuk saat ini, kehidupan memang sangat bergantung pada era teknologi dalam melakukan semua hal. Ketika ingin pergi ke suatu tempat dan tidak tahu jalan menuju ke tempat tersebut maka dengan mudah sampai kesana dengan bantuan Googlemaps. Sebenarnya, tidak ada ruginya jika semua orang mempelajari arah mata angin. Karena dikhawatirkan jika didalam hutan atau jalan yang rimbun dan tidak ada sambungan teknologi satupun maka kepada siapa ingin meminta bantuan jika tidak ada seseorangpun disana. Untuk itu, memahami arah mata angin ini akan menghindarkan dari keadaan terburuk dalam sebuah perjalanan.

Demikianlah penjelasan mengenai arah mata angin, singkatan arah mata angin, gambar dan juga contoh kalimat arah mata angin dalam Bahasa Inggris. Mempelajari sesuatu yang terlihat baru memang tidak mudah. Apalagi jika 32 arah mata angin itu Anda hafalkan secara langsung. Sebenarnya, dalam topik pelajaran ini untuk arah mata angin hanya perlu memahami 8 arah mata angin saja kemudian yang lainnya pasti akan mengikuti. Ketika Anda sudah hafal dan juga paham mengenai arah mata angin maka kemanapun Anda berada pasti tidak akan khawatir tersesat atau terjadi hal negatif yang tidak diinginkan lainnya.

Leave a Comment